Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Hadits Pendek Tentang Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui

 

5 Hadits Pendek Tentang Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui
Hadits bulan Ramadhan (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Puasa Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim setiap tahunnya. 

Bahkan banyak hadits yang menjelaskan tentang keistimewaan bulan suci Ramadhan. Oleh karena itu, tidak heran banyak umat muslim yang berlomba-lomba mencari pahala.

5 Hadits Pendek Tentang Puasa Ramadhan

Secara umum, dalil bulan puasa Ramadhan terdapat dalam hadits. Dimana hadist nabi Muhammad SAW diriwayatkan oleh imam-imam besar seperti Imam Ahmad, Imam Muslim, Imam Bukhari, Imam Tirmidzi, Imam Baihaqi, dan lainnya.

Berikut beberapa hadits yang menyebutkan tentang bulan puasa Ramadhan

1. Hadits Riwayat Ahmad

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ


Artinya: "Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

2. Hadits Riwayat Muslim

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ


Artinya: "Jarak antara shalat lima waktu, shalat jum'at dengan jum'at berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-­dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar."

3. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim

5 Hadits Pendek Tentang Puasa Ramadhan yang Wajib Diketahui
Hadits Bulan Ramadhan (Dok. Istimewa)


مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Artinya: "Barangsiapa berpuasa dibulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

4. Hadits Riwayat Baihaqi

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٍ ؛دَعْوَةُ الصَّائِمِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ

Artinya: "Ada tiga macam doa yang mustajab, yaitu doa orang yang sedang puasa, doa musafir dan doa orang yang teraniaya.

5. Hadits Riwayat Bukhari

حَدِيثُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ رَمَضَانَ فَقَالَ: لَا تَصُومُوا حَتَّى تَرَوُا الْهِلَالَ وَلَا تُفْطِرُوا حَتَّى تَرَوْهُ فَإِنْ غُمَّ عَلَيْكُمْ فَاقْدُرُواأخرجه البخاري

Artinya: Abdullah bin Umar berkata: "Ketika menyebut Ramadhan, Rasulullah bersabda: 'Jangan puasa sampai kalian melihat hilal (bulan sabit) dan jangan berhari raya sampai melihat hilal, jika (hilal) tertutup oleh awan, maka sempurnakanlah (bilangan bulan menjadi 30 hari)."


حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَا يَتَقَد مَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمٍ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمَهُ فَلْيَصُمْ ذَلِكَ الْيَوْمَ أخرجه البخارى

Artinya: "Abu Hurairah berkata: "Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Jangan ada

orang yang mendahului puasa Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang biasa puasa hari itu, maka ia boleh puasa hari itu.

Itulah beberapa hadits tentang bulan suci Ramadan. Melalui hadist tersebut, Kita bisa meningkatkan amal ibadah agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter