Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Goa Gong dan 7 Keistimewaan yang Menjadi Daya Tarik Bagi Para Pengunjung

Goa Gong
Goa Gong Pacitan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Goa Gong terletak di Kabupaten Pacitan yang merupakan sebuah kota yang masuk dalam administratif Provinsi Jawa Timur.

Goa Gong memang dikenal karena keindahan panorama dalam goanya yang begitu menakjubkan.

Meski Pacitan terkenal dengan pantai-pantai indahnya, akan tetapi keunikan lain yang membuatnya istimewa adalah julukan sebagai "kota 1000 goa".

Dan yang merupakan salah satu goa yang paling terkenal di Pacitan tentunya adalah Goa Gong.

Di destinasi ini para pengunjung bisa menemukan keunikan tersendiri, termasuk alunan Gendang Jawa yang terdengar dari dalam goa.

Hal-hal Menarik Goa Gong


Banyak hal menarik bisa ditemukan di Goa Gong ini termasuk di dalamnya adalah stalagmit dan stalagtit yang luar biasa memukau.

1. Keajaiban Goa Gong


Goa Gong
Goa Gong Pacitan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)




Pada saat memasuki area Goa Gong Pacitan, para pengunjung akan langsung disambut oleh formasi stalakmit dan stalaktit yang menakjubkan.

Kendatipun berada di dalam goa, penerangan di dalam goa cukup memadai sehingga para pengunjung bisa dengan leluasa menikmati pemandangan di dalam goa yang panjangnya 250 meter ini dengan jelas.

Di goa ini terdapat pula kubah raksasa dengan dimensi yang mencapai tinggi 20-30 meter, dengan panjang 100 meter, serta lebar yang mencapai 15-40 meter.

Ruang alami ini menghadirkan keajaiban panorama stalaktit dan stalakmit dengan berbagai bentuk yang memperindah goa.

BACA JUGA: Goa Jomblang, Kawasan Wisata dengan Cahaya Surga yang Memesona di Goa Raksasa

2. Fasilitas yang Dimiliki Goa Gong


Goa Gong memiliki sejumlah fasilitas yang cukup memadai untuk membuat kepuasan serta kenyamanan para pengunjungnya.

Sebagai destinasi wisata yang populer, Goa Gong menjadi destinasi favorit banyak wisatawan untuk saat ini.

Di Goa Gong ada berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan dengan leluasa seperti tempat parkir yang cukup luas, toilet yang bersih dan nyaman, bangunan masjid, serta adanya sendang air untuk kebutuhan para pengunjung.

Bukan hanya itu, ada juga penyejuk ruangan untuk memberikan kenyamanan saat beristirahat di dalam goa. Yang butuh guide, juga tersedia pemandu wisata yang siap membantu pengunjung menjelajahi keindahan goa tersebut.

3. Biaya Tiket Masuk yang Terjangkau


Untuk memasuki kawasan wisata Goa Gong, biaya masuk yang harus dikeluarkan oleh para pengunjung cukup murah meriaj dan tentunya sangat terjangkau oleh semua kalangan.

Harganya sendiri cukup bervariasi tergantung pada kategori usia pengunjung dan juga hari kunjungan.

Menurut informasi dari pengelola tempat wisata, harga tiket masuk terbalu kawasan wisata Goa Gong seperti berikut yakni:

- Untuk tiket masuk pengunjung dewasa pada hari kerja dikenakan tarif sebesar Rp10.000 rupiah.
- Untuk tiket masuk pengunjung dewasa pada akhir pekan dikenakan tarif sebesar Rp12.000 rupiah saja.
- Untuk tiket masuk kategori anak-anak dipungut biaya hanya  Rp5.000 rupiah saja.

- Untuk parkir kendaraan roda dua dikenai tarif Rp 2.000 rupiah saja.
- Untuk parkir kendaraan roda empat dikenai tarif Rp 5.000 rupiah saja.
- Untuk parkir kendaraan umum berupa bus dikenai tarif Rp10.000 rupiah saja.

BACA JUGA: Pantai Goa Cina: 10 Fakta Unik dari Destinasi Wisata Pantai Indah Kabupaten Malang Ini

4. Rute yang Harus Ditempuh untuk Sampai ke Goa Gong


Untuk menuju ke destinasi wisata Goa Gong Pacitan aksesnya cukup mudah. Lokasinya yang berdekatan dengan Pantai Klayar yang terkenal itu membuatnya mudah untuk dikunjungi.

Untuk yang bergerak dari Kabupaten Pacitan, pengunjung dapat mengemudi ke arah barat melalui Jalan Arteri Jalan Nasional III.

Kemudian ikuti terus jalan tersebut hingga mencapai daerah Poenoeng. Dari daerah tersebut pastikan untuk bergerak mengambil arah belok kiri ke Jalan Punung-Goa Gong.

Perjalanan terus dilanjutkan hingga mencapai sejauh 6,4 km untuk sampai di tempat tujuan.

Sebagai catatan, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang melintas ke daerah ini sangatlah terbatas.

5. Batuan Goa yang Bisa Bersuara

Goa Gong
Goa Gong Pacitan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada hal menarik yang bisa ditemui di Goa Gong yakni batu-batuan di dalam goa memiliki kemampuan untuk bisa menghasilkan suara yang mirip dengan bunyi instrumen gong.

Menurut cerita yang beredar luas, banyak orang yang bisa mendengar suara gong yang misterius dari dalam goa ini, hal inilah yang kemudian menjadi alasan di balik nama goa ini.

Misteri bunyi gong ini tentunya belum bisa terpecahkan misterinya hingga saat ini, hal ini justru yang menjadi daya tarik utama tempat ini.

Gema yang dipantulkan oleh dinding goa membuat suara yang bisa jadi adalah tetesan air akan terdengar lebih besar dan menyerupai bunyi gong, sehingga mampu menciptakan suasana yang memikat bagi para pengunjung mana pun.

BACA JUGA: Daya Tarik Goa Gong Pacitan, Surga Tersembunyi dibalik Bebatuan

6. Warna-warni Menakjubkan di Dalam Goa


Goa Gong memiliki daya tarik luar biasa, salah satunya adalah perpaduan warna-warni cahaya di dalam goa itu sendiri yang begitu memukau.

Hal ini diketahui khalayak ramai melalui berbagai foto cantik dengan warna-warni eksotik di dalam goa yang tersebar di internet.

Dari banyak unggahan terlihat bahwa goa tersebut memancarkan keindahan yang beragam warna.

Warna-warna di dalam goa itu terlihat sangat mencolok yang tentunya dihasilkan oleh lampu-lampu yang ditempatkan secara strategis di dalam goa.

Dalam goa tersebut terdapat warna merah, ungu, oranye, hijau, hingga biru, sehingga warna-warna tersebut memberikan sentuhan estetika yang menakjubkan di dalam goa.

Sebagai informasi yang perlu diketahui oleh publik bahwa warna-warni tersebut tidaklah alami melainkan berasal dari lampu yang dipasang di dalam goa.

7. Keindahan Stalagmit dan Stalaktit di Dalam Goa


Formasi Stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam Goa Gong tentunya terbentuk dari endapan air yang menetes di dalam goa.

Goa ini memiliki beragam bentuk stalaktit dan juga stalakmit, formasi ini tentu saja merupakan formasi otentik dan asli sehingga dalam hal ini pemerintah daerah berupaya keras untuk selalu menjaga keaslian dari formasi ini serta keberadaannya.

Atas hal tersebut, sebagai upaya pelestarian dan perlindungan, beberapa stalaktit dan stalakmit besar, terutama yang memiliki nama, sengaja dilengkapi dengan pagar pelindung di sekelilingnya agar tidak rusak oleh tangan-tangan jail.

Keindahan stalaktit dan stalakmit ini akan semakin ditingkatkan dengan penambahan pencahayaan lampu warna-warni yang menyorotinya, sehingga bisa menciptakan suasana magis yang sangat memikat.

BACA JUGA: Siap-Siap! 4 Tempat Wisata di Kebumen Ini Rekomendasi Saat Lebaran

Destinasi wisata Goa Gong merupakan destinasi wisata di Pacitan yang sangat menakjubkan, hal ini tentunya yang membuat goa ini menjadi salah satu yang terbaik di Kawasan Asia Tenggara.***



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.