Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Termasuk dalam Contoh Kerajinan Non Benda, Begini Cara Menulis Puisi dengan Benar

 

Termasuk dalam Contoh Kerajinan Non Benda, Begini Cara Menulis Puisi dengan Benar
Contoh puisi (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Menulis puisi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Bagaimana caranya? Salah satu cara menulis puisi yang baik adalah dengan memulai menjiwai puisi yang ingin ditulis. 

Apa itu menjiwai sedang? Ini artinya kamu harus merasakan tema atau perasaan yang ingin dituliskan. 

Seperti saat kamu mendengar lagu yang menyentuh hati, puisi juga harus mempunyai emosi yang kuat agar dapat membangkitkan perasaan pembaca.

Cara Menulis Puisi dengan Mudah

Bagi Kamu yang akan menulis puisi, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Berikut cara menulis puisi dengan benar, yakni:

1. Mengikuti Teori 

Mengikuti teori teknis penulisan puisi saja tidak cukup untuk menghasilkan karya puisi yang terbaik. 

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam menulis puisi. Kuncinya adalah memilih tema yang sesuai dengan jiwa dan karakter kamu. 

Jangan memaksakan diri untuk menulis dengan tema yang tidak sesuai dengan perasaanmu, karena hasilnya akan terasa kurang berkesan.

2. Perhatikan Panca Indra 

Saat menulis puisi, sangat penting untuk memperhatikan pancaindra kamu. Cobalah untuk memperhatikan kata-kata dan bahasa pada puisi dari para penyair terkenal. 

Mereka pandai memilih kata dan istilah yang baru untuk puisi mereka. Emosi yang kuat juga akan tercermin dalam diksi puisi yang kamu tulis.

3. Berikan Sedikit Emosi Pada Puisi

Emosi adalah unsur penting dalam penulisan tidak hanya pada puisi, tetapi juga pada novel dan skenario film. 

Pastikan tekanan emosi terasa dalam setiap baris puisi yang kamu tulis. Sebuah puisi yang ditulis dengan emosi marah, sedih, dan gembira bisa terpancar dari susunan diksi puisi itu sendiri.

 Itulah sebabnya sangat penting untuk melibatkan emosi penulis dalam menulis puisi.

4. Hindari Berpacu Pada Aturan Teknis

Tidak perlu terpaku pada aturan teknis saat menulis puisi, terutama ketika kamu masih dalam tahap belajar dan berlatih. 

Lebih baik mengekspresikan jiwa kamu dengan lapang, untuk kemudian menyunting dan mengikuti aturan teknis setelah itu. 

Sebuah puisi memang harus mematuhi aturan baku dalam penulisan puisi, tetapi kamu bisa menggabungkannya dengan kekayaan isi hati dan emosi yang kuat.

Bagi kamu yang ingin menulis puisi tapi tidak tahu caranya, jangan takut untuk mulai belajar. Ingatlah bahwa ketakutan memulai adalah awal dari kegagalan. 

Lebih baik lakukan kesalahan ketika menulis dengan jiwa dan perasaan, daripada menghindari kesalahan dan tidak pernah belajar. 

Teruslah mencoba dan berlatih menulis puisi, karena hanya dari situ kamu akan bisa belajar dan memperbaiki hasil karya yang kamu buat.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter