Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Terbukti Ampuh, Ini Dia Cara Mengatasi Bau WC yang Menyengat

Terbukti Ampuh, Ini Dia Cara Mengatasi Bau WC yang Menyengat
Cara mengatasi bau WC yang menyengat (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Apakah pernah terjadi pada Anda bahwa rumah tiba-tiba berbau tak sedap dari WC atau septic tank? Tentunya hal ini membuat aktifitas jadi tidak nyaman, apalagi jika ada tamu. 

Meskipun Anda menyemprotkan pengharum WC atau menggantung kamper WC, itu hanya solusi sementara jika tidak menangani penyebab utamanya.

Bau tak sedap tersebut bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti septic tank penuh, terkontaminasi, air pada mangkuk WC mengering, ventilasi bermasalah.

Cara Mengatasi Bau WC yang Menyengat

Lalu, bagaimana cara mengatasinya agar tidak terjadi lagi? Berikut adalah cara menghilangkan bau WC yang sesuai dengan penyebabnya:

1. Flush/Menyiram Kloset Berulang

Jika WC bau tapi tidak tersumbat, coba periksa apakah penyebabnya karena jarang dipakai.

Sekat air pada WC dirancang untuk mencegah gas dari septic tank naik ke ruang toilet. Jika sekat air mengering, bau akan menyebar ke rumah melalui pipa.

Solusinya adalah dengan menyiram atau flush beberapa kali beberapa hari sekali, atau Anda bisa menggunakan kopi atau baking soda untuk menghilangkan bau.

2. Memperbaiki Segel Pipa

Jika ada bau busuk bak penampungan di kamar mandi, bisa jadi masalahnya ada pada segel pipa yang kendor atau sudah tua. 

Anda bisa memanggil tukang ledeng profesional atau jasa sedot WC untuk memperbaikinya. Pencegahannya adalah dengan melakukan perawatan secara berkala.

3. Membersihkan Ventilasi Septic Tank

Dedaunan, puing-puing, dan kotoran yang mencemari ventilasi septic tank dapat menyebabkan bau terperangkap dan menjalar ke seluruh rumah. 

Untuk mengatasinya, periksa secara teratur ventilasi septic tank dan bersihkan segera jika ada kotoran yang menyumbat.

Pencegahannya adalah dengan menjaga area sekitar ventilasi tetap bersih dari kotoran dan benda-benda lain.

4. Menyedot Septic Tank

Bau pada WC jongkok atau duduk bisa jadi diakibatkan oleh bak penampungan limbah yang sudah penuh. 

Solusinya adalah dengan melakukan penyedotan oleh tukang sedot WC atau mengaplikasikan cairan obat WC mampet.

Pencegahannya adalah dengan melakukan pengurasan secara berkala dan membuang benda-benda yang seharusnya tidak dibuang ke dalam kloset.

5. Menguras Septic Tank

Menguras atau menyedot WC perlu dilakukan secara berkala bukan hanya saat septic tank sudah penuh, tapi juga saat terkontaminasi oleh benda-benda yang tidak seharusnya dibuang ke dalam kloset. 

Pencegahannya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kualitas air limbah.

Dengan mengetahui penyebab terjadinya bau tak sedap di WC atau septic tank, Anda dapat mencari solusi yang tepat dan melakukan pencegahan agar tidak terjadi lagi. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter