Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Doa Nabi Khidir, dan 5 Keutamaan Doa

Nabi Khidir
Doa Nabi Khidir - SwaraWarta.co.id (Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Tidak hanya bekerja keras dalam upaya mencapai sesuatu yang Anda impikan, sangat dianjurkan juga untuk disertai dengan doa dan pengingat kepada Allah SWT, termasuk suka membaca Doa Nabi Khidir.

Hal ini karena rezeki yang baik diperoleh dengan izin dan keridhaan-Nya, termasuk dilakukan dengan cara berdoa.

Dari sekian banyak doa yang disarankan untuk diamalkan setelah selesai mendirikan sholat adalah doa Nabi Khidir.

Doa Nabi Khidir umumya dibacakan setelah selesai menuntaskan rakaat sholat yang barang tentu berharap bisa meraih segala hajat yang dicita-citakan dengan tentunya atas ridha dari Allah SWT.

Dala Al Quran Surat Al Kahfi pada ayat 60-65 ditambah ayat ke-82, dengan jelas menyiratkan bahwa Nabi Khidir merupakan salah satu dari sekian utusan Allah yang ditugaskan untuk menyebarkan kebenaran.

Meski memiliki banyak kelebihan juga kepandaian, Nabi Khidir tidak termasuk ke dalam 25 Nabi dan Rasul yang harus kita ketahui. Ini tentunya memiliki maksud tertentu bagi Allah. Wallahu alam.

Bukan hanya itu, doa Nabi Khidir memiliki banyak keutamaan dan khasiat, karena itu sebagian besar umat Islam meyakini bahwa salah satu manfaat membacanya adalah bisa menghilangkan berbagai kesulitan dan juga penderitaan.

Hal ini merujuk tentunya kepada fakta yang jelas di dalam kehidupan bahwa manusia diciptakan tidak selalu menuai bahagia, bisa jadi sebaliknya dan kerapkali.

Pada posisi seperti inilah kita selaku umat Islam yang taat harus menyerahkan diri kepada Allah dan husnudzhan bahwa semua penderitaan datang dari Allah SWT, yang harus kita lakukan adalah ridha.

Allah memberikan kita ujian pastilah memiliki tujuan tertentu yang pastinya baik bagi kita, meski terkadang kita mejanggapinya sebaliknya karena sikap dasar manusia adalah berkeluh-kesah.

BACA JUGA: 5 Doa Nabi Nuh yang Memiliki Keberkahan dan Manfaat Luar Biasa

Padahal untuk menghadapi setiap ujian yang diberikan oleh Allah SWT, ridha, sabar dan Ikhlas adalah kunci itu ketenangan hati tanpa harus berprasangka buruk terhadap Allah.

Membaca doa Nabi Khidir menjadi salah satu upaya menerima atas segala ujian yang ditimpakan dan tentunya meminta penyelesaian masalahnya dari Allah secaea langsung.

Kita juga harus mulai menyadari bahwa setiap bencana yang menimpa diri kita atau keluarga, tidak selalu merupakan sebuah hukuman atas diri kita yang kerap melakukan banyak dosa dan kesalahan.


Doa Nabi Khidir


Nabi Khidir
Doa Nabi Khidir - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Allah memberkahi Nabi Khidir dengan sifat yang baik beserta kepribadian yang mulia, khal ini termaktub dalam Al-Qur'an dan juga hadits.

Dan salah satu praktik kebaikan yang biasa dilakukan dan menjadi kebiasaannya adalah selalu berdzikir kepada Allah dan juga memperbanyak doa di setiap kesempatan.

Manusia haru memahami bahwa Allah, pada dasarnya telah menentukan rezeki bagi umat-Nya sesuai dengan porsinya masing-masing demi kebaikan.

Ketika salah satu dari kita memiliki sebuah keinginan besar atau harapan tinggi, sebenarnya tidaklah tidak mungkin bahwa keinginan Anda akan terwujud suatu hari nanti, semua mudah bagi Allah, hanya perkara waktu saja.

Tentunya ini harus didampingi dengan segala bentuk ikhtiar semampu kita tapi dengan cara yang sungguh-sungguh, salah satunya bentuk ikhtiar itu misalnya dengan membaca doa Nabi Khidir.

Sebagian kererangan menyebutkan bahwa ketika Nabi Khidir bersua dengan Nabi Ilyas pada satu kesempatan, keduanya tidak berpisah melainkan setelah membaca doa terlebih dahulu.

BACA JUGA: 5 Amalan Ibu Hamil yang Sesuai Syariat Islam untuk Mempermudah Masa Persalinan

Doa Khidir dan Surat Al Waqiah


Doa Nabi Khidir
Doa Nabi Khidir - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Mempraktikkan Doa Nabi Khidir bersamaan dengan membaca Surat Al-Waqiah bisa menjadi sebuah kebiasaan yang bermanfaat, dan tentunya memiliki manfaat tersendiri.

Surat Al-Waqiah diyakni memiliki karena keutamaan yakni dapat mempermudah jalannya rezeki.

Dengan membaca doa dan bacaan surah Al Waqiah bersamaan dalam satu waktu, umat Muslim yakin dan percaya bahwa mereka bisa mendapatkan pahala berkah jauh lebih besar di dalam hajatnya.

Praktik ini tentunya sangat diyakini karena memiliki peluang membawa banyak keajaiban.

Surat Al-Waqiah sendiri dianggap memiliki kekuatan yang atas izin Allah SWT bisa membantu seseorang meraih kesuksesan di dunia baik secara rizki maupun kesejahteraan.

Sebagai kesimpulan, kombinasi Doa Nabi Khidir surat Surat Al-Waqiah menjadi suatu bentuk ikhtiar spiritual yang utama dan tentunya sangat dianjurkan oleh sebagian besar ulama.


Manfaat Surat Al Waqiah


Surat Al-Waqiah di dalam keyakinan masyarakat Muslim, kerap kali disebut sebagai surat seribu dinar karena dianggap sebagai pembuka pintu rezeki tatkala diamalkan harian.

Keutamaan lain Surat Al Waqiah adalah bisa membuat seseorang dijauhkan atau dihilangkan dari kehidupan yang miskin dan papa sepanjang usianya. 

Membaca surat tersebut sebanyak 14 kali setelah shalat Asar atau bisa dilakukan juga dalam satu kali duduk, bisa membuat kekayaan berlimpah.

Membaca Al Waqiah sebanyak 3 kali setelah menidirikan sholat Subuh bisa menjadi orang yang dermawan ketika menjadi orang kaya.

Sebuah hadits menyebutkan bahwa siapa pun yang rutin membaca Surat Al-Waqiah sebelum tidur, ia dijanjikan akan bertemu Allah pada suatu saat nanti dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama, ini tentunya menjadi keberkahan tersendiri bagi siapa pun.

BACA JUGA: 4 Doa Buka Puasa Ramadhan yang Shahih Menurut Beberapa Kitab


Praktik Doa Nabi Khidir


Membaca Doa Nabi Khidir secara umum tetapai tidak mengikat ada aturannya, dan berikut praktik yang banyak dilakukan orang:

- Menyiapkan tempat atau wadah yang disarankan terbuat dari tanah liat.

- Wadah tersebut kemudian diisi dengan air hujan yang jatuh langsung dari langit, tanpa terhalang oleh genting, daun, atau apapun.

- Malakukan amalan puasa selama tujuh hari dan pada malam harinya mengambil air dari wadah tanah liat tadi, lantas bacakan doa Nabi Khidir sebanyak 3333 kali, lalu tiupkan ke dalam air di wadah tadi.

Bacaan Doa Nabi Khidir:


"Allahumma shalli'ala sayyidina Muhammad wa alihi kama laanihaayatin li kamaalihi wa'ada hamaaluhu."

Air sebagai media doa Nabi Khidir bisa diminum rutin setiap hari. Dan juga digunakan untuk memutuskan puasa sunnah selama tujuh hari.

Tentunya ini atas izin dari Allah SWT, setiao orang yang mengamalkannya dengan niat tulus dan Lillah semata akan mendapatkan kecerdasan pikiran.


Beberapa Keutamaan Doa Menurut Islam


1. Bagian dari Bentuk Ibadah

Tujuan utama doa tentunya merupakan bagian dari rutinitas peribadahan kepada Allah SWT dalam hal, ibadah tentunya merupakan kewajiban bagi umat Islam tanpa kecuali.

Ibadah sendiri merupakan hal paling utama yang bisa dilakukan dan ditunjukkan hanya kepada Allah SWT, bukan selain-Nya.

2. Tawakal kepada Allah

Merupakan bentuk bukti dari diri bahwa kita tawakal kepada Allah SWT, atau berserah diri dari segala kesukaran hanya kepada Allah, bukan ke yang lain.

BACA JUGA: Ragam Doa Nabi Yusuf yang Bisa diamalkan

3. Menunjukkan kekuasaan Allah

Doa dalam Islam tentunya menunjukkan betapa kekuasaan Allah SWT itu tidak berbatas.

Oleh sebab hal itu, keutamaan lain dari sebuah doa adalah menunjukkan bahwa hanya Allah SWT-lah Yang Maha Kuasa, yang bisa memungkinkan yang tidak mungkin, serta memudahkan apa yang kita anggap susah.

4. Berlindung dari Kesukaran Sebab Bencana

Dilindungi dari segala makar dan bencana tentunya hal yang diyakini sebagai manfaat lain dari doa.

Berdoa kepada Allah SWT adalah keharusan agar terhindar dari segala bencana dan marabahaya.

5. Menjauhkan dari murka Allah SWT

Menurut sebuah hadits, Allah akan marah jika umat-Nya tidak pernah meminta atau berdoa kepada-Nya.


Doa Nabi Khidir tentunya memiliki keutamaan seperti pada kebanyakan doa seperti di atas.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.