Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Apa itu Iridium? Ini Penjelasan Lengkapnya!


Simbol Iridium
Simbol Iridium
( Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id
- Apa itu Iridium ? Iridium adalah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ir dan nomor atom 77. 

Apa itu iridium? Iridium merupakan unsur yang termasuk dalam golongan platinum (PT) dan memiliki sifat fisik yang menakjubkan serta digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi.

Apa itu iridium? Unsur yang memiliki sejumlah sifat fisik menarik dan memiliki peran penting dalam kimia. 

unsur ini merupakan logam yang sangat keras, tahan karat dan korosi, serta memiliki titik lebur dan titik didih yang sangat tinggi. 

Kekerasannya yang tinggi membuat iridium digunakan dalam produksi alat-alat yang membutuhkan ketahanan mekanik, seperti cetakan korosi, alat pemotong, dan kontak listrik.

Selain itu, iridium juga sangat tahan terhadap reaksi kimia sehingga digunakan dalam produksi alat-alat kimia seperti katalis. 

Selain itu, iridium juga tahan terhadap radiasi sehingga digunakan dalam produksi komponen elektronik untuk peralatan satelit dan pesawat ulang-alik.

Penggunaan Iridium Iridium digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi, mulai dari industri petrokimia, elektronik, hingga kedokteran.

Aplikasi Iridium yang Populer 

Beberapa aplikasi penggunaan iridium yang paling terkenal adalah sebagai berikut:

1. Aplikasi petrokimia 

Aplikasi Petrokimia Iridium digunakan dalam produksi katalis untuk memproses minyak mentah menjadi bahan bakar yang lebih bersih dan berkualitas tinggi. 

Iridium juga digunakan dalam industri kimia untuk memproduksi bahan kimia lain seperti asam nitrat dan asam sulfat

2. Aplikasi Elektronik 

Aplikasi elektronik Iridium digunakan dalam produksi komponen elektronik seperti kapasitor dan resistor untuk peralatan komunikasi, satelit, dan pesawat ulang-alik.

Dalam dunia teknologi aplikasi satu ini memiliki peran penting lantaran semakin Kedepan perangkat diklaim mempermudah aktivitas manusia. 

3. Aplikasi Kedokteran 

Aplikasi kedokteran Iridium digunakan dalam radioterapi sebagai perawatan untuk kanker. 

Radioterapi mampu membunuh sel kanker dengan menggunakan sinar radiasi berenergi tinggi yang dihasilkan oleh iridium.

Aplikasi lainnya Iridium digunakan dalam produksi alat-alat optik seperti lensa dan prisma untuk kacamata atau peralatan ilmiah. 

Selain itu, iridium digunakan sebagai bahan tambahan dalam produksi perhiasan dan jam tangan mewah.

Kesimpulan Iridium adalah unsur kimia yang sangat kuat, tahan karat dan korosi, serta memiliki titik lebur dan titik didih yang sangat tinggi. 

Sifat-sifat fisik yang menakjubkan membuat iridium digunakan dalam berbagai aplikasi teknologi seperti industri petrokimia, elektronik, kedokteran, hingga perhiasan dan jam tangan mewah.

Dalam dunia teknologi, penggunaan iridium terus berkembang dengan adanya penemuan baru, termasuk dalam penelitian berkaitan dengan bahan bakar sel hidrogen dan pengembangan teknologi terbaru di berbagai sektor industri.

Nah bagaimana? Sudah paham terkait apa itu iridium? Sejatinya ilmu ini bisa dipelajari selama menempuh pendidikan di bangku SMA.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter