Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

11 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer yang Akan Membuat Anda Ketagihan!

Oleh Oleh Khas Palembang
Otak-Otak Palembang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Palembang adalah salah satu kota besar yang ada di Pulau Sumatera, di mana makanan Oleh Oleh Khas Palembang ini sangat beragam.

Meski Palembang terkenal karena kuliner
Pempeknya, akan tetapi makanan Oleh-Oleh Khas Palembang tidak terbatas kuliner itu saja.

Ada banyak jenis dan ragam Oleh-Oleh Khas Palembang yang bisa orang beli atau nikmati ketika sedang atau pulang dari Kota Palembang.

Ada banyak penganan atau camilan yang bisa dinikmati dari Palembang, mulai dari yang memiliki citarasa gurih, hingga yang bercitara rasa manis pun banyak ragam dan macamnya.

Kesemua makanan yang bisa dijadikan Oleh-Oleh Khas Palembang tersebut dijamin lezat dan enak di lidah.

Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer


Oleh Oleh Khas Palembang
Tempoyak Durian - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Dari sekian banyak macam dan ragamnya, Oleh-Oleh Khas Palembang berikut ini bisa jadi yang paling banyak digemari oleh orang-orang untuk dijadikan buah tangan.

Atau menjadi camilan istimewa untuk dibagi-bagikan kepada keluarga, kerabat, rekan, maupun sahabat.

Ada apa saja, berikut daftar sebagian di antaranya:

1. Yang Khas dari Palembang: Kue Delapan Jam


Oleh-Oleh Khas Palembang yang pertama adalah penganan manis yang berupa jenis kue-kuean, yakni Kue Delapan Jam.

Merupakan kudapan manis paling populer dari Palembang yang keberadaannya tidak hanya terkenal di Palembang saja, tetapi mencakup juga kota-kota di sekitarnya.

Kue Delapan Jam terbuat dari racikan telur bebek yang dicampur dengan bahan-bahan penunjang launnya termasuk di dalamnya susu kental manis dan juga gula pasir.

Dari bahan dasarnya saja sudah bisa dicecap aroma citarasanya yang cenderung manis dan juga gurih khas susu kental manis.

Untuk tekstur kuenya sendiri terasa empuk, lembut, manis, dan tentunya wangi aroma khas.

Hal unik yang membuat kue ini dinamakan Kue Delapan Jam, merujuk karena proses pembuatannya atau pengukusan bahan campuran hingga menjadi kue jadi, membutuhkan waktu selam delapan jam.

Konsekuensi bila pengukusan tidak mencapai waktu delapan jam, adalah hasil jadinya, kue akan hancar dan teksturnya tidak akan kenyal dan legit.

2. Engkak Ketan


Oleh-Oleh Khas Palembang yang kedua adalah Engkak Ketan, merupakan kue yang memiliki tekstur jadi yang kenyal dengan menghadirkan citarasa gurih.

Cara pembuatan Kue Engkak Ketan adalah dengan mencampur beberapa bahan utama untuk dijadikan sebuah adonan.

Bahan utama yang digunakan biasanya tepung ketan yang ditambah dengan santan kelapa serta beberapa bahan pelengkap lainnya.

Engkak Ketan dalam proses terakhir pembuatannya biasanya adonan yang sudah tercampur kemudian dimasukkan ke dalam loyang untuk seterusnya dipanggang dengan oven atau alat panggang lainnya.

Cara pemanggangannya pun unik karena harus dilakukan lapis demi lapis. Kue ini mirip dengan cara pembuatan kue lapis yang warna-warni seperti lapisnya orang Jawa Barat.


3. Pempek Khas Palembang


Oleh Oleh Khas Palembang
Pempek - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Oleh-Oleh Khas Palembang berikutnya, yang tidak lain dan tidak bukan adalah Pempek.

Penganan yang merupakan makanan khas kota ini adalah makanan yang berbahan dasar daging ikan yang dicampur dengan tepung sagu yang dalam penyajiannya dilengkapi bumbu hitam atau cuko-nya.

Untuk bahan cuko-nya sendiri, bahan yang digunakan meliputi bumbu-bumbu dasar seperti cabai, gula merah, serta tambahan udang kering bubuk.

Ada beberapa macam pempek yang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat, yakni pempek kapal selam yang bentiknya pipih memanjang mirip kapal selam.

Ada juga jenis pempek lenjer, pempek adaan, pempek keriting, pempek tahu, pempek kulit, serta macam ragam pempek lainnya.

Pempem Palembang tentunya menjadi sangat identik dengan Kota Palembang karena popularitasnya yang memang terkenal tidak saja sebatas wilayah lokal, melainkan hingga ke luar daerah.


4. Kue Lempok Durian


Dari namanya sudah jelas bahwa Oleh-Oleh Khas Palembang yang satu ini tentunya bahan pembuatan utamanya adalah si Raja Buah, durian.

Penganan ini termasuk ke dalam jenis dodol-dodolan yang bahan dasarnya adalah tepung ketan, dan gula, serta penambahan garam secukupnya.

Sama halnya dengan pembuatan jenis dodol pada umumnya, cara pembuatannya adalah semua bahan dicampurkan menjadi satu untuk kemudian dimasak dengan cara diaduk hingga adonan mengental dengan sendirian.

Sebagai catatan dalam proses pengentalan, sebaiknya gunakan api kecil agar hasilnya tidak gosong dan juga tidak matang dengan tidak sempurna.

Penambahan buah durian ke dalam adonan dodol, akan memperkuat citarasa Lempok Durian tersebut.


5. Engkak Medok


Merupakan kue Oleh-Oleh Khas Palembang yang dibuat dengan menggunakan dua jenis bahan utama telur, yakni telur ayam kampung yang dicampur dengan telur itik.

Untuk bahan utamanya, tepung yang digunakan bukanlah tepung yang berasal dari ketan seperti kue Engkak Ketan, melainkan dengan penggunaan tepung terigu.

Sebagai bahan pelengkap, pada proses pembuatan Engkak Medok, ada campuran lain untuk menghasilkan citarasa gurih pada adonan kue yakni santan kelapa yang kental serta penambahan sedikit bubuk garam untuk memperkuat rasa.

Engkak Medok layak untuk dibeli sebagai oleh-oleh khas bagi siapa pun yang sedang berkunjung ke Kota Palembang ini.

6. Kemplang


Oleh-Oleh Khas Palembang berikutnya adalah kemplang, yang merupakan kerupuk gurih yang dibuat dengan bahan dasar ikan gabus atau ikan tenggiri yang dicampur dengan adonan kerupuk.

Secara tekstur, kerupuk kemplang adalah kerupuk yang memiliki permukaan kasar tetapi memiliki tingkat kerenyahan yang pas.

Untuk pengolahan akhir, kerupuk kemplang dimasak dengan cara dibakar sehingga hasil akhirnya akan meninggalkan bau dan citarasa bakar yang khas.


7. Pecah Seribu


Merupakan penganan yang berbentuk kerupuk. Tampilannya sepintas seperti kemplang, namun bentukannya sedikit lebih kecil-kecil dan juga tipis.

Dinamakan pecah seribu, karena dalam tahap pembuatannya ada proses penekanan pada bagian tengah bahan mentah sebelum digoreng.

Jika kemplang merupakan kerupuk yang dibakar, maka Pecah Seribu adalah kerupuk yang digoreng untuk mematangkannya.

8. Otak-Otak Khas Palembang


Penganan ini tampilannya mirip pempek tetapi dalam versi yang lebih ramping.

Bahan dasar pembuatannya pun terbuat dari campuran tepung sagu juga ikan yang dihaluskan, bedanya kalau Otak Otak khas Palembang ini harus dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Untuk pengolahannya sendiri, adonan Otak-Otak yang sudah diolah dan dibungkus daun pisang, harus dibakar terlebih dahulu ketika hendak disajikan.

Sebagai pelengkap, Otak-Otak khas Palembang ini disajikan dengan kuah santan atau dengan saus kacang atau bisa juga saus cabai.


9. Gulo Puan


Merupakan sejenis penganan yang berbahandasarkan gula merah yang dicampur dengan susu yang kemudian dimasak sengaja sampai kental dan membentuk karamel.

Menurut sejarah, penganan ini sudah ada sejak zaman dahulu, lebih tepatnya pada zaman Kesultanan Palembang Darussalam masih berkuasa.

Kue ini sendiri memiliki tekstur yang begitu lembut, dengan penampakan visual berwarna cokelat khas karamel, serta sedikit ada tekstur berpasirnya.

Gulo Puon, merupakan kue dengan citarasa manis dan gurihnya yang bisa memanjakan lidah.

10. Kue Bingke Ketela


Merupakan kue berbahan dasar umbi ketela atau singkong yang dalam prosesnya direbus untuk kemudian dihaluskan.

Ketela yang sudah halus tersebut kemudian dicampur dengan bahan utama lainnya yakni tepung beras, gula, santan, serta telur, untuk kemudian diaduk dan dikukus hingga matang.

11. Tempoyak


Sama halnya dengan daerah Bengkulu, di Palembang pun terkenal akan tempoyaknya yang merupakan makanan berbahan dasar durian.

Tempoyak versi Palembang adalah durian yang ditumis dengan cabai dan bawang yang setelah dimasak dan tercampur akan mirip saus.


Selain 11 Oleh-Oleh Khas Palembang di atas, masih ada banyak lagi makanan khas lainnya yang populer di kota ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.