Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan yang Sudah Lama dengan Benar


Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan yang Sudah Lama dengan Benar
Cara membayar hutang puasa (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Bagi umat muslim yang karena suatu alasan tidak bisa berpuasa selama Ramadan, wajib mengganti hari-hari puasa yang tertinggal itu. 

Jika Anda masih sanggup untuk berpuasa maka bisa diganti dengan puasa. Namun jika Anda tidak sanggup berpuasa maka bisa diganti dengan membayar fidyah atau memberi makan orang miskin. 

Wajibnya mengganti hari puasa tertinggal diatur dalam ayat Al Baqarah ayat 184. Ayat tersebut mengatakan jika Anda sakit atau sedang bepergian dan tidak bisa berpuasa, maka harus mengganti hari puasa pada waktu lain atau membayar fiyadah 

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: "(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui

Jika Anda berbuat baik dengan sukarela, tentu itu lebih baik lagi. Puasamu baik untukmu jika Anda tahu manfaat dari berpuasa.

Bagaimana jika Anda punya banyak utang puasa yang tertinggal? Biasanya, Anda harus menggantinya dengan puasa biasa di bulan yang lain selain Ramadan. 

Terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Ulama dari Mazhab Maliki, Syafi'i, dan Hambali mengatakan bahwa seorang muslim harus mengganti hari puasa yang tertinggal juga membayar fidyah

Sedangkan ulama dari Mazhab Hanafi mengatakan bahwa Anda hanya perlu menggantinya tanpa membayar fidyah.

Setelah bertahun-tahun tidak mengganti puasa tertinggal, bagaimana kita bisa tahu berapa hari yang harus diganti? Kadang-kadang kita tidak ingat lagi berapa banyak hari yang kita tinggalkan. 

Menurut buku Pintar Puasa Wajib dan Sunnah, Anda bisa memperkirakan jumlah hari yang harus Anda ganti. Apabila Anda merasa kurang yakin, Anda bisa mengganti lebih banyak hari agar pasti.

Puasa qadha juga bisa dilakukan secara berturut-turut ataupun tidak. Sesuai dengan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar RA.

Sebagai agama yang memberikan kemudahan, Islam memberikan pilihan yang bervariasi dalam membayar utang puasa. 

Setiap orang boleh memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Kapan waktu yang tepat untuk membayar fidyah?

Cara Membayar Hutang Puasa Ramadhan yang Sudah Lama dengan Benar
Cara membayar hutang puasa (Dok. Istimewa)


Waktu yang tepat bagi Anda untuk membayar fidyah adalah sebelum awal bulan Ramadan pada tahun berikutnya. 

Karena Ramadan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah, maka sebelum memasuki bulan tersebut Anda sudah diharapkan sudah menyelesaikan kewajiban Anda untuk membayar fidyah. 

Hal ini juga disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 184-185.

Namun, Anda juga dapat membayar fidyah sesegera mungkin setelah puasa yang ditinggalkan.

Itulah beberapa informasi tentang ca membayar hutang puasa yang benar. Setalah mengetahui informasi ini, Anda bisa menerapkannya agar tidak memiliki hutang puasa.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter