Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Ingin Tahu Tempat Wisata di Payakumbuh yang Lagi Hits? Berikut Daftar Referensinya

Tempat Wisata di Payakumbuh
Tempat Wisata di Payakumbuh

SwaraWarta.co.id - Bukan hanya di Padang, Tempat Wisata di Payakumbuh tidak kalah menariknya untuk dikunjungi bila Anda sedang berwisata di Sumatera Barat.

Tempat Wisata di Payakumbuh menyajikan bentang alam yang sangat cantik, indah, juga memiliki nuansa hijau yang sejuk dan alami.

Tempat Wisata di Payakumbuh didominasi oleh wisata yang berupa alam bebas, baik dari mulai gunung, bukit, lembah ataupun ngarai.

Sebagai salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, Payakumbuh tentu saja terus berbenah agar daerahnya terus bisa menghasilkan devisa.

5 Tempat Wisata di Payakumbuh yang Lagi Hits

Kota Payakumbuh memiliki bentang alam yang cantik yang tentu saja bisa dijadikan destinasi wisata alternatif untuk sekadar tempat melepas lelah di tengah himpitan rutinitas yang bisa membuat stress.

Tercatat ada banyak tempat wisata di Payakumbuh yang direkomendasikan untuk dikunjungi, tetapi kami akan merangkumnya menjadi sepuluh lokasi saja. Mari kita simak satu per satu. 

Objek Wisata Bukik Bulek Taram

Bukik Bulek Taram
Bukik Bulek Taram

Tempat wisata di Payakumbuh ini merupakan objek wisata berupa sebuah bukit dengan topografi yang unik. Yakni memiliki bentuk yang tidak biasa.

Bukik Bulek Taram merupakan sebuah bukit yang memiliki bentuk lonjong, yang menyembul di antara rawa-rawa yang mengelilinginya.

Untuk rawa-rawanya sendiri terlihat datar sehingga bukitnya sendiri terlihat menonjol atau mencuat dari balik rawa-rawa.

Objek wisata ini banyak dikunjungi karena keunikan serta keindahannya. 

Di era digital ini sepertinya objek wisata di Payakumbuh ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang sangat instagramable, bukan hanya itu keindahan alam Bukik Bulek Taram juga bisa dijadikan lokasi untuk membuat konten.

Lokasinya sendiri terletak di kawasan Nagari Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Nama objek wisatanya sendiri adalah penamaan dari nama daerah tempat objek wisata ini berada, yakni Nagari Taram.

Ada banyak spot yang bisa dijadikan tempat foto-foto, salah satunya yang berupa hamparan datar yang ditumbuhi rumput-rumput hijau pada bagian kaki bukitnya.

Ini tentunya menjadi lanskap favorit bagi para pengunjung yang datang ke bukit ini.

Dari Kota Payakumbuh, objek wisata Bukik Bulek Taram hanya berjarak sekitar 9,5 km saja. Untuk akses menuju ke tempat tujuan bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Kelok 9

Kelok 9
Kelok 9

Sebenarnya bukan tempat wisata pada kebanyakan, melainkan hanya berupa lintasan jalan raya yang memiliki keunikan tersendiri.

Membelah area perbukitan dan juga lembah yang hijau, Kelok 9 adalah lintasan jalan penghubung Trans Sumatera yang memadukan tiga unsur lintasan yakni jalan biasa, jalan layang, juga jembatan.

Dibangun pada tahun 2013 yang lampu, Kelok 9 merupakan jalan penghubung yang menyatukan dua provinsi yakni Sumatera Barat juga Provinsi Riau.

Kelok 9 tepatnya berada di kawasan Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kelok 9 menyajikan bentang alam yang cantik di mana di beberapa bagian bahu jalan disediakan spot untuk berfoto sambil istirahat di tengah perjalanan.

Di spot tersebut para pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang tebing, bukit, lembah yang menghijau tidak ketinggalan konstruksi bangunan jalannya yang juga tidak kalah cantik.

Kelok 9 menjadi daya tarik Kota Payakumbuh hingga tidak salah bila dijadikan ikon dari daerah tersebut.

Padang Mangateh

Padang Mangateh
Padang Mangateh

Mau liburan ke tempat yang sejuk dengan hamparan rumput hijau seraya menyaksikan sapi-sapi yang sedang merumput untuk makan?

Kalau mau, datang saja ke Padang Mangateh, sebuah tempat yang hijau yang akan mengingatkan kita pada peternakan sapi yang asri di kawasan Selandia Baru.

Tak salah memang bila membandingkan Padang Mangateh dengan Selandia Baru, karena konturs bentang alamnya memang mirip-mirip dengan negara tersebut.

Terletak 13 km dari pusat Kota Payakumbuh, Padang Mangateh bisa ditempuh dengan berkendara kurang lebih selama 30 menitan saja.

Padang Mangateh sendiri merupakan hamparan padang rumput luas yang digunakan sebagai tempat peternakan sapi.

Berdasarkan sejarahnya, objek wisata ini dulunya merupakan sebuah lahan yang diperuntukkan bagi peternakan kuda.

Peternakan tersebut beroperasi pada tahun 1916, akan tetapi selang 20 tahun setelahnya berubah fungsi menjadi peternakan sapi, atau lebih tepatnya pada tahun 1936.

Lokasi Padang Mangateh terletak di kaki Gunung Sago, sehingga suasananya menyajikan tempat yang hijau, asri, berhawa sejuk sekaligus menenangkan.

Yang ingin berwisata dengan suasana khas pegunungan dan pedesaan, Padang Mangateh sangat cocok untuk dikunjungi.

Lembah Harau

Lembah Harau
Lembah Harau

Seperti namanya, objek wisata ini merupakan sebuah lembah atau ngarai yang menyajikan pemandangan alam yang sangat cantik. 

Para pelancong yang datang akan disajikan kecantikan bentang alam yang menghijau menyejukkan mata sejauh mata memandang.

Terletak di kawasan Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, lokasi ini dapat ditempuh dari pusat Kota Payakumbuh dalam jarak sekitar 14 km saja untuk sampai di tempat tujuan.

Bentang alam Lembah Harau menyajikan persawahan yang menghijau serta pohon-pohon yang sama hijaunya dengan diapit oleh tebing-tebing tinggi yang memiliki ketinggian rata-rata kurang lebih  500-an meter.

Luas lokasinya sendiri mencapai angka 270, 50 hektar.

Bukan hanya bisa menikmati keindahan alam yang hijau, di Lembah Harau ini juga para pengunjung bisa menikmati hal lainnya semisal keberadaan batu-batuan purba yang ada di lokasi wisata.

Dan yang tak kalah menariknya adalah keberadaan tujuh air terjun yang berada di sekitar lokasi wisata semakin menambah kecantikan tempat ini.

Meski tidak mirip seratus persen, Lembah Harau digadang-gadang menyerupai tempat di Amerika Serikat sana yang dinamai Lembah Yosemite.

Lembah Yosemite sendiri terletak di kawasan Taman Nasional Yosemite yang ada di kawasan negara bagian California di Amerika Serikat.

Keindahan Lembah Harau begitu fenomenal hingga gaungnya terdengar hingga ke mancanegara hingga turis asing pun banyak berdatangan ke tempat ini.

Sago Park

Sago Park
Sago Park

Tempat wisata Kota Payakumbuh berikutnya adalah Sago Park. Tempat wisata ini bisa dikatakan merupakan objek wisata yang baru terdengar gaungnya.

Namun keberadaannya sempat menjadi perbincangan hangat di kawasan Payakumbuh dan sekitarnya. Sago Park pernah menjadi buah bibir pada kali pertama kemunculannya.

Orang-orang banyak berdatangan sekadar penasaran dengan keindahan objek wisata ini. 

Untuk lokasi Sago Park sendiri berada di Kecamatan Situjuah Limo Nagari yang merupakan bagian dari Kabupaten Lima Puluh Kota. 

Bila kalian sedang berada di Kota Payakumbuh, maka perjalanan akan dilanjutkan selama lebih kurang 15 km lagi untuk tiba di lokasi tujuan.

Sebagai informasi, objek wisata Sago Park pada mulanya hanya merupakan sebuah tempat tinggal, akan tetapi seiring berjalannya waktu lokasi ini kemudian disulap menjadi objek wisata menarik bagi para penyuka petualangan dan tempat wisata menarik.

Bagaimana kalian penasaran dengan kelima tempat wisata di Payakumbuh tersebut di atas? Kalau iya, mari berkemas dan berangkat!




Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.