Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Raih Deretan Prestasi, Perawat Muda Asal Lumajang jadi Brand Ambassador Sekebun

 

Brand ambassador Sekebun
Dandy Kurniawan perawat muda asal Lumajang sekaligus brand  ambassador Sekebun
(Dok. Istimewa)



SwaraWarta.co.id - Perawat muda asal Lumajang belakangan ini menjadi sorotan lantaran konten buatannya sering masuk beranda sosial media. 

Pria yang bernama lengkap Dandy Kurniawan ini ternyata memiliki deretan prestasi akademik maupun non akademik. 

Usut punya usut dirinya tertarik mengikuti berbagai event lantaran pernah mengalami kegagalan.

" Semua itu bermula dari kegagalan satu kali pertama saya mengikuti perlombaan atau ajang duta," ujar Dandy saat diwawancarai secara khusus oleh Tim swarawarta (11/03) 

" Namanya ajang pertama saya ikut itu duta anti narkoba bermula dari situ bukan berarti kita gagal kita enggak dapat juara atau apa memang mungkin masih belum diberikan kesempatan," sambungnya. 

Meskipun gagal mendapatkan gelar juara, dirinya cukup bersyukur lantaran bisa lolos ke tahapan penting.

"Alhamdulillah lolos ke tahap berikutnya dan juga wawancara itu langsung lihat di tempat gimana di situ ada 10 pasang dan diambil cuma 5 pasang dan alhamdulillah saya lolos di situ, dari situ saya mengikuti grand final dari grand final itu memang yang diambil bukan juara 1 2 3 memang saya juga sudah masuk ke jajaran top 5 putra dan 5 Putri itu merupakan suatu pencapaian sih sebenarnya. Karena sulit banget dari cerita-cerita teman-teman yang berjuang sebelumnya itu sulit banget gitu dan alhamdulillah bisa langsung," ujarnya menjelaskan. 

Tidak sampai disitu saja, dirinya juga berhasil menggeret gelar sebagai duta Lingkungan Jawa Timur 2021 dengan predikat best intelegensi. 

Alih-alih puas dengan pencapaiannya, pria yang akrab disapa Dandy ini berhasil mendapatkan juara 3 Duta Pramuka, Juara Favorit Duta Kesehatan Indonesia 2022, Duta Genre Lumajang, Duta Inisiatif Indonesia, Duta Kampus UNEJ dan Duta Literasi Indonesia 2023. 

Selain aktif mengikuti ajang kedutaan, dirinya juga kerap mengikuti perlombaan mulai dari fotografi hingga event Tik Tok.

Menurutnya, semua prestasi yang berhasil diperoleh berkat adanya cara belajar dan kemampuan evaluasi diri. 

" Menanamkan mindset untuk terus belajar dan mengevaluasi diri dari situ saya banyak belajar dan mengevaluasi diri 'Apa kurangnya saya' saya orangnya melihat dengan melihat orang lain. Melihat teman saya, 'terternyata teman saya punya kelebihan lebih' maka dari itu sebagaimana cara saya untuk mensiasati hal tersebut," bebernya.

Dandy juga menjelaskan bahwa dirinya turut mendapatkan motivasi dari temannya.

"Temanku yang selalu memberikan motivasi yang memberikan dorongan bagi saya dan dari teman saya itu membuat saya berani untuk mencoba melakukan segala hal dan menjadi orang yang tidak puas terhadap pencapaian dari diri sendiri dan ingin terus belajar mencoba hal baru apapun itu dicoba," 

Terlepas dari prestasi yang berhasil ditorehkan, Dandy juga mengungkapkan alasannya memilih bidang perawat.

"Karena saya ingin merawat keluarga kita sendiri Dari kita merawat keluarga kita sendiri kita bisa merawat banyak orang. Dan tugas dari perawat itu ini cukup mulia sekali dan prospeknya juga sangat dibutuhkan,"

Dirinya mengaku bahwa selama pendidikan tidak dibiayai oleh orang tua melainkan beasiswa dari pemerintah. 

" Itu aku kuliah selama 3 tahun itu memang bener-bener nggak dibiayain orang tua semua full dapat beasiswa dari pemerintah kabupaten Lumajang.  Jadi memang benar-benar aku manfaatin selama 3 tahun untuk menempuh pendidikan sambil mengumpulkan banyak prestasi, dari mengumpulkan banyak prestasi terus itu juga akan mendapatkan yang namanya mengembangkan personal branding dari personal branding kita punya banyak tawaran yang masuk," 

Berkat personal branding itulah Dandy berhasil mendapatkan tawaran menjadi BA Sekebun Aksi Banda Neira. 

Selama kuliah dirinya memilih meningkatan personal branding lantaran dalam dunia kerja yang dibutuhkan skill dan hal itu berhasil dibuktikan saat melamar kerja. 

" Kalau menurut saya penting sekali karena di mana kalau kita sudah masuk ke dunia kerja pasti kita melamar suatu perusahaan misalkan,pastinya kita di sana akan mencantumkan yang namanya curikulum vitae di situ pasti mereka melihat apa yang sudah kita raih selama kita menjadi mahasiswa kita menjadi pelajar itu dilihat.  Trus pasti pengalaman organisasi dan prestasi dilihat dan  aku sudah mengalami hal tersebut.  Aku sudah melalui proses melamar pekerjaan dengan modal CV pengalaman prestasi skiil pengabdian dan sebagainya,"

Lebih lanjut pria kelahiran Lumajang ini tengah menekuni bidang konten dengan memberikan edukasi seputar dunia perawat dengan tujuan memberikan semangat. 

" Memberikan manfaat bagi orang lain. Sebenarnya dikenalnya itu kita bisa memberikan motivasi berikan tips kita bisa membangun semangat seseorang terus bisa memotivasi. Misalkan aku sering bikin konten keperawatan di tik tok dan itu aku punya tujuan supaya orang lain  juga bisa kayak numbuhin semangat untuk mencoba kuliah keperawatan," pungkasnya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter