Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Membuat Kerupuk Nasi yang Renyah juga Garing, Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Kerupuk Nasi
Kerupuk Nasi - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Nasi, yang sering dianggap sebagai makanan pokok dalam berbagai Budaya, ternyata memiliki potensi yang luar biasa untuk diolah menjadi camilan yang lezat dan bergizi, salah satunya adalah kerupuk, yang Cara Membuat Kerupuk Nasi-nya akan dibahas berikut ini.

Jadi, jika Anda menemukan diri Anda dengan sisa nasi di rumah, jangan segera membuangnya, mending siap-siap dan perhatikan Cara Membuat Kerupuk Nasi berikut.

Manfaatkanlah nasi tersebut untuk menghasilkan kerupuk nasi yang gurih serta renyah yang pastinya akan disukai oleh semua orang di keluarga Anda.

Proses pembuatan kerupuk nasi terbilang mudah dan sederhana, juga tentunya hanya memerlukan sedikit bahan.

Anda hanya membutuhkan beberapa bahan dasar saja yang harus dipersiapkan dan juga langkah-langkah sederhana untuk membuat camilan yang nikmat ini di rumah.

Untuk hal pertama yang harus diperhatikan, pastikan nasi yang akan Anda gunakan sudah dingin.

Nasi yang telah dingin tentu saja akan lebih mudah untuk diolah dan akan memberikan hasil kerupuk yang lebih baik.

Setelah Anda memiliki nasi yang siap, langkah berikutnya adalah menghaluskannya, bisa dengan blender atau manual dengan cara ditumbuk.

Anda dapat menggunakan blender atau tumbuk untuk mengubah nasi menjadi butiran-butiran kecil.

Pastikan konsistensinya tidak terlalu halus atau terlalu kasar, karena ini akan memengaruhi tekstur akhir dari kerupuk nasi Anda.

BACA JUGA: Dijamin Ketagihan, Ini Resep Risol Mayo yang Cocok dijadikan ide Jualan

Cara Membuat Kerupuk Nasi


Cara Membuat Kerupuk Nasi
Kerupuk Nasi - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Jadi, untuk lebih jelasnya mari kita simak selengkapnya tahapan-tahapanya.

1. Bahan-Bahan yang Harus Disediakan Terlebih Dahulu


Dalam hal ini, untuk menghasilkan kerupuk nasi yang gurih, Lezat serta garing, dan hasilnya sesuai keinginan, Anda hanya memerlukan sejumlah bahan yang harus disediakan yang tentunya bahan-bahan tersebut adanya tidak jauh-jauh dari dapur Anda.

Proses pembuatannya tidaklah rumit, tetapi hasil akhirnya akan memberikan camilan yang gurih dan renyah yang pasti akan disukai oleh seluruh keluarga Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk nasi adalah sebagai berikut:

- 1 mangkuk nasi putih yang sebelumnya telah direndam terlebih dahulu selama kurang lebih2 jam, angkat dari rendaman untuk kemudian ditiriskan.

- Siapkan juga 1 mangkuk tepung tapioka untuk campuran bahan kerupuk agar hasilnya renyah dan garing

- 5 siung bawang putih ukuran sedang, geprek untuk kemudian haluskan.

- 1 sendok teh ketumbar bubuk untuk penambah aroma yang memikat

- Jangan lupa siapkan garam secukupnya, sesuai selera

- dan terakhir adalah air secukupnya sebagai medi pencampur.

BACA JUGA: Resep Es Campur Lezat Bikin Momen Buka Puasa Makin Nikmat


2. Proses Cara Pembuatan Kerupuk Nasi


Cara Membuat Kerupuk Nasi
Kerupuk Nasi - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Setelah menyediakan bahan-bahan di atas, langkah selanjutnya adalah prosesi pembuatannta, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kerupuk nasi yang gurih dan renyah:

- Haluskan nasi putih

Untuk menghaluskan nasinya sendiri bisa menggunakan blender atau secara manual dengan ditumbuk untuk tekstur lebih kasar dibanding hasil blenderan.

Jika proses blender terasa berat, tambahkan sedikit air untuk membantu proses ini.

Pastikan nasi benar-benar halus dan tanpa gumpalan.

- Tambahkan bumbu:

Setelah nasi terasa halus, tambahkan bawang putih, ketumbar, dan garam secukupnya ke dalam blender.

Kemudian lanjutkan ngeblendernya dan pastikan semua bahan bisa tercampur sempurna, hal ini tentunya membutuhkan waktu beberapa menit.

Proses ini biasanya akan memberikan aroma,tekstur, dan rasa yang khas pada kerupuk nasi yang Anda buat.

- Proses pencampur dengan bahan penunjang yakni tepung tapioka:

Yang harus dilakukan berikutnya adalah memindahkan adonan yang sudah halus dan tercampur sempurna tadi, ke dalam sebuah wadah yang sesuai untuk tahapan proses berikutnya.

Lalu nasukkan tepung tapioka tersebut perlahan-lahan sedikit demi sedikit seraya terus diaduk, untuk memastikan adonan pas hingga menjadi kalis.

Untuk hasil yang sempurna, pastikan untuk menggunakan tangan yang sudah diolesi dengan tepung agar adonan tidak lengket.

BACA JUGA: Resep Kue untuk Pengajian dijamin Orang Lain Pasti Suka!

- Bentuk adonan:

Setelah adonan dirasa kalis, bentuklah adonan tersebut menjadi silinder seperti lontong. Ini akan memudahkan proses perebusan selanjutnya.

- Rebus adonan:

Setelah dibentuk silinder, langkah berikutnya adalah mendidihkan air di panci, untuk lalu merebus adonan kerupuk nasi hingga mengambang.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses perebusan ini durasi yang dibutuhkan sekurangnya sekitar lima menit saja. Setelah adonan rebusan mengambang, kemudian angkat adonan untuk lantas ditiriskan beberapa kejap.

- Pemadatan:

Untuk proses berikut adalah menyimpan adonan dalam lemari es semalaman untuk memadatkannya.

Ini tentunya akan membantu kerupuk nasi memiliki tekstur yang lebih renyah dan kering saat digoreng.

- Potong dan keringkan:

Berikutnya, setelah adonan memadat, potonglah adonan menjadi tipis-tipis sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelahnya, jemurlah potongan-potongan kerupuk nasi hingga benar-benar kering.

Untuk roses pengeringan ini sendiri tentulah bisa dilakukan dengan dua opsi; untuk yang pertama dijemur di bawah sinar matahari terik atau bisa pula menggunakan alat bantuan misalnya dengan menggunakan oven dengan pengaturan di suhu yang rendah.

- Tahap Penggorengan untuk hasil yang garing dan renyah

Tahap penggorengan bisa dilakukan setelah potongan kerupuk yang dijemur sudah kering sempurna, setelah hal itu sudah dipastikan, kerupuk nasi ini tentunya siap untuk digoreng dan dinikmati.

Untuk menggorengnya pun ada teknik tertentu, yakni panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang hingga cukup panas, lalu goreng kerupuk nasi hingga mengembang dan berwarna keemasan.

BACA JUGA: Nasi Langsung Ludes dengan 2 Resep Ceker Mercon Ini

Bila langkah-langkah tersebut diikuti dengan cermat dan saksama, tentunya hasil yang didapat dari proses pembuatan kerupuk Anda dari awal hingga akhir akan mendapatkan hasil yang maksimal; kerupuk nasi yang garing, gurih, serta renyah di rumah dengan sangat mudah.


3. Tips Tambahan Membuat Kerupuk Nasi


Ada terdapat beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memasak kerupuk nasi agar rasanya lebih mantap. Berikut adalah tips-tips tersebut:

- Upayakan untuk memanfaatkan nasi sisa yang sudah dingin, dengan menggunakan nasi sisa yang telah dingin dimaksudkan agar  membuatnya lebih mudah untuk diolah.

Bukan hanya itu, nasi yang dingin cenderung memiliki tekstur yang lebih kering, tentunya akan membantu proses penghalusan dan pembentukan kerupuk.

- Lama penjemuran sekitar 1-2 hari untuk hasil maksimal. Setelah adonan kerupuk dibentuk, biarkan kerupuk untuk tergarang sempurna di bawah sinar matahari selama 1-2 hari, tergantung pada intensitas sinar matahari.

Proses ini sangat penting untuk mengeringkan kerupuk secara menyeluruh sehingga menghasilkan tekstur yang renyah ketika digoreng.

- Pastikan kerupuk dijemur hingga benar-benar kering. Pengeringan kerupuk merupakan hal yang memiliki tahap kunci utama dalam proses pembuatan kerupuk nasi ini.

Hal ini tentunya dengan memastikan kerupuk dijemur hingga benar-benar kering secara merata permukaan atas dan bawahnya, dan tentu saja tidak ada bagian yang masih lembap.

Kerupuk yang tidak cukup kering bisa menjadi lembek ketika digoreng dan kurang mekar hasilnya, sehingga mengurangi kualitas akhirnya.

- Tambahkan cabai bubuk instan untuk rasa lebih pedas. Ini bisa jadi opsi tambahan bila Anda menyukai rasa pedas.

Anda bisa menambahkan cabai bubuk instan ke dalam adonan kerupuk sesuai selera dan level kepedasan yang diinginkan.

Hal ini tentu saja akan memberikan sentuhan pedas yang menyenangkan dan meningkatkan kelezatan kerupuk nasi Anda.

Dengan menjalankan tips-tips di atas tahap demi tahap, tentunya Anda dapat meningkatkan kualitas serta kelezatan kerupuk nasi yang Anda ciptakan di rumah dalam versi sendiri.

Semoga resep Cara Membuat Kerupuk Nasi di atas bermanfaat, Selamat mencoba.


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.