Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Iran Melancarkan Serangan Balasan Terhadap Israel yang Berisiko Memicu Perang Dunia ke 3

Iran Melancarkan Serangan Balasan Terhadap Israel yang Berisiko Memicu Perang Dunia ke 3
Iran Melancarkan Serangan Balasan Terhadap Israel yang Berisiko Memicu Perang Dunia ke 3


SwaraWarta.co.id - Iran melancarkan serangan balasan terhadap Israel pada hari Minggu yang berisiko memicu konflik perang dunia ke 3.

Operasi tersebut, yang menurut para pejabat Israel melibatkan lebih dari 300 rudal dan drone, menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer langsung terhadap negara Yahudi tersebut.

Dari sekitar 30 rudal jelajah yang diluncurkan ke Israel, 25 dicegat oleh jet tempur Israel dan tidak ada yang berhasil memasuki negara itu, kata Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara Pasukan Pertahanan Israel, pada Minggu pagi.

"Beberapa" dari hampir 120 rudal balistik yang ditembakkan ke arah Israel jatuh di dalam negeri, katanya, menyebabkan sedikit kerusakan pada infrastruktur di Pangkalan Angkatan Udara Nevatim namun tetap membiarkannya beroperasi penuh.

Serangan tersebut melukai parah seorang gadis berusia 10 tahun, namun tidak menimbulkan korban jiwa, kata Hagari.

Baca juga: Israel Klaim Berhasil Membunuh Tokoh Sentral Hamas di Suriah

Sekitar 31 orang dirawat karena kecemasan atau cedera yang mereka derita saat menuju kawasan lindung ketika sirene berbunyi, kata layanan pertolongan pertama Israel.

Menteri Pertahanan Lloyd Austin mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam bahwa militer AS menembak jatuh “lusinan” rudal dan drone dalam perjalanan ke Israel dari Iran, Irak, Suriah dan Yaman, dan menyebut serangan Iran “belum pernah terjadi sebelumnya.”

“Kami mengutuk serangan-serangan sembrono dan belum pernah terjadi sebelumnya yang dilakukan oleh Iran dan proksinya, dan kami menyerukan Iran untuk segera menghentikan serangan lebih lanjut, termasuk yang dilakukan oleh pasukan proksinya, dan mengurangi ketegangan,” kata Austin dalam pernyataannya.

“Kami tidak mencari konflik dengan Iran, namun kami tidak akan ragu bertindak untuk melindungi pasukan kami dan mendukung pertahanan Israel.”

Misi Iran di PBB mengeluarkan pernyataan di X yang mengatakan bahwa tindakan militer Iran adalah sebagai respons terhadap serangan Israel terhadap fasilitas diplomatik Iran di Suriah, yang jelas merujuk pada pemboman gedung konsulat Iran di Damaskus pada 1 April yang menewaskan dua jenderal dan lima perwira di Suriah.

Pernyataan itu mengatakan bahwa Iran menganggap masalah tersebut “selesai” setelah serangan rudal dan drone. Namun mereka memperingatkan bahwa jika Israel melakukan “kesalahan lagi”, Iran akan memberikan tanggapan “yang jauh lebih parah”.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter