Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

5 Perbedaan MacBook Pro dan Air; dari Specs hingga Baterai

MacBook Pro Vs. Air
Perbedaan MacBook Pro dan Air - SwaraWarta.co.id (Sumber: Youtube)


SwaraWarta.co.id - Apple untuk saat ini menjual dua tipe laptop utama yakni tipe MacBook Pro dan juga tipe MacBook Air.

MacBook Pro hadir dengan layar berukuran 14 inci atau 16 inci sementara MacBook Air memiliki ukuran layar lebih kecil yakni 13,6 inci atau 15 inci.

Di antara kedua model-model tersebut, terdapat berbagai Spesifikasi yang lebih luas jangkauannya, termasuk Perbedaan MacBook Pro dan Air.

Ada model MacBook Pro 14 inci dan 16 inci yang ditenagai oleh chip M3 Pro atau M3 Max yang lebih cocok untuk pengguna profesional dan tentunya memiliki harga yang jauh lebih tinggi dibanding tipe lainnya.

Bila Anda berpikir soal kebutuhan sedikit lebih ke arah profesional, maka Anda sebaiknya segera membaca Panduan MacBook Pro untuk semua Laptop Apple.

Sementara itu MacBook Air merupakan pilihan yang sangat baik untuk pengguna rata-rata yang mencari kinerja handal dalam paket yang ringan serta portabel.

Dengan desain yang sedikit ramping dan bobot yang ringan, MacBook Air sangat cocok untuk dibawa ke mana-mana, baik untuk ke kampus, di tempat kerja, ataupun hanya digunakan untuk keperluan di rumah.

Di sisi lain, MacBook Pro menawarkan kinerja yang lebih tinggi dan fitur tambahan yang mungkin berguna bagi pengguna yang memerlukan daya komputasi jauh lebih besar.

Dengan layar yang lebih besar dan opsi untuk spesifikasi yang lebih kuat, MacBook Pro cocok digunakan untuk tugas-tugas yang lebih menuntut seperti pengeditan foto atau video, pengembangan perangkat lunak, serta multitasking intensif.

Ketika memilih antara MacBook Air dan MacBook Pro untuk penggunaan sehari-hari, pertimbangkan kebutuhan komputasi Anda serta anggaran yang Anda miliki.

BACA JUGA: 5 Cara Mematikan Laptop Lenovo dengan Mudah, Berikut Penjelasannya!

Jika Anda hanya membutuhkan laptop untuk tugas-tugas ringan seperti menjelajahi web, menulis, dan mengelola dokumen, MacBook Air mungkin menjadi pilihan yang jauh lebih hemat biaya.

Namun, apabila Anda memerlukan kinerja yang lebih tinggi dan berencana untuk menggunakan laptop dalam menjalankan tugas-tugas yang lebih berat, MacBook Pro mungkin merupakan investasi yang lebih baik dalam jangka panjang.


Perbedaan MacBook Pro dan Air


MacBook Pro Vs. Air
Perbedaan MacBook Pro dan Air - SwaraWarta.co.id (Sumber: Mac World)



Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi tentang laptop Mac terbaik untuk kebutuhan Anda.

1. Desain


Desain MacBook Air tidak berubah sejak Apple mengungkapkannya pada Juni 2022, dan Anda mungkin mengira Anda sedang melihat MacBook Pro.

Tapered edge yang menjadi ciri khas MacBook Air telah hilang, digantikan dengan desain yang lebih seragam.

Meskipun MacBook Air masih lebih tipis—walaupun sedikit—akan tetapi juga sedikit lebih besar dari versi lama Air, berkat layar yang lebih besar.

Melihat layar, Anda akan memperhatikan perbedaan mencolok lainnya dalam desain baru: MacBook Air memiliki "notch" seperti yang juga terlihat pada MacBook Pro 14 dan 16 inci serta iPhone.

Ini tentunya memungkinkan layar yang lebih besar dan menyembunyikan kamera FaceTime yang jauh lebih baik, jadi bukan hal yang buruk, meskipun beberapa orang tidak menyukai notch.

Jika Anda merindukan desain tapered yang membuat MacBook Air langsung dikenali, desain tersebut masih tersedia jika Anda membeli versi M1 MacBook Air.

Apple tidak lagi menjual model ini sebagai laptop baru, tetapi stok terbatas MacBook Air M1 tersedia di Apple Certified Refurbished Store dan Anda masih bisa mendapatkannya dari pihak ketiga.

BACA JUGA: 6 Alasan Mengapa Membeli Laptop Bekas Bisa Menjadi Pilihan Terbaik Anda

2. Dimensi


Perbandingan dimensi antara MacBook Air dan MacBook Pro menunjukkan perbedaan yang menarik.

Meskipun MacBook Air 13 inci lebih ringan dari MacBook Pro 14 inci, tetapi MacBook Air 15 inci juga lebih ringan dari MacBook Pro 14 inci.

MacBook Pro 14 inci, M3: 3.4 pon (1.55 kg) MacBook Air 15 inci, M3: 3.3 pon (1.51 kg) MacBook Air 13 inci, M3: 2.7 pon (1.24 kg)

Meskipun MacBook Air 15 inci merupakan yang terbesar dari laptop M3, akan tetapi karena lebih tipis, beratnya lebih ringan daripada MacBook Pro.

Dimensi MacBook Air 13 inci tidak jauh lebih kecil daripada MacBook Air 14 inci.

3. Display


MacBook Pro Vs. Air
Perbedaan MacBook Pro dan Air - SwaraWarta.co.id (Sumber: Mac Store Indonesia)



MacBook Air memiliki layar Liquid Retina dengan ukuran 15,3 inci atau 13,6 inci.

Sementara itu, MacBook Pro dilengkapi dengan panel Liquid Retina XDR superior berukuran 14,2 inci.

Meskipun layar pada MacBook Air sedikit lebih besar, namun kualitas gambar tidak sebaik layar pada MacBook Pro—meskipun tetap terlihat luar biasa.

Layar MacBook Air 15 inci memiliki resolusi 2.880 x 1.864, sementara yang 13 inci menawarkan resolusi 2.560 x 1.664.

Kedua MacBook Air memiliki kecerahan maksimum 500 nits, yang merupakan separuh dari 1.000 nits pada MacBook Pro dalam penggunaan normal, atau sepertiga jika Anda menjalankan konten HDR pada maksimum 1.600 nits.

BACA JUGA: Kekurangan Laptop Asus Secara Umum, Benarkah Kurang Cocok untuk Pekerja?

Hal ini dicapai dengan layar Pro menggunakan mini-LED daripada layar LCD standar pada Air.

Perbedaan terbesar mungkin terletak pada fakta bahwa MacBook Pro dilengkapi dengan ProMotion, yang berarti refresh rate mencapai 120Hz, dua kali lipat dari refresh rate 60Hz pada MacBook Air.

Ini membantu menjaga guliran dan animasi tetap lancar dan tajam.

Salah satu dari kedua layar ini akan sangat baik untuk penggunaan sehari-hari dan jam kerja yang panjang, tetapi MacBook Pro memiliki keunggulan dalam fitur-fitur tersebut.

4. Specs


Semua laptop Apple ditenagai oleh silikon Apple. Di antara penawaran MacBook Air dan MacBook Pro, terdapat dua generasi chip: M2 di MacBook Air 13,6 inci seharga $999, M3 di model Air 13,6 inci dan 15 inci, dan M3 di MacBook Pro 14 inci.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang semua prosesor Mac, baca perbandingan prosesor Mac kami dan lihat bagaimana M3 menumpuk terhadap semua chip Apple.


5. Baterai


Ketika datang ke daya tahan baterai, Mac ini jauh lebih unggul daripada model MacBook Intel yang lama.

Menurut Apple, MacBook Air menawarkan daya tahan baterai 18 jam, sementara MacBook Pro 14 inci menawarkan luar biasa 22 jam.

Dalam pengujian, baterai MacBook Air M2 bertahan selama 17,5 jam, mengungguli MacBook Air M1 dan MacBook Pro M2 sekitar satu setengah jam.

Baterai MacBook Air 15 inci bahkan bertahan selama 19 jam dalam pengujian. Baterai dalam MacBook Air M3 sama dengan yang ada di model M2.

BACA JUGA: Rekomendasi Laptop Dibawah 3 Juta yang Menarik untuk Dibeli, Apa Saja Ya?

Dalam penggunaan sehari-hari, daya tahan baterai sama luar biasanya.

Rasanya aneh, membuka laptop dan melakukan pekerjaan selama 20 menit dan melihat bahwa persentase baterai tidak berubah sama sekali, tetapi begitulah adanya dengan silikon Apple.

Tentu saja, daya tahan baterai bervariasi berdasarkan apa yang Anda lakukan, tetapi untuk pasar target laptop ini.

Jadi dari kelima Perbedaan MacBook Pro dan Air di atas mana yang ingin Anda miliki?***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.