Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kemensos Bakal Cairkan Bansos Menjelang Lebaran, Ini Faktanya!

Kemensos Bakal Cairkan Bansos Menjelang Lebaran, Ini Faktanya!
Potret Menteri Risma (Dok. Istimewa)


SwaraWarta.co.id - Menteri Sosial Tri Rismaharini, atau yang biasa dipanggil Risma, telah mengumumkan bahwa pihaknya telah mencairkan bantuan sosial (bansos) menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriyah.

"Kita sudah cairkan (bansos), kita sudah cairkan, sebelum Ramadan kita udah cairkan. Nanti sebelum Lebaran kita cairkan lagi, begitu," kata Risma usai graduasi Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) di kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat (8/3). 

Bansos ini diberikan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pada saat Ramadan tiba. 

Menurut Risma, bansos ini akan kembali dicairkan menjelang hari raya Idul Fitri yang dirayakan oleh masyarakat Indonesia.

"Pokoknya kalo waktunya butuh kita cairkan. Ya cuma 2, PKH sama BPNT," sebut Risma

Risma menjelaskan bahwa pemberian bansos diberikan sesuai dengan waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Ada dua jenis bansos yang diberikan oleh pihak Kemensos, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

PKH diberikan kepada keluarga yang memiliki anggota yang masuk dalam kategori fakir atau miskin, sedangkan BPNT berupa kartu elektronik yang berisi saldo untuk dapat dibelanjakan pangan di sejumlah warung yang bekerja sama dengan pemerintah.

Pemerintah akan kembali mencairkan sejumlah bansos menjelang bulan suci Ramadan pada tahun 2024. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan taraf hidup penerima manfaat. 

Berbagai jenis bansos akan diberikan, seperti Bantuan Langsung Tunai Mitigasi Risiko Pangan senilai Rp 600 ribu, bansos beras sebanyak 10 kg, dan beberapa jenis bansos rutin lainnya. 

Bansos ini diberikan secara bertahap untuk memastikan bahwa bantuan dengan jumlah besar tidak mengalir ke tangan yang tidak seharusnya.

Dalam rangka menyebarluaskan informasi mengenai bantuan sosial, pemerintah telah memperkenalkan beberapa cara untuk memperoleh informasi mengenai bansos, antara lain dengan menghubungi call center resmi, melalui aplikasi e-bansos.

Diharapkan dengan adanya langkah ini, masyarakat yang membutuhkan bantuan sosial bisa memperoleh bantuan tersebut dengan lebih mudah dan transparan.

Dalam kesempatan ini, Risma pun mengajak seluruh pihak untuk berpartisipasi aktif dalam membantu pihak-pihak yang membutuhkan bantuan sosial. 

Menurutnya, membantu orang lain merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada saat Ramadan yang menjadi bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia. 

Risma sebagai Menteri Sosial siap untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan masyarakat Indonesia.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter