Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Awak Kapal Kandas di Perairan Kotabaru Banjarmasin Berhasil Dievakuasi

Basarnas Kotabaru Evakuasi Awak Kapal Kandas
Awak Kapal Kandas di Kotabaru Berhasil Dievakuasi-SwaraWarta.co.id (Sumber: BakaBar)


SwaraWarta.co.id - Basarnas Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), berhasil mengevakuasi sembilan anak buah kapal (ABK) yang menjadi korban kecelakaan kapal kandas KM Arif Wijaya Kusuma di perairan arah timur Kabupaten Kotabaru.

Al Amrad, Kepala Basarnas Banjarmasin, menyatakan bahwa empat tim SAR berhasil mengevakuasi sembilan korban dari kapal yang kandas di atas karang.

Meskipun kondisi kapal pecah, semua korban berhasil diselamatkan.

Informasi tentang kapal kandas diterima dari Satuan Polair Polres Kotabaru pada hari Ahad sekitar pukul 23.17 Wita, sedangkan kejadian kapal kandas terjadi pada hari yang sama sekitar pukul 13.00 Wita.

Menurut keterangan, semua korban sudah berhasil dievakuasi, untuk titik kejadiannya sendiri berada tepatnya di Tanjung Mangkok (Kabupaten Kotabaru).

Awal mula kejadian terjadi ketika kapal hendak berlayar dari Tanjung Mangkok menuju Rembang.

Saat berlayar, kapal tiba-tiba kandas di atas karang di arah timur Kabupaten Kotabaru. Setelah 11 jam, tim Pos SAR Kotabaru mengetahui kejadian dan segera memberangkatkan empat personel.

Proses evakuasi memakan waktu sekitar dua jam, dan sembilan korban berhasil ditemukan di atas kapal yang rusak akibat kandas di atas karang.

Evakuasi dilakukan dengan bantuan lima personel Satuan Polair Polres Kotabaru dan masyarakat setempat.

Al Amrad menyampaikan, timnya Alhamdulillah, tidak mendapatkan kendala saat proses evakuasi, semuanya berjalan dengan lancar berkat kerja sama seluruh pihak.

Dalam upaya penyelamatan, Basarnas Banjarmasin bekerja sama dengan pihak kepolisian setempat, yaitu Satuan Polair Polres Kotabaru.

Tim SAR Kotabaru yang terdiri dari empat personel mendapat informasi tentang kejadian pada pukul 23.17 Wita dan segera bergerak ke lokasi.

Kapal yang mengalami kecelakaan, KM Arif Wijaya Kusuma, mengalami kerusakan parah setelah kandas di atas karang.

Meskipun kapal pecah, usaha evakuasi berhasil menyelamatkan semua korban yang berada di atas kapal tersebut.

Selama proses evakuasi, Basarnas Banjarmasin juga mendapat dukungan dari masyarakat setempat.

Kerja sama antara tim SAR dan lima personel Satuan Polair Polres Kotabaru berjalan lancar, memastikan keselamatan semua korban.

Keberhasilan evakuasi ini menunjukkan respons cepat dan koordinasi efektif antara instansi terkait.

Al Amrad menegaskan bahwa tidak ada kendala selama proses penyelamatan, dan semua pihak terlibat dalam evakuasi dapat bekerja secara sinergis.

Peristiwa ini mencatatkan keberhasilan dalam penanganan darurat laut di wilayah tersebut.

Kepala Basarnas Banjarmasin menyampaikan apresiasi terhadap semua pihak yang terlibat dalam upaya penyelamatan, termasuk masyarakat setempat yang turut membantu dalam evakuasi korban kecelakaan kapal.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter