Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

7 Tempat Wisata di Banjarmasin Paling Banyak Dikunjungi

Tempat Wisata di Banjarmasin
Pasar Apung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Tempat Wisata di Banjarmasin cenderung didominasi oleh wisata alam yang berupa perairan sungai maupun tepian sungai yang besar dan ramai.

Tempat Wisata di Banjarmasin sangat mengikuti kontur alam yang tentunya memiliki banyak sungai-sungai besar yang menjadi nadi masyarakat sekitarnya.

Tempat Wisata di Banjarmasin tentunya memiliki keunikannya sendiri dan bisa jadi ciri khas yang paling banyak diingat karena berbeda dengan destinasi wisata daerah lainnya pada kebanyakan.

Namun, tempat wisata di Banjarmasin tidak melulu pula berada di sungai, ada wisata alternatif lainnya semisal bangunan-bangunan bersejarah, cagar budaya, serta wisata alam lainnya yang juga tidak kalah seru untuk dikunjungi.

Banjarmasin sangat terkenal sebagai Kota Seribu Sungai yang karena di wilayah tersebut sangat banyak dilalui oleh sungai-sungai besar maupun kecil.


7 Tempat Wisata di Banjarmasin


Kota Banjarmasin terkenal akan pasar apungnya yang merupakan tempat roda perekonomian berputar di sana.

Meski pasar terapung sejatinya tempat transaksi jual dan beli, keberadaannya mampu menjadi penarik perhatian para wisatawan untuk datang berkunjung.

Selain pasar terapung, tentunya ada tempat-tempat lain yang layak untuk dikunjungi oleh para pecinta dunia traveling.

1. Wisata Pasar Terapung Lok Baintan


Tempat Wisata di Banjarmasin
Pasar Terapung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat wisata di Banjarmasin yang pertama dan  banyak dikunjungi oleh para pengunjung lokal maupun luar daerah adalah Pasar Terapung Lok Baintan.

Pasar Terapung yang berada di kawasan Sungai Martapura ini memang begitu terkenal di kalangan masyarakat.

Pasar terapung ini jaraknya sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Banjarmasin sehingga masih bisa diakses dengan mudah.

Lokasi tepatnya sendiri berada di kawasan jalan Sungai Martapura, Sungai Tandipah, Kalimantan Selatan.

Di tempat ini para pengunjung bisa merasakan sensasi transaksi jual beli secara langsung di atas perahu. Di sini banyak penjual dan pembelinya.

Bukan hanya transaksi jual beli saja yang dilakukan, terkadang di antara penjual dan pembeli masih menerapkan aturan barter.

Komoditas jualannya sendiri meliputi makanan-makanan pokok, kebutuhan rumahtangga, sayur-sayuran, buah-buahan, juga komoditas lainnya.


2. Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin


Sama halnya dengan Pasar Terapung Lok Baintan, di pasar terapung ini pun digemari para pengunjung. Biasanya para pengunjung ingin merasakan langsung bertransaksi dengan para pedagang.

Muara Kuin menjadi Pasar Terapung paling terkenal di antara pasar terapung lainnya di sekitaran Banjarmasin.

Pasar Terapung Muara Kuin ini merupakan pasar apung paling bersejarah karena sudah ada semenjak jaman dulu.

Jadi kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke Banjarmasin tetapi tidak berkunjung dulu ke Muara Kuin ini.

Sepertinya namanya, pasar terapung ini berada di kawasan Jalan Kuin Utara, Kelurahan Kuin Selatan, Banjarmasin Barat.

Di sini transaksi penjualan dilakukan di atas perahu atau sejenis sampan dengan menjual aneka kebutuhan pokok sehari-hari.

3. Jembatan Barito


Tempat Wisata di Banjarmasin
Sungai Barito - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Banjarmasin berikutnya adalah Jembatan Barito.

Jembatan Barito ini memiliki panjang bangunan kurang lebih 1 kilometer yang berdiri di atas sungai Barito.

Jembatan ini merupakan penghubung dua wilayah di Kalimantan yakni antara sisi barat Sungai Barito dan juga sisi bagian timurnya.

Jembatan Barito ramai dikunjungi kala sore hari atau menjelang terbenamnya matahari.

Karena di tempat ini pada saat matahari hendak tenggelam akan terlihat sangat cantik dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Dari pusat Kota Banjarmasin untuk tiba di Jembatan Barito hanya membutuhkan waktu tempuh perjalanan, kurang dari setengah jam saja.

Yang suka berpetuang dengan kuliner, tidak usah kuatir karena di sepanjang jalan di tempat ini menghadirkan banyak-banyak kios makan yang menyiapkan menu andalan khas Kota Banjarmasin.


4. Taman Siring Sungai Martapura


Masih dari objek wisata kawasan sungai, tempat wisata Banjarmasin berikutnya adalah Taman Siring di daerah Sungai Martapura.

Taman Siring merupakan wisata di Kota Banjarmasin yang letaknya di Kawasan Jenderal Sudirman juga Jalan Tendean.

Tempat ini berada di tepian Sungai Martapura yang di mana di lokasi ini para wisatawan bisa dengan leluasa menyaksikan aktivitas perahu Jukung yang merupakan perahu khas Banjarmasin, berlalu-lalang di atas permukaan air sungai.

Selain bisa menikmati pemandangan alam di sekitar sungai, bagi para penghobi msncing, sepertinya tempat ini sangat cocok untuk menyalurkan hasrat menangkap ikannya.

Selain bisa memancing, di lokasi ini akan banyak ditemukan gerai-gerai makanan yang sangat berguna bagi wisatawan yang sedang kelaparan.


5. Museum Wasaka


Bergeser dari wisata sungai dan tepian sungai, tempat wisata di Banjarmasin selanjutnya adalah tempat wisata yang berupa bangunan museum.

Bangunan museum ini bernama Wasaka yang adalah kepanjangan dari Waja Sampai Kaputing.

Waja Sampai Kaputing merupakan kalimat motto saat dahulu sedang berada di dalam perang pergolakan.

Ini merupakan motto perjuangan rakyat Banjarmasin.

Berada di kawasan Jalan H. Andir, Banjarmasin Utara.

Museum Wasaka ini memiliki arsitektur bangunan berupa bangunan adat khas Banjarmasin yang berbentuk bangunan panggung dengan arsitektur bentuk atap yang meninggi.

Di dalam museum ini para pengunjung bisa melihat barang-barang bersejarah yang pernah dipergunakan pada zaman dulu di masa perjuangan dan peperangan untuk melawan penjajah.

Di museum ini terdapat beberapa koleksi bersejarahnya, dari mulai foto-foto, seragam perjuangan, unit mesin tik, hingga perkakas senjata yang pernah digunakan untuk berperang.

Museum Wasaka buka hampir setiap hari dimulai pada pukul 08.30 pagi dan tutup pada pukul 12.30 siang, dengan catatan hari libur nasional dan hari senin, museum ini tidak buka.

6. Pulau Kembang



Tempat wisata di Banjarmasin berikutnya adalah lagi-lagi tempat wisata yang letaknya berada di kawasan sungai, atau lebih tepatnya di Kawasan Sungai Barito.

Pulau Kembang letaknya berada di bagian tengah Sungai Barito.

Layaknya sebuah pulau di lokasi ini banyak ditumbuhi oleh tanaman dan juga pohon-pohon yang menjulang.

Pulau Kembang adalah habitat fauna asli Kalimantan yang menurut rumar yang beredar ada seekor monyet besar yang menguni pulau ini dan konon katanya monyet besar tersebut adalah raja monyet di wilayah tersebut.

Bukan hanya habitat monyet, Pulau Kembang merupakan juga habitat dari banyak spesies burung endemik Pulau Kalimantan.

Berada 1,5 kilometer dari pusat Kota Banjarmasin Pulau Kembang banyak dikunjungi orang dengan tiket masuk hanya seharga Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal Indonesia, tetapi untuk turis asing dihargai dengan tarif Rp. 25.000.

7. Pasar Intan Martapura


Selanjutnya di tempat wisata di Banjarmasin adalah Pasar Intan Martapura.

Seperti diketahui, Martapura sangat terkenal dengan industri pengolahan intannya.

Letaknya ada di kawasan Jalan Ahmaeld Yani Martapura. Bila berangkat dari pusat Kota Banjarmasin, pengunjung hanya butuh melakukan perjalanan sekitar 45 kilometer saja untuk sampai di pasar ini.

Pasar ini adalah pusatnya batu permata di Banjarmasin atau mungkin juga di Indonesia. Di sini terdapat banyak sekali kios yang menjual aneka jenis batu permata.

Bagi para kolektor batu permata sepertinya cocok kalau mau datang ke Pasar Intan Martapura ini.

Itulah 7 Tempat Wisata di Banjarmasin yang paling banyak dikunjungi. Sebenarnya bukan hanya 7 tempat ini saja. Masih banyak tempat-tempat cantik lainnya.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.