Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Menggabungkan File PDF, No Anti-anti Ribet!

 

Cara menggabungkan file PDF
Cara menggabungkan file PDF

SwaraWarta.co.id - Pernahkah Anda memiliki beberapa file PDF terpisah dan ingin menggabungkannya menjadi satu dokumen?

Mungkin Anda memiliki kwitansi, kontrak, dan bukti transfer yang ingin dijadikan satu file untuk memudahkan pelaporan.

Tenang, ada beberapa cara menggabungkan file PDF kini mudah dilakukan, bahkan bisa dilakukan secara online!

Opsi Online: Praktis dan Cepat, Cara Menggabungkan File PDF

Ada beberapa situs web gratis yang menawarkan fitur untuk menggabungkan file PDF. Berikut langkah umumnya:

  1. Kunjungi situs web penggabung PDF. Beberapa situs populer seperti Smallpdf [smallpdf com id], iLovePDF [ilovepdf com], dan PDF24 Tools [pdf24 tools merge pdf] menawarkan fitur ini secara gratis.

  2. Upload file PDF. Biasanya Anda bisa menggunakan fitur drag-and-drop untuk menyeret file PDF yang ingin digabungkan ke kotak yang disediakan. Beberapa situs juga memungkinkan Anda memilih file langsung dari komputer.

  3. Atur Urutan (Opsional). Jika Anda ingin mengatur urutan file PDF yang digabungkan, beberapa situs menyediakan fitur drag-and-drop untuk memindahkan posisi file sesuai keinginan.

  4. Gabungkan File. Klik tombol "Gabungkan" atau sejenisnya untuk memulai proses penggabungan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

  5. Unduh File Gabungan. Setelah proses selesai, Anda bisa mengunduh file PDF hasil gabungan tersebut ke komputer Anda.

Keamanan: Untuk dokumen penting, pastikan situs web yang Anda gunakan memiliki kebijakan keamanan yang baik. Sebaiknya hindari situs web yang tidak dikenal.

Opsi Offline: Menggunakan Software

Jika Anda lebih nyaman menggunakan software, beberapa program seperti Adobe Acrobat Pro dan Foxit PhantomPDF memiliki fitur untuk menggabungkan file PDF.

Umumnya caranya mirip dengan metode online, yaitu membuka software, memilih menu "Combine" atau sejenisnya, memilih file PDF yang diinginkan, dan menyimpan hasil gabungan.

Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan cara-cara di atas, Anda tidak perlu lagi repot mengurus file PDF yang terpisah-pisah.

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter