Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Nasi Kandar Tuan Agung, Kuliner Malaysian Pertama di Yogyakarta

Nasi Kandar Tuan Agung, Kuliner Malaysian Pertama di Yogyakarta
Nasi Kandar Tuan Agung (Dok. Ist)

 SwaraWarta.co.id - Nasi Kandar Tuan Agung merupakan restoran yang pertama kali membuka cabang di Jogja dan menjadi pilihan terbaik untuk para penggemar kuliner Malaysia di Jogja. 

Restoran ini adalah tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menyantap hidangan khas Malaysia, nasi kandar, di tengah kota Jogja.

Nasi kandar sering disebut sebagai makanan nasional Malaysia karena kepopulerannya yang sudah menjalar ke seluruh dunia. 

Menu Favorit di Nasi Kandar Tuan Agung 

Nasi Kandar Tuan Agung, Kuliner Malaysian Pertama di Yogyakarta
Nasi Kandar Tuan Agung (Dok.Ist)


Hidangan ini sebenarnya sangat mirip dengan nasi campur yang ditemukan di Indonesia, namun bedanya, nasi kandar disiram dengan kuah kari yang bercita rasa khas India.

Hidangan nasi kandar Tuan Agung terdiri dari nasi putih yang disajikan bersama dengan berbagai macam lauk pauk. 

Beberapa jenis lauk pauk yang disajikan antara lain adalah telur, udang goreng, daging sapi, cumi-cumi goreng, dan ayam goreng

Selain nasi putih, restoran ini juga menyediakan pilihan nasi rempah yang semakin melengkapi hidangan ini.

Sayuran tumis seperti terong, pare, buncis, dan okra juga ditambahkan sebagai pelengkap. 

Yang membuat hidangan ini semakin istimewa adalah empat macam kuah kari kaya rempah bercita rasa gurih dan pedas yang disiram ke atas nasi dan lauk pauk tersebut. 

Campuran aroma kari yang khas dengan cita rasa pedas yang menggelitik lidah membuat pengalaman makan menjadi tidak terlupakan.

Sejarah Nasi Kandar Tuan Agung 

Sejarah nasi kandar berasal dari Pulau Pinang yang sebelumnya adalah bandar pelabuhan udara Inggris

Pekerja dari Tamil membutuhkan makanan cepat dengan porsi besar, dan imigran Muslim India membaca peluang ini dengan menjual nasi dengan pilihan beragam lauk menu seperti ayam, daging, ikan, makanan laut, dan sayur terung dan okra. 

Dengan waktu, nasi kandar pun menjadi semakin populer dan kini tetap menjadi hidangan favorit bagi banyak orang.

Harga Menu Nasi Kandar Tuan Agung 

Restoran Nasi Kandar Tuan Agung menawarkan variasi hidangan nasi kandar yang khas serta memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. 

Harga hidangan yang disajikan pun bervariasi antara Ayam Goreng Rempah (Rp30.000), Ayam Madu (Rp35.000), Ayam Kecap (Rp35.000), Ayam Kari (Rp35.000).

Sementara lamb shank kari (Rp140.000) serta lamb shank madu (Rp180.000). Restoran ini dilengkapi dengan fasilitas parkir yang luas dan toilet.

Kapasitas pengunjung yang besar sehingga para tamu dapat menikmati hidangan favorit mereka dan bersantai dengan nyaman.

Jam Operasional Nasi Kandar Tuan Agung 

Restoran ini buka setiap hari dari pukul 12:00 hingga 22:00 WIB, Nasi Kandar Tuan Agung menyediakan kuliner yang khas dan autentik di tengah kota Jogja. 

Lokasinya yang terletak di kawasan Cokrodiningratan, Jetis, Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak satu kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh berkendara sekitar tiga menit dapat dipandu melalui aplikasi peta yang tersedia.

Tak heran jika Nasi Kandar Tuan Agung menjadi destinasi kuliner Jogja yang sayang dilewatkan. 

Restoran ini menyuguhkan cita rasa yang jelas berbeda daripada hidangan nasi biasa. Dengan kuah kari yang khas dan semakin melengkapi pengalaman makan, pengunjung dijamin akan terus kembali untuk menikmati hidangan mereka.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter