11 Wisata Bengkulu Paling Banyak Dikunjungi oleh Para Wisatawan

Avatar

- Redaksi

Tuesday, 26 March 2024 - 09:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pantai Jakat – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)

SwaraWarta.co.id – Sama halnya dengan wilayah lain di Sumatera, Wisata Bengkulu sangat beragam, dari mulai wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata keluarga.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wisata Bengkulu memiliki kecenderungan bentang alam yang didominasi oleh kawasan pesisir, sehingga destinasi wisata yang berupa pantai jauh lebih banyak bila dibanding Destinasi Wisata lainnya.

Wisata Bengkulu salah satunya adalah memiliki sejarah yang sangat kaya, di mana jejak-jejak kerajaan di masa lalu yang pernah berdiri masih dapat dijumpai  hingga saat sekarang.

Wisata sejarah di Provindi Bengkulu tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang, mereka biasanya tertarik untuk menyelami dan mempelajari jejak warisan budaya tersebut.

Salah satu Wisata Bengkulu yang berupa bangunan bersejarah adalah Benteng Marlborough, yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang bangunannya masih kokoh berdiri.

Bangunan ini menceritakan kisah masa lalu wilayah Bengkulu yang kala itu mawih menjadi bagian dari wilayah jajahan bangsa Inggris.

Wisata Bengkulu lainnya, yakni Danau Dendam Tak Sudah, terdengar unik dan menarik untuk disimak karena menghadirkan kisah mistis walaupun keindahan alamnya sendiri sangat menawan.

Danau ini sangat menarik karena menambahkan nuansa magis pada pengalaman para wisatawan yang kebetulan berkunjung ke Bengkulu.

Wisata Bengkulu Paling Diminati Pengunjung


Wisata Bengkulu
Rumah Fatmawati – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Wisata Bengkulu sangat beragam termasuk pantai-pantainya yang memikat seperti Pantai Panjang yang menawarkan panorama laut luar biasa memesona, menjadi tempat ideal untuk berbagai aktivitas rekreasi seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai ria seraya menikmati deburan ombak pantai.

Bukan hanya itu, hutan mangrove yang menakjubkan juga menjadi daya tarik tersendiri di wilayah Bengkulu ini, mengundang para pengunjung untuk menjelajahi keanekaragaman hayati dan ekosistem unik yang dimiliki oleh Bengkulu.

Baca Juga :  Museum Taman Prasasti dan Aura Mistis yang Membersamainya

Bagi para wisatawan yang memiliki agenda liburan ke Bengkulu, ada banyak daftar tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, di antaranya:

1. Benteng Marlborough


Wisata Bengkulu
Benteng Marlborough – SwaraWarta.co.id (Pinterest)



Wisata Bengkulu yang pertama adalah Benteng Marlborough, merupakan destinasi wisata sejarah berupa sebuah bangunan bekas benteng Inggris berbentuk bintang yang memukau.

Di lokasi ini, para pengunjung dapat menjelajahi sisa-sisa bangunan benteng dan mengabadikan momen dengan latar belakang benteng yang kokoh tersebut dalam jepretan kamera.

Untuk lokasinya sendiri berada Teluk Segara, Bengkulu. Untuk jam operasional Benteng Marlnorough, dibuka hampir setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Harga tiketnya cukup terjangkau, para pengunjung hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 rupian saja untuk satu orang.

2. Pantai Tapak Paderi


Wisata Bengkulu
Pantai Tapak Paderi – SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Wisata Bengkulu berikutnya adalah Pantai Tapak Paderi, merupakan salah satu destinasi pantai yang memikat di Bengkulu, memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, dengan pasir pantai dan deburan ombak yang bergulung-gulungnya.

Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada saat pagi dan juga sore hari untuk sekadar menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam.

Lokasi pantai ini berada di Teluk Segara, Bengkulu, jam operasinya mulai buka pukul 07.00 dan tutup 22.00 WIB, setiap harinya.

3. Pantai Jakat

Wisata Bengkulu berikut masih merupakan wisata pantai, yakni Pantai Jakat yang menawarkan keindahan alam samgat menarik untuk dinikmati sebagai destinasi wisata.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga menjadi tempat yang aman untuk berenang atau bermain pasir di tepi pantai.

Untuk lokasinya sendiri berada di Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu.

Pantai ini mulai buka pada pukul 08.00 pagi dan tutup pukul 19.00 WIB pada malam harinya, untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp2.000 rupiah.

Baca Juga :  Kampung Konservasi Rimbun: Tempat Wisata Alam yang Menyajikan Edukasi dan Kuliner

4. Pantai Panjang

Wisata Bengkulu berikutnya adalah Pantai Panjang,  merupakan salah satu pantai yang sangat populer di daerah imi, dengan bentang alam pasir putihnya yang memanjang sejauh mata memandang, tentunya akan memanjakan para pengunjung.

Untuk lokasi tepatnya berada erletak di  Kecamatan Ratu Agung, Bengkulu

Untuk jam operasionalnya, pantai ini buka fullday selama 24 jam, juga menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

5. Rumah Bersejarah Ibu Fatmawati Soekarno

Berikutnya adalah bangunan bersejarah berupa Rumah Ibu Fatmawati Soekarno, destinasi wisata sejarah ini sangat penting untuk didatangi di Bengkulu karena sangat populer.

Informasi menyebutkan bahwa rumah  bersejarah ini kondisinya sangat terjaga dengan baik, juga semua barang bersejarah beserta foto-foto Ibu Fatmawati masih terjaga dengan baik.

Bangunan bersejarah memberikan sedikit gambaran tentang keseharian istri dari Presiden RI yang pertama ini ketika berada di rumah tersebut.

Bangunan ini sendiri berada di Jalan Fatmawati No.10, Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Para pengunjung bisa datang mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB, tak ada biaya masuk yang harus dikeluarkan karena tiket masuknya gratis.

6. Rumah Bekas Kediaman Bung Karno

Selain Rumah Ibu Fatmawati, Wisata Bengkulu yang memiliki nilai sejarah adalah bangunan Rumah Bekas Kediaman Bung Karno ketika diasingkan ke Bengkulu.

Di tempat ini, para pengunjung dapat mempelajari sejarah yang berhubungan dengan Bapak Proklamator kita, Bung Karno, serta bisa melihat bermacam koleksi pribadinya yang masih terjaga dengan sangat baik.

7. Bukit Kandis

Wisata Bengkulu berikutnya adalah wisata yang bertema alam, yakni Bukit Kandis.

Bagi para pengunjung yang menginginkan untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah dari atas ketinggian, Bukit Kandis sepertinya menjadi tempat paling ideal untuk dikunjungi.

Baca Juga :  Menikmati Keindahan Puncak Bukit Merese: Destinasi Wisata Favorit di Lombok

Untuk mencapai puncak, tentunya para wisatawan harus terlebih dahulu melakukan pendakian.

Capek tentunya, tetapi rasa lelah karena mendaki akan terbayar tuntas dengan pemandangan alamnya yang memukau berpadu dengan udara segarnya.

8. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci merupakan salah satu destinasi wisata berupa pantai yang menarik untuk dikunjungi di Bengkulu.

Pantai ini sangat terkenal dengan jembatan gantungnya yang menjadi daya tarik utama.

Jembatan gantung ini sering digunakan sebagai latar belakang foto-foto para pengunjung dengan pemandangan lautan yang luar biasa cantiknya.

9. Objek Wisata Pantai Pasir Putih

Wisata Bengkulu berikutnya yang juga berupa destinasi wisata pantai adalah objek wisata Pantai Pasir Putih.

Sama hal dengan namanya, Pantai Pasir Putih menawarkan keindahan hamparan pasir putihnya yang memikat sepanjang garis pantai.

Pemandangan pantainya begitu memukau dan memanjakan mata karena keindahannya.

10. Pantai Teluk Sepang

Masih berupa wisata bahari, Pantai Teluk Sepang merupakan satu dari sekian pantai tersembunyi yang menunggu untuk dieksplore di Bengkulu.

Sebagai informasi, akses jalan menuju lokasi pantai ini terbilang masih sulit, akan tetapi keindahan pantainya sangatlah memikat dan layak untuk dikunjungi.

Pantai ini memiliki kontur yang landai, para wisatawan bisa menikmati keindahan biota laut saat air pasang dan surut.

11. Destinasi Wisata Sejarah Museum Bengkulu

Museum Bengkulu merupakan sebuah bangunan yang di dalamya berisi perjalanan sejarah panjang Bengkulu dari tahun ke tahun.

Merupakan destinasi wisata edukatuf yang tentunya sangat menarik perhatian para pengunjung untuk datang berkunjung.

Museum ini didirikan pada tahun 1978, memiliki sejumlah koleksi bersejarah yang beragam.

Wisata Bengkulu lainnya tidak terpatok kepada 11 destinasi wisata di atas, tercatat masih banyak lagi Wisata Bengkulu lainnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi para wisatawan.***

Berita Terkait

Rekomendasi Sate Terenak di Jakarta, Dijamin Bikin Nagih
Beauty Lux Jogja: Klinik Kecantikan Terbaik di Yogyakarta
Honabelle: Cita Rasa Brownis Panggang Premium Nomor 1 di Yogyakarta
Misteri Kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Ambarukmo: Dari Keindahan Hingga Cerita Mistis
Alsha Tour, Pilihan Perjalanan Umroh Aman dan Nyaman
Seru!! Melihat Aksi Beberapa Remaja Warga Bermain Seluncuran di BKB Semarang.
Kecelakan di Tol Solo-Semarang, 6 Orang Tewas.
Djarot Saiful kritik IKN, Grace Natali : Silahkan Datang dan Lihat Sendiri

Berita Terkait

Sunday, 21 July 2024 - 19:05 WIB

Rekomendasi Sate Terenak di Jakarta, Dijamin Bikin Nagih

Thursday, 18 July 2024 - 19:05 WIB

Beauty Lux Jogja: Klinik Kecantikan Terbaik di Yogyakarta

Thursday, 18 July 2024 - 18:04 WIB

Honabelle: Cita Rasa Brownis Panggang Premium Nomor 1 di Yogyakarta

Wednesday, 17 July 2024 - 20:11 WIB

Misteri Kamar Nyi Roro Kidul di Hotel Ambarukmo: Dari Keindahan Hingga Cerita Mistis

Monday, 15 July 2024 - 14:16 WIB

Alsha Tour, Pilihan Perjalanan Umroh Aman dan Nyaman

Berita Terbaru

Teknologi

Mengoptimalkan Jaringan dengan EIGRP: Kelebihan dan Manfaat

Wednesday, 24 Jul 2024 - 19:34 WIB

Teknologi

Mengoptimalkan Jaringan dengan Perhitungan Metric EIGRP

Wednesday, 24 Jul 2024 - 19:26 WIB

Teknologi

Mengenal Algoritma DUAL pada EIGRP: Kunci Kehandalan Routing

Wednesday, 24 Jul 2024 - 19:19 WIB