Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Longsor Ratakan Cipongkor, 10 Orang Masih dalam Pencarian

 

Longsor timbun Bandung Barat
Longsor timbun Bandung Barat
( Dok. Istimewa


SwaraWarta.co.id
- Ada bencana longsor yang menerjang Kampung Gintung, RT 03/10, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor di Kabupaten Bandung Barat

"Kondisi sangat parah, banyak rumah tertimbun. Sampai saat ini, laporan sementara ada 10 warga yang masih belum ditemukan," kata Camat Cipongkor, Rega Wiguna saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (25/3/2024).

Bencana tersebut terjadi pada Minggu (24/3) dini hari, setelah wilayah tersebut diguyur hujan deras selama lebih dari dua jam. 

Sebanyak sepuluh warga dilaporkan hilang karena longsor yang terjadi.

Selain itu, 25 rumah mengalami kerusakan yang parah. 

Dua warga berhasil dievakuasi dan dilarikan ke RSUD Cililin, sementara warga lainnya berada di pengungsian di Gor Desa Cibenda.

"Kondisinya kebanyakan luka-luka karena diterjang longsor. Saat ini proses pencarian masih dilakukan oleh Basarnas, BPBD, relawan, kepolisian, dan TNI. Pencarian secara manual," kata Rega.

Kemungkinan, warga yang hilang berada di dalam rumah saat kejadian karena hujan deras telah mengguyur sejak Minggu pukul 21.00 WIB.

"Kemungkinan seperti itu (di dalam rumah) karena kejadiannya malam hari kan ya. Posisinya memang yang paling dekat dengan mahkota longsor," kata Rega.

Sebanyak 55 kepala keluarga atau sekitar 225 jiwa terdampak bencana longsor ini dan saat ini diungsikan ke beberapa titik pengungsian.

"Saat ini kita evakuasi di Gor Desa Cibenda, SDN 1 Cibenda, dan SDN Padakati. Ada juga yang mengungsi ke rumah kerabatnya," kata Rega.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter