Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Pantai di Pacitan Paling Eksotik dengan Pasir Putihnya yang Menakjubkan

Pantai di Pacitan
Pantai Banyu Tibo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Pacitan, dikenal sebagi nama kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang merupakan surga bagi para penggemar wisata pantai yang ingin mengeksplorasi keindahan alamnya yang menakjubkan.

Pantai di Pacitan banyak dikenal orang karena pesona alamnya yang begitu memikat serta keindahan lautnya yang menakjubkan.

Pantai di Pacitan telah menjadi destinasi impian wajib bagi para pelancong yang mencari aktivitas petualangan dan juga eksplorasi kecantikan alamnya yang tiada tara.

Pacitan merupakan wilayah dengan ragam tempat wisata yang menakjubkan, juga menawarkan pengalaman yang beragam bagi para wisatawan, tak terkecuali pantai-pantainya.

Pantai di Pacitan meliputi pantai alami yang indah hingga area tempat paea wisatawan berselancar dengan ombak besarnya yang menantang

Setiap sudut Pacitan memiliki daya tariknya sendiri-sendiri yang sangat luar biasa,  yang tentunya sangat menarik perhatian para pengunjung.

Dari sekian banyaknya pantai di Pacitan, salah satunya yang terkenal adalah Pantai Teleng Ria, yang memiliki pasir putihnya yang bertekstur lembut serta ombak yang cocok untuk para peselancar.

Kemudian ada Pantai Klayar yang juga merupakan destinasi wisata pantai palung populer dengan memiliki kelebihan lain yang jadi daya tarik lenih, yakni adanya tebing karang berdiri menakjubkan dengan air lautnya yang berwarna jernih.

Bukan hanya pantainya saja yang menjadi daya tarik Pacitan  tetapi objek wisata lainnya berupa goa alami, yakni Goa Gong, yang merupakan sebuah gua dengan stalaktit dan stalagmit yang indah sehingga menciptakan suara alami yang menakjubkan saat angin berembus.

BACA JUGA: 8 Pantai di Blitar yang Diminati Para Pengunjung dengan Panoramanya yang Menakjubkan


Pantai-Pantai di Pacitan Paling Banyak Dikunjungi oleh Para Wisatawan


Pacitan memiliki banyak destinasi wisata yang memiliki daya tarik luar biasa dengan ragam macam tema wisatanya.

Dari sekian banyak destinasi wisata di Pacitan yang disebut di atas, pantai-pantainyalah yang paling banyak dikunjungi wisatawan dan tidak pernah sepi dari kunjungan, beberapa pantai itu adalah:

1. Pantai Banyu Tibo


Pantai di Pacitan
Pantai Banyu Tibo - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Berada di Desa Widoro, merupakan perpaduan keindahan antara air terjun dengan panorama pesona pantai yang luar biasa.

Untuk nama "Banyu Tibo" sendiri memiliki sejarah panjang yang berasal dari bahasa Jawa yang artinya "air yang jatuh",

Banyu Tibo merupakan destinasi pantai yang menggambarkan lokasi air terjun yang cucuran airnya langsung jatuh ke pantai Selatan.

Kehadiran air terjun yang bertemu langsung dengan laut ini tentunya menciptakan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan bagi para pengunjung, ini tentu saja pesona yang relatif langka.

Keindahan alam yang unik ini menjadi penggabungan keindahan alam dari dua elemen yang berbeda dalam satu lokasi yang sama.

2. Pantai Buyutan


Pantai di Pacitan
Pantai Buyutan - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Lokasinya berada di Kawasan Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Lokasinya sendiri berdekatan dengan Pantai Klayar, atau hanya sekitar 4 km ke arah barat dari perempatan Desa Kalak, yang akan menghabiskan waktu sebanyak 1,5 jam saja untuk tiba di pantai ini.

Selain pasir putihnya, daya tarik lain pantai ini adalah keberadaan gugusan batuan karang yang bentuk secara strukturalnya menyerupai salah satu tokoh pewayangan Batara Narada, lebih dikenal sebagai tokoh Watu Narada.

BACA JUGA: 15 Pantai di Banten Paling Diminati, Jangan Sampai Diabaikan, Guys!

3. Pantai Watu Bale


Pantai di Pacitan
Pantai Watu Bale - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Ada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, menampilkan pemandangan pantainya yang memukau dengan tebing tinggi yang menghadap langsung ke Laut Selatan, menyulap pantai ini menjadi tanjung berbukit.

Hal paling unik dari pantai ini adalah letak formasi batu karangnya yang mirip "bale" atau balai dalam bahasa Jawa.

Di pantai ini terdapat pula sebuah jembatan yang memiliki panjang 100 meter yang menghubungkan pantai dengan pulau Watu Bale.

4. Pantai Watu Karung


Pantai di Pacitan
Pantai Watu Karung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Lokasinya ada di Desa Watukarung, Pringkuku Pacitan, merupakan destinasi wisata imperdible di Pacitan.

Untuk sampai di lokasi di pantai di Pacitan yang satu ini para pengunjung harus menempuh jarak sekitar 25-30 km bila berangkat dari rute pusat kota, dengan total waktu tempuh selama 45 menit saja, kurang lebih.

Pantai Watu Karung pernah sangat terkenal kala peselancar terkenal Bruce Irons mengunjunginya, bahkan melakukan foto-foto yang hasilnya menjadi sampul utama di majalah internasional "Waves" kala itu.

Nilai plus pantai ini adalah pada ombaknya yang menakjubkan, juga pasir putihnya yang memikat, dan terakhir karena panorama Batu Karang Putri Samudra yang sangat mempesona.


5. Pantai Pidakan


Pantai di Pacitan berikutnya adalah Pantai Pidakan yang  menawarkan pesona alamnya yang sangat luar biasa dengan kombinasi bebatuan alam dengan hamparan pasir putihnya yang unik.

Ada yang unik dari pantai ini yakni keberadaan bangkai dari Kapal karam yang kerap dijadikan spot unik untu berfoto.

Akses menuju pantai ini lumayan sulit, tetapi bisa terpuaskan tatkala bisa samlai ke lokasi yang dimanjakan dengan keindahan pantainya.

BACA JUGA: 10 Pantai Tuban Paling Populer yang Menjanjikan Panorama Keindahannya

6. Pantai Klayar


Merupakan pantai di Pacitan paling populer yang letaknya berada di Kawasan Desa Sendang.

Pantai ini, sama halnya dengan pantai lainnya, menawarkan keindahan alamnya yang mempesona.

Lokasi pantainya dikenal sebagai pantai dengan pasir putihnya yang menakjubkan, ditambah adanya barisan karang berwarna hitam dengan komposisi yang teratur di sepanjang garis pantai.

Kemudian juga berpadu apik dengan warna biru laut yang memikat, pantai ini menjadi tujuan utama wisata di Pacitan.

7. Pantai Soge


Pantai di Pacitan yang satu ini menawarkan pengalaman unik dengan posisinya yang membentang sepanjang Jalur Lintas Selatan.

Pantai ini, selain memiliki muara yang menambah daya tariknya, juga begitu populer yang biasa dimanfaatkan untuk tempat bersantai para pengunjung.

Panorama lain yang mekjubkan yang bisa disaksikan di pantai adalah pemandangan Samudra Hindia yang melintasi sepanjang pantai ini menjadi daya tarik tersendiri.

8. Pantai Pangasan


Pantai ini menawarkan pemandangan lautnya yang memantulkan warna biru, kemudian juga menyimpan pamorama indah yang berasal dari tebing batunya, juga terdalat sawah-sawah di sekitarnya.

Yang unik dari Pantai Pangasan terletak pada tebing tinggi di sisi baratnya, yang disebut Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran, serta pantai berbatu karang di sebelah baratnya.

9. Pantai Srau


Merupakan sebuah destinasi wisata di Pacitan yang menawarkan pemandangan karang yang indah serta hamparan pantai berpasir putih.

Keseluruhan Pantai Srau menawarkan keindahan alam yang luar biasa, mulai dari ombak besar, warna air laut birunya yang menawan, serta embusan angin di badan dengan sepoi-sepo.

BACA JUGA: 15 Pantai di Lombok yang Terkenal Karena Keeksotisannya

Di lokasi ini juga terdapat bukit yang menyerupai semenanjung, karang hitam yang eksotis, serta telaga alami yang terbentuk di laut.

10. Pantai Ngandul


Pantai di Pacitan berikutnya adalah destinasi wisata Pantai Ngandul.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Pacitan, Pantai Ngandul tidak memiliki pasir pantai, tetapi yang jadi daya tarik utamanya justru adalah kawasan sungai dengan air terjun mini yang langsung mengalir ke lautan lepas.

Dengan kombinasi sungai, air terjun mini, serta lautan lepasnya, Pantai Ngandul menawarkan pengalaman wisata yang memikat bagi para pengunjung yang mencari eksplorasi baru destinasi wisata yang menakjubkan.

Pantai di Pacitan tersebut tentunya memiliki keunikan sendiri-sendiri, bagi yang hendak liburan, destinasi di atas bisa jadi merupakan sebuah rujukan positif.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.