Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jasa Marga Memperkirakan Puncak Arus Balik Idul Fitri 1445 Terjadi Hari ini

Jasa Marga Memperkirakan Puncak Arus Balik Idul Fitri 1445 Terjadi Hari ini. (Sumber foto: Antara)

SwaraWarta.co.id - Puncak arus balik Idul fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 diprediksi oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk terjadi pada hari Senin, 15 April.

Akibatnya, jumlah kendaraan melalui gerbang Tol Kalikangkung ke Tol Cikampek Utama (Cikatama) mengalami peningkatan.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani, menjelaskan bahwa saat ini terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta, yang diperkirakan akan meningkat lebih lanjut pada Senin.

Dia menyatakan bahwa volume lalu lintas kendaraan per jam dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102.000 kendaraan pada rentang waktu 06.00 WIB hingga 21.00 WIB, naik 168% dari volume lalu lintas normal.

Penyebab padatnya kendaraan adalah karena banyaknya warga yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

Baca juga: Pemerintah Himbau Masyarakat Mudik Lebih Awal agar Tidak Macet

Ini tidak disebabkan oleh pemberlakuan one way, tetapi oleh pertemuan dua arus jalan dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di kilometer 67 Tol Jakarta-Cikampek.

Riani mengimbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu untuk menunda waktu balik ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan.

Sebagai insentif, Jasa Marga memberikan potongan harga tarif tol untuk balik ke Jabodetabek pada tanggal 16 April dan 17 April sebesar 20%.

Selain itu, untuk mengatasi kemacetan yang mungkin terjadi, Jasa Marga juga telah melakukan berbagai langkah. 

Mereka meningkatkan jumlah petugas dan polisi lalu lintas di sepanjang rute yang rawan kemacetan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas.

Selain itu, mereka juga memberlakukan sistem informasi lalu lintas yang terbaru melalui aplikasi seluler dan papan informasi di sepanjang jalan tol untuk memberikan pembaruan secara real-time kepada para pengguna jalan.

Meskipun demikian, penting bagi para pengguna jalan untuk tetap waspada dan bersabar di jalan.

Mengingat situasi arus balik yang padat, disarankan agar para pengguna jalan memastikan kendaraan mereka dalam kondisi baik sebelum memulai perjalanan dan melakukan perencanaan perjalanan dengan matang, termasuk memperhitungkan waktu tempuh yang lebih lama dari biasanya.

Dengan demikian, diharapkan bahwa arus balik Idulfitri tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pengguna jalan.


 

 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter