Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Resmi Jadi WNI, Ini Dia Harapan Thom Haye untuk Sepak Bola Indonesia

 

Resmi Jadi WNI, Ini Dia Harapan Thom Haye untuk Sepak Bola Indonesia
Potret Thom Haye saat mengambil sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta (Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Thom Haye merasa sangat bahagia setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Ia mengambil sumpah WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, pada Senin, 18 Maret 2024 malam. 

Hal ini dilakukan hanya satu hari setelah ia bermain sepak bola penuh dengan timnya SC Heerenveen, akan tetapi mereka kalah 2-3 dari Feyenoord di Stadion Abe Lenstra, pada Minggu, 17 Maret 2024 malam.

Proses menjadi WNI ini sangat melelahkan bagi Thom. Ia bermain game dahulu dan kemudian pergi ke bandara, melakukan perjalanan selama delapan belas jam, dan begitu sampai bandara langsung menuju kantor untuk menyelesaikan semua proses.

Banyak sekali (yang aku lakukan), aku bermain game, setelah pertandingan aku pergi ke bandara, lalu aku melakukan perjalanan delapan belas jam, dan dari bandara langsung ke kantor untuk segera menyelesaikan semuanya," kata Thom, dalam keterangan resminya.

Banyak sekali (yang aku lakukan), aku bermain game, setelah pertandingan aku pergi ke bandara, lalu aku melakukan perjalanan delapan belas jam, dan dari bandara langsung ke kantor untuk segera menyelesaikan semuanya," kata Thom dalam keterangan resminya.

Namun, Thom tetap bahagia dan merasa sangat bersyukur setelah menjalani proses tersebut. 

"Ini hari yang sangat panjang tapi aku sangat bahagia," katanya

Sebagai WNI, dia berharap dapat membantu dan turut mengembangkan sepak bola di Indonesia.

Selama kariernya, Thom telah memperkuat lima klub Belanda, seperti AZ Alkmaar, Willem II, ADO Den Haag, NAC Breda, dan SC Heerenveen di mana ia saat ini bermain. 

Dia juga ingin berkontribusi pada tim sepak bola Indonesia dan berharap dapat mencapai hasil yang diinginkan bersama mereka.

"Saya ingin berkontribusi dalam perkembangan sepak bola Indonesia juga kepada tim, dan saya harap kita juga bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan," kata Thom

Thom mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang membantunya dalam proses naturalisasi dan juga pada suporter Indonesia yang selalu memberikan dukungan padanya. 

Dengan status WNI-nya, Thom berkesempatan untuk tampil di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada 26 Maret.

Meskipun sebelumnya harus menunda debutnya di timnas karena persoalan administrasi, Thom tetap terus bersemangat dan siap untuk bermain bersama timnas Indonesia. 

Thom sendiri lahir di Amsterdam, Belanda pada 9 Februari 1995 dan memiliki darah Indonesia dari kakek ayahnya yang lahir di Solo, Jawa Tengah pada 30 Desember 1925. 

Saat ini, Thom telah bermain di 26 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan tiga gol dan tiga assist bersama klubnya, Heerenveen.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter