Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Simak! Hari Ini KPU Bakal Umumkan Hasil Pemilu

 

KPU bakal Umumkan hasil pemilu hari ini
KPU bakal Umumkan hasil pemilu hari ini
(Dok. Istimewa)

SwaraWarta.co.id - Pada Senin (18/3/2024), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan segera mengumumkan hasil dari pemilu setelah merampungkan rekapitulasi suara pada lima provinsi terakhir di Indonesia. 

Kelima provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Maluku, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Barat Daya. 

Dengan rampungnya rekapitulasi suara di kelima provinsi tersebut, maka KPU telah menyelesaikan rekapitulasi di total 38 provinsi di Indonesia.

Setelah selesai, KPU akan langsung menetapkan dan mengumumkan hasil Pemilu 2024

“Prinsipnya ketika semua sudah selesai maka langsung akan ditetapkan oleh Ketua KPU RI,” kata Komisioner KPU Idham Holik, Minggu (17/3/2024) malam.

Pada Senin pagi, tim KPU Jawa Barat dijadwalkan tiba di Kantor KPU Pusat, sedangkan KPU Provinsi Papua Barat Daya akan tiba pada Senin siang sekitar pukul 12.00 WIB. 

Selanjutnya, tim dari Papua dan Papua Pegunungan akan tiba pada pukul 19.00 WIB. Untuk tim dari Provinsi Maluku, dijadwalkan tiba pada pukul 20.00 WIB.

Sampai saat ini, KPU baru menyelesaikan rekapitulasi suara untuk Pemilu 2024 tingkat nasional di 32 provinsi di Indonesia. 

Pada malam yang sama, KPU akan menggelar rekapitulasi suara untuk Provinsi Papua Tengah, sehingga total provinsi yang rampung pada hari itu menjadi 33 provinsi.

Dari catatan Kompas.com, untuk Pemilu Presiden, pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Gibran unggul di 30 provinsi. 

Sementara itu, pasangan Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar unggul di dua provinsi, yakni Aceh dan Sumatera Barat. 

Hingga saat ini, belum terlihat pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD unggul di provinsi mana pun.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter