Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Rayid Ridha dalam Meneruskan Pendidikannya dan Gerakan Pembaharuannya Banyak Dipengaruhi oleh Pemikirannya dari

Rayid Ridha dalam Meneruskan Pendidikannya dan Gerakan Pembaharuannya Banyak Dipengaruhi oleh Pemikirannya
Rayid Ridha dalam Meneruskan Pendidikannya dan Gerakan Pembaharuannya Banyak Dipengaruhi oleh Pemikirannya


SwaraWarta.co.id - Rayid Ridha dalam meneruskan pendidikannya dan gerakan pembaharuannya banyak dipengaruhi oleh pemikirannya dari?

Rayid Ridha adalah seorang tokoh pendidikan yang terkenal karena upayanya dalam meneruskan pendidikan serta gerakan pembaharuan di masyarakat.

Pengaruh-pengaruh yang membentuk pemikirannya berasal dari berbagai sumber, tetapi ada beberapa tokoh yang secara khusus memberikan sumbangan besar dalam pembentukan ide-idenya.

Rayid Ridha dalam meneruskan pendidikannya dan gerakan pembaharuannya banyak dipengaruhi oleh pemikirannya dari Ibn Khaldun

Salah satu pemikir yang sangat mempengaruhi Rayid Ridha adalah Ibn Khaldun, seorang cendekiawan Muslim abad ke-14 yang terkenal dengan karyanya, Muqaddimah.

Ibn Khaldun dikenal karena konsep-konsepnya tentang sejarah, sosial, dan politik, termasuk teori siklus sejarah yang mempengaruhi cara Ridha memahami perubahan sosial.

Konsep-konsep ini memberikan landasan bagi pemikirannya tentang pentingnya pembaruan dalam masyarakat dan pendidikan sebagai sarana untuk mencapai tujuan tersebut.

Selain itu, pemikiran modern seperti yang diusung oleh tokoh-tokoh seperti Paulo Freire juga memiliki dampak yang signifikan pada pemikiran Rayid Ridha.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Guru Jika Menemui Anak yangMengalami Hambatan dalam Pencapaian Pembelajarannya

Freire dikenal karena konsep pendidikan pembebasan, di mana pendidikan dianggap sebagai alat untuk memerangi ketidakadilan sosial dan politik.

Pemikiran ini memperkuat keyakinan Ridha akan pentingnya pendidikan dalam membebaskan individu dan masyarakat dari penindasan.

Pengaruh lain yang penting dalam pemikiran Rayid Ridha berasal dari pemikir-pemikir lokal atau tradisional, seperti tokoh-tokoh pendidikan Islam dan filosofi lokal.

Mereka memberikan perspektif khusus tentang pendidikan, moralitas, dan nilai-nilai yang menjadi pondasi bagi gerakan pembaharuan yang dipimpin oleh Ridha.

Selain tokoh-tokoh tertentu, pengalaman hidup pribadi Ridha juga turut membentuk pemikirannya. Pengalaman dalam pendidikan formal maupun informal, serta interaksi dengan masyarakat dan lingkungannya, semuanya berkontribusi pada pemahaman dan pandangan dunianya.

Secara keseluruhan, pemikiran Rayid Ridha dalam meneruskan pendidikan dan gerakan pembaharuannya dipengaruhi oleh beragam sumber.

Mulai dari pemikiran klasik hingga kontemporer, dari global hingga lokal, semua itu membentuk landasan pemikirannya. Dengan memadukan berbagai konsep dan pengalaman, Ridha menjadi salah satu tokoh yang berperan penting dalam memajukan pendidikan dan membawa perubahan dalam masyarakat.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter