Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Bumbu Ungkep Ayam Sederhana yang Cocok untuk Anak Kos

Bumbu Ungkep Ayam Sederhana yang Cocok untuk Anak Kos
Ayam ungkep (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Ayam adalah bahan makanan yang banyak disukai dan lebih terjangkau dibandingkan dengan daging sapi atau kambing. 

Selain harganya yang terjangkau, ayam juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti zat besi yang dapat meningkatkan sistem imun dan menjaga kolesterol.

Baca Juga:

Haka Dimsum Menu Paling Enak, Dijamin Ketagihan

Mengolah ayam menjadi hidangan yang lezat dan praktis sangat mudah dilakukan, terutama dengan bumbu-bumbu tradisional. 

Selain digoreng atau dibakar, ayam juga dapat dimasak dengan berbagai aroma dan cita rasa, salah satunya adalah dengan cara diungkep.

Ayam ungkep menjadi salah satu hidangan populer Indonesia yang dihasilkan dengan bumbu-bumbu Nusantara. 

Resep Ayam Ungkep yang Mudah Ditiru 

Bumbu Ungkep Ayam Sederhana yang Cocok untuk Anak Kos
Ayam ungkep (Dok. Ist)

Ayam yang empuk direndam dalam bumbu dasar bawang merah dan bawang putih serta rempah-rempah, sehingga bumbu meresap ke dalam daging ayam. 

Setelah diungkep, ayam bisa langsung dimakan atau digoreng lagi jadi ayam goreng ungkep.

Untuk menyajikan hidangan ini di rumah, berikut beberapa resep ayam ungkep yang dapat diikuti:

Baca Juga:

Ngopi di Warung Pinggir Jalan Malam Hari Yogyakarta

1. Ayam Ungkep Goreng 

Ayam ungkep goreng hanya memerlukan bahan-bahan seperti ayam ras, jeruk nipis, garam, air kelapa, dan bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, kunyit bubuk, merica, dan garam. 

Cara memasaknya adalah dengan merebus ayam dengan bumbu halus dan air kelapa hingga air menyusut lalu digoreng sebentar.

2. Ayam Ungkep Bumbu Kuning 

Ayam ungkep bumbu kuning memerlukan bahan-bahan seperti ayam, daun salam, serai, kunyit, ketumbar, kemiri, bawang putih, jahe, laos, garam, kaldu, gula pasir, dan air. 

Bahan-bahan direndam dalam air dan bumbu halus selama 1 jam, kemudian direbus hingga matang dengan daun salam dan serai.

3. Ayam Ungkep Bumbu Lengkuas

Ayam ungkep bumbu lengkuas memerlukan bahan-bahan seperti ayam, lengkuas, daun jeruk, daun salam, sereh, dan bumbu halus seperti kemiri, ketumbar, bawang putih, kunyit, dan garam. 

Baca Juga:

Cabang Lawson Semarang Dimana Saja? Ini Alamatnya!

Bahan dimasak bersama dalam air dan direbus hingga air menyusut. Ayam tiriskan dan bisa dimasak sesuai selera.

4. Ayam Ungkep Kecap. 

Ayam ungkep kecap memerlukan bahan-bahan seperti ayam, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar, lada, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, garam, gula pasir, air, kecap manis, saus sambal, dan bawang bombay. 

Semua bahan dimasak dalam wajan hingga matang dan bumbu meresap pada ayam.

5. Ayam Bakar Ungkep Madu

Ayam bakar ungkep madu hanya memerlukan minyak goreng, madu, bahan bumbu halus seperti bawang merah, lada bubuk, garam, bawang putih, ketumbar, kecap asin, jahe, air, dan kecap manis untuk memanggang ayam sampai matang.

Baca Juga:

Rekomendasi Menu Prasmanan Sederhana Tapi Mewah, Dijamin Hemat!

Coba resep ayam ungkep ini di rumah dan nikmati hidangan lezat bersama keluarga. Selain itu, hidangkan ayam ungkep dengan nasi hangat. 

Ketika menyajikan ayam ungkep, Kamu bisa menambahkan berbagai garnis. Hal ini bertujuan agar nafsu makan semakin meningkat. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter