Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Mitos atau Fakta, Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan? Ini Jawabannya!


Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan? Ini Jawabannya!
Anak latihan jalan (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id
- Seringkali orang tua yang baru memiliki anak ingin melihat si kecil cepat berjalan sehingga muncul berbagai macam mitos dan kepercayaan seperti konsumsi daun kemangi dapat mempercepat perkembangan anak berjalan. 

Namun, menurut penelitian, tidak ada bukti medis yang mendukung bahwa daun kemangi dapat membuat anak cepat berjalan. 

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memahami fakta dan informasi yang benar tentang bagaimana cara mengembangkan kemampuan fisik anak agar bisa berjalan dengan baik dan benar.

Selain sebagai bahan tambahan masakan, daun kemangi memang memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. 

Kandungan vitamin dan mineral dalam daun kemangi seperti vitamin A, vitamin K, kalsium, besi, dan mangan dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Selain itu, kemangi juga menyehatkan jantung, memperkuat sistem imun, serta melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Daun kemangi juga memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan lainnya.

Namun, meskipun daun kemangi memiliki banyak manfaat, belum ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa konsumsi daun kemangi dapat mempercepat perkembangan fisik anak terutama dalam hal berjalan. 

Saat ini kemampuan fisik anak dipengaruhi oleh faktor berbagai faktor, seperti lingkungan, pola makan, serta faktor genetik yang dimiliki oleh setiap individu.

Maka dari itu, sebagai orang tua, perlu untuk mencari informasi yang benar dan tepat mengenai cara memfasilitasi dan memperbaiki perkembangan fisik anak agar bisa berjalan dengan baik dan benar. 

Cara Agar Anak Cepat Jalan 

Daun Kemangi Agar Anak Cepat Jalan? Ini Jawabannya!
Daun kemangi (Dok. Ist (


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak agar cepat berjalan, di antaranya adalah:

1. Bayi perlu belajar lebih awal 

Belajar lebih awal membuat Si Kecil lebih cepat berjalan. Jika Bunda ingin mempersiapkan bayi untuk mengambil langkah pertama mereka, buat mereka mencoba dan berdiri tegak dan mengambil langkah kecil ketika mereka berusia sekitar 7 bulan. 

Ini membantu membangun memori otot dan melatih bayi untuk berdiri tanpa penyangga. Perlahan, mereka akan dapat membuat langkah pertama mereka.

2. Biarkan Bayi Bertelanjang kaki 

Bunda mungkin khawatir lantai kotor, tetapi banyak dokter anak menyarankan agar bayi tetap bertelanjang kaki di tahun-tahun awal mereka. 

Menurut para ahli, tetap bertelanjang kaki membantu si kecil merasakan permukaan, mengembangkan postur tertentu yang mungkin tidak terjadi pada sepatu. 

Hal ini akan membantu mereka berdiri dengan sedikit dukungan, dan akhirnya cepat berjalan.

3. Motivasi dengan Cara yang Menyenangkan 

Bayi merespons dengan sangat baik terhadap alat bantu visual dan nada musik. Coba taruh mainan atau camilan favorit mereka agak jauh dari mereka terkadang bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk berjalan dan mengambil barang. 

Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa memainkan musik, ketukan sederhana, juga dapat mengasah keterampilan motorik bayi dan mengambil langkah pertamanya.

4. Tunjukkan Cara Berjalan yang Benar 

Meskipun bayi tidak dapat mempercepat atau berjalan dengan kecepatan Bunda, akan sangat membantu jika bunda menunjukkan kepada mereka cara berdiri tegak atau melangkah maju. 

Baca Juga:

Tanda-tanda Persalinan Tinggal Menghitung Hari, Pahami Mulai Sekarang!

Memegang lengan dan tangannya saat mereka mencoba dan berjalan dapat memotivasi anak. 

Bunda juga bisa mengajari mereka cara jongkok, berdiri, atau duduk di bangku kecil menggunakan penyangga punggung. 

Ini akan membantu menanamkan keseimbangan dalam tubuh mereka, yang dibutuhkan untuk mondar-mandir di ruangan.

5. Kurangi Menggendong Bayi Terlalu Lama 

Sebagai orang tua, Bunda mungkin terbiasa menggendong bayi dalam waktu lama. 

Namun, jika sudah waktunya, cobalah dan turunkan dan latih mereka untuk datang kepada Bunda. 

Digendong terus-menerus menurut para ahli terkadang bisa memperlambat tonggak berjalannya. Biarkan mereka mencoba dan menggunakan kaki mereka secara alami dan bersiap untuk mendapat dukungan.

Semua anak memiliki kemampuan fisik yang berbeda-beda, perlu waktu dan dukungan yang betul untuk mencapai kemajuan fisik dan perkembangan sesuai usianya. 

Oleh karena itu, kondisi kesehatan, lingkungan, kebiasaan, dan nutrisi sangat diperlukan untuk membantu tumbuh kembang anak. 

Dengan cara yang tepat dan baik, Si Kecil akan segera belajar berjalan dan menggapai mimpi dan harapan di kemudian hari.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter