Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Kota yang dijuluki Kota Bahari adalah? Ini Jawabannya

Kota yang dijuluki Kota Bahari adalah? Ini Jawabannya
Kota Bahari (Dok. Istimewa)


 SwaraWarta.co.id - Kota Tegal adalah kota yang dikenal dengan julukan Kota Bahari. Julukan ini diberikan karena kota Tegal berada di wilayah pesisir utara Jawa Tengah dan memiliki banyak potensi kemaritiman serta hasil laut yang melimpah. 

Banyak masyarakat yang bekerja menggunakan hasil laut sebagai profesi utama mereka. 

Kota Tegal juga mempunyai banyak fasilitas galangan kapal di pesisir pantai dan dikenal dengan hasil perikanan yang melimpah di wilayah Pantura serta banyak industri kecil yang membuat hasil pengolahan ikan

Sekarang, Kota Tegal terus berkembang dan dikenal sebagai pusat perdagangan serta jasa yang menghubungkan jalur perekonomian. 

Selain itu, kota ini terkenal akan batik, telur asin, serta kerajinan logam dari jalur perdagangan lain. Jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh khas Kota Tegal saat kamu berkunjung ke sana.

Bagaimana perkembangan industri perikanan di Kota Tegal saat ini?

Kota yang dijuluki Kota Bahari adalah? Ini Jawabannya
Kota Bahari (Dok. Istimewa)


Saat ini, Tegal masih mempertahankan sektor perikanan sebagai salah satu sektor unggulan di wilayahnya. 

Meskipun demikian, tidak hanya hasil perikanan laut yang menjadi andalan, tapi tambak ikan juga sudah memperoleh hasil yang cukup tinggi. 

Banyak masyarakat setempat yang mengembangkan usaha tambak ikan, seperti tambak udang dan ikan lele. 

Selain itu, juga ada industri pengolahan hasil perikanan seperti pengolahan ikan menjadi abon dan kerupuk. 

Industri perikanan tetap menjadi salah satu sektor yang penting bagi perekonomian Kota Tegal.

Apa jenis ikan yang paling banyak diproduksi di Tegal?

Tegal dikenal dengan hasil perikanannya yang melimpah, di antaranya terdapat jenis ikan yang paling banyak diproduksi adalah ikan tongkol, ikan layang, ikan kembung, ikan lele, dan udang. 

Selain itu, masih banyak lagi jenis ikan lain yang diproduksi di Tegal seperti ikan bandeng, ikan tenggiri, ikan tuna, ikan kakap, dan masih banyak yang lainnya. 

Ekspor hasil perikanan dari Kota Tegal pun cukup signifikan dan banyak diekspor ke wilayah Indonesia lainnya serta negara-negara tetangga di Asia.

Apakah ada tempat wisata yang berkaitan dengan perikanan di Tegal?

Terdapat beberapa tempat wisata di Tegal yang berkaitan dengan kegiatan perikanan. Salah satu yang dapat dikunjungi yaitu Pelabuhan ikan Tegal. 

Di sini kamu akan melihat langsung aktivitas nelayan menangkap ikan yang akan dijual di pasar ikan atau langsung diproses di fasilitas pengolahan ikan. 

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi TPI (Tempat Pelelangan Ikan) untuk lebih memahami proses lelang ikan yang terjadi di sana.

Jangan lewatkan untuk mengunjungi Pantai Alam Indah yang sangat populer dan berlokasi di sebelah barat pelabuhan Tegal

Di sana kamu bisa menikmati sajian kuliner ikan laut yang segar serta melihat kegiatan para nelayan yang tengah menambatkan kapal-kapal mereka.

Selain itu, ada pula Pantai Guci yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Di sini kamu bisa melihat kolam air panas alami dan bermain air sambil menikmati suasana alam yang segar. 

Di sekitar Pantai Guci juga terdapat berbagai warung makan yang menyajikan ragam menu seafood yang lezat.

Tempat wisata ini memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga bagi para wisatawan yang menginginkan suasana yang berbeda namun tetap berkaitan dengan industri perikanan di Tegal.




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter