Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Balon Udara Siap Hiasi Langit Pekalongan pada Puncak Syawal

Balon Udara Siap Hiasi Langit Pekalongan pada Puncak Syawal
Festival balon udara di Pekalongan (Dok. Ist)


 SwaraWarta.co.id - Di Pekalongan, akan diadakan Festival Balon Tambat 2024 yang akan memamerkan puluhan balon udara tambat. 

Sebelum itu, ada lomba balon tambat dan akan dipamerkan saat puncak syawalan, yaitu satu minggu setelah lebaran. 

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengharapkan festival balon tambat ini dapat menghentikan aktivitas masyarakat yang mengudarakan balon udara liar yang dapat membahayakan lalu lintas penerbangan serta orang lain. 

Baca Juga:

Lebaran H+2, Wilayah Jawa Timur Diguyur Hujan Sejak Siang

"Ya, festival balon tambat ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya pemerintah agar masyarakat tidak menerbangkan balon udara secara liar yang dapat membahayakan penerbangan maupun membahayakan orang lain," kata Aaf, sapaan akrab HA Afzan Arslan Djunaid pada awak media, Selasa (16/04).

"Budaya dan tradisi itu (balon udara) tetap bisa dilestarikan tetapi dengan mempertimbangkan keselamatan semuanya," jelasnya

Pemenang lomba balon tambat akan ditentukan berdasarkan kreativitas peserta dalam memperlihatkan keindahan balon tambat milik mereka. 

Selain itu, pihak terkait juga akan terus melakukan edukasi dan pencegahan pada masyarakat luas, terkait bahayanya mengudarakan balon udara. 

Baca Juga:

Unik, Warga di Muarojambi Rayakan Lebaran dengan Pawai Topeng Labu

Festival balon tambat ini diharapkan dapat melestarikan budaya dan tradisi masyarakat setempat dengan mempertimbangkan keselamatan semua orang.

"Ada beberapa kriteria penilaian pemenang lomba festival balon tambat ini yakni dilihat dari segi estetika/keindahan balon, penerbangan balon secara aman, menggunakan tungku ramah lingkungan dan kebersihan, dan kekompakan/kerjasama tim," ungkapnya



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter