Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Warga Badui Antusias Ikut Pemilu 2024

Warga Badui Nyoblos
Warga Badui Antusias Ikut Nyoblos-SwaraWarta.co.id (Sumber: Detik)


SwaraWarta.co.id - Masyarakat Badui di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, menunjukkan antusiasme tinggi dalam Pemilu 2024.

Tempat pemungutan suara (TPS) dipadati sejak pagi, dengan warga seperti Marsha (20) yang rela meninggalkan ladang untuk mencoblos hak pilihnya.

Marsha, pemilih pemula, berbagi harapannya agar Pemilu 2024 berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah.

Pada Pemilu sebelumnya, Marsha belum bisa ikut serta karena belum memiliki KTP. Ia menyatakan keinginannya untuk ikut dalam proses demokrasi karena penyelenggaraannya hanya terjadi setiap lima tahun.

Pada Pemilu 2019, Marsha masih di bawah 17 tahun, sehingga baru kali ini ia bisa menggunakan hak pilihnya.

Di TPS 02 Kampung Cipondok, Desa Kanekes, warga Badui menunjukkan partisipasi yang sangat tinggi.

Ketua Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) TPS 02, Ati Kurniati, mengapresiasi antusiasme warga Badui yang hampir mencapai 90% partisipasi.

Ati Kurniati juga mencatat bahwa tidak ada bentuk pelanggaran pemilu atau kecurangan yang ditemukan di wilayah tersebut.

Warga Badui, sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) KPU Kabupaten Lebak, mencapai 6.078 orang yang berhak memilih di 27 TPS.

Pemilu 2024 melibatkan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, dan anggota DPRD kabupaten/kota. Secara nasional, jumlah pemilih mencapai 204.807.222 orang.

Peserta Pemilu terdiri dari 18 partai politik nasional, termasuk PKB, Gerindra, PDI Perjuangan, Golkar, NasDem, Buruh, dan Gelora Indonesia.

Di samping itu, terdapat enam partai politik lokal yang ikut serta dalam pemilihan legislatif (pileg), seperti Partai Nanggroe Aceh dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Adapun peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 melibatkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 menetapkan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 berlangsung mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.

Masyarakat Badui, dengan semangat demokrasi yang tinggi, berharap hasil pemilihan tersebut dapat menghasilkan pemimpin yang berdedikasi untuk kesejahteraan mereka.

Dengan antusiasme dan partisipasi yang tinggi dari warga Badui, Pemilu 2024 di Kabupaten Lebak menjadi cermin semangat demokrasi yang kuat di berbagai lapisan masyarakat.

Semoga proses rekapitulasi suara nasional berlangsung dengan lancar, dan hasilnya mencerminkan aspirasi rakyat yang telah aktif mengikuti pesta demokrasi tersebut.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter