Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tarif Dalang Termahal Itu Berapa? Ini Jawabannya!

Tarif Dalang Termahal Itu Berapa? Ini Jawabannya!
Wayang kulit (Dok. Ist)


 SwaraWarta.co.id - Banyak orang ingin tahu berapa tarif yang harus dibayar jika ingin menyewa seorang dalang wayang kulit di Indonesia. 

Profesi dalang ini memang sangat khusus dan sulit didapatkan melalui pendidikan formal. 

Biasanya keahlian ini diajarkan secara turun-temurun dalam keluarga dalang. Namun sekarang sudah ada beberapa sekolah tinggi seni dan sekolah khusus yang mengajarkan keahlian dalang dalam kurikulum pendidikannya. 

Meski begitu, profesi dalang masih dianggap sebelah mata dan kurang menjanjikan.

Namun, meskipun dianggap sebelah mata, tarif untuk menyewa dalang ini cukup bervariasi tergantung pada pengalaman dan nama dalang itu dalam dunia kesenian tradisional.

Baca Juga:

Wayang Potehi, Merintis Harapan di Tahun Baru Imlek dan Menjaga Eksistensi Tradisi dari Gerusan Jaman

Wayang kulit sendiri merupakan kesenian asli Indonesia yang berasal dari Jawa dan merupakan salah satu kesenian dan tradisi masyarakat yang sudah berumur. 

Pada masa Islam mulai masuk ke Jawa, Walisongo mengakulturasi kesenian wayang ini menjadi media dakwah untuk menyebarkan ajaran Islam.

Ada beberapa faktor yang turut menentukan besaran tarif pertunjukkan dalang wayang kulit, antara lain faktor lokasi atau tempat pertunjukkan, durasi pentas, hingga kedekatan antara dalang dengan pengundang. 

Beberapa sumber menyebutkan bahwa tarif dalang pemula berkisar Rp5-10 juta untuk satu kali pentas. 

Sementara dalang yang sudah berpengalaman bisa mendapatkan tarif hingga ratusan juta rupiah untuk satu kali pentas.

Baca Juga:

Contoh Kerajinan Non Benda yang Jarang Ditemui, Benarkah Sudah Langka?

Hal ini wajar karena seorang dalang harus cukup berpengalaman dan mahir dalam mengendalikan wayang kulit dan memerankan seluruh karakter yang ada di dalamnya selama pentas yang berlangsung sepanjang malam. 

Selain itu, peralatan yang digunakan juga cukup banyak. Profesi dalang bukanlah sekedar profesi biasa, melainkan salah satu bentuk semangat untuk terus mendorong lestarinya kebudayaan bangsa Indonesia.

5 Dalang Ternama di Indonesia 

Tarif Dalang Termahal Itu Berapa? Ini Jawabannya!
Wayang (Dok. Ist)


Pada dasarnya, di Indonesia terdapat banyak dalang ternama. Berikut beberapa dalang ternama di Indonesia, yakni:

1. Ki Nartosabdo, 

Putra seorang perajin sarung keris asal Jawa Tengah, adalah salah satu dalang wayang paling terkenal di Indonesia. Nama asli dalang itu adalah Soenarto.

2. Ki Anom Suroto 

Ki Anom Suroto adalah seorang dalang wayang kulit purwa yang keahliannya dalam memainkan wayang diwariskan oleh sang ayah, Ki Sadiyun Harjadarsana.

Baca Juga:

3 Tarian Yogyakarta dengan Makna Filosofisnya yang Mendalam

3. Asep Sunandar Sunarya

Asep Sunandar Sunarya terkenal dengan tokoh wayang golek Cepot. Keahliannya dan kepribadiannya yang lucu membuat banyak orang menyukai dalang tersebut.

4. Ki Manteb Soedharsono

Ki Manteb Soedharsono menjadi pelopor kombinasi seni pedalangan dengan peralatan musik modern. Ia sangat terkenal dan bahkan menjadi bintang iklan pada sebuah produk.

Baca Juga:

Museum Basoeki Abdullah dan 9 Hal Menarik di Dalamnya

5. Ki Slamet Gundono 

Ki Slamet Gundono adalah salah satu dalang wayang suket yang paling terkenal di Indonesia. Gaya dalang yang cukup nyentrik dan jenaka menjadi ciri khasnya.

Itulah beberapa dalang ternama di Indonesia yang memiliki ciri khas dalam memainkan wayang. 



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter