Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Unik, Pohon Pisang di NTT Miliki Tandan Hingga 2 Meter

 

Unik, Pohon Pisang di NTT Miliki Tandan Hingga 2 Meter
Pohon pisang unik yang memiliki tandang hingga 2 meter (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Di sebuah pekarangan rumah di Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, ada pohon pisang yang sangat aneh. 

Tandannya mencapai 2 meter dan menjadi daya tarik bagi warga sekitar yang ingin berfoto dengan pisang tersebut. 

Pohon tersebut ditanam oleh pemilik rumah bernama Kaleb Kekado yang mendapatkan tunas pisang tersebut dari seorang temannya. 

"Saat saya minta anakan pisang ini untuk tanam, dia tidak mau kasih. Jadi saya bilang, tolong kasih dulu karena saya sangat suka anakannya," kata Kaleb saat ditemui awak media di kediamannya, Minggu (18/2)

Tunas pisang tersebut ditanam di pekarangan rumah Kaleb sejak bulan Juni 2023. Saat itu musim kemarau dan pisang hampir mati karena kekurangan air.

Meskipun hampir mati, Karleb tidak menyerah dan rutin menyiramnya setiap pagi dan sore dengan keran air hingga pisang semakin berkembang. 

"Sempat layu juga tapi karena di sini ada keran air, jadi setiap pagi dan sore saya rutin siram hingga semakin berkembang," ujarnya.

Ketika mulai berbuah, pohon pisang tersebut terlihat sangat aneh karena tandannya terus memanjang, tapi ukuran buahnya lebih kecil dari pisang biasanya. 

Meskipun sudah berbuah, Kaleb belum mengetahui varietas pisang tersebut dan sedang mencari tahu dari berbagai sumber. 

"Saya belum tahu varietasnya apa, karena orang yang kasih anakan juga, dia tidak tahu. Jadi saya tanam saja karena penasaran kalau tandannya nanti berukuran panjang," Ungkapnya. 

Bahkan salah satu pengunjung, Kris Nomleni, terkejut saat melihat ukuran pisang yang sangat besar, dan menjadi sangat penasaran dengan jenis pisang itu. 

Karena ukuran dan bentuknya yang aneh ini, Kaleb dan pisangnya menjadi terkenal di lingkungan sekitar.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter