Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Palembang yang Unik dan Tidak Biasa

Tempat Wisata di Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Palembang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, di mana terdapat banyak Tempat Wisata di Palembang-nya yang mempesona beserta kekayaan alamnya dan tidak ketinggalan pula warisan budayanya yang memikat hati.

Sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Tempat Wisata di Palembang tentunya sangat kaya akan objek wisata sejarah, keindahan alam, serta kekayaan budayanya yang membuatnya menjadi tujuan wisata populer bagi banyak orang.

Tempat Wisata di Palembang juga tebtunya termasuk di dalamnya wisata kulinsrnya, mulai dari kuliner lezat hingga hiburan malam yang juga mengasyikkan.

Para Wisatawan bisa dengan leluasa menikmati pemandangan kota yang memukau seraya merasakan embusan angin sepoi-sepoi sungai yang menerpa tubuh.

Bukan hanya itu, wisatawan juga bisa menjelajahi sungai ini dengan menyewa perahu atau kapal tradisional, hal ini tentunya menawarkan pengalaman unik untuk melihat keindahan panorama kota dari sudut pandang berbeda.

Bagi para pengunjung yang tertarik dengan wisata sejarah dan budaya, Palembang juga memiliki beragam situs bersejarah yang terbuka untuk dikunjungi.

Berikutnya yang juga bisa dinikmati oleh para pengunjung bila sedang berada di Palembang adalah Kawasan 16 Ilir yang merupakan salah satu pusat hiburan malam di kota ini.

Di dalamnya terdapat berbagai restoran dengan berbagai kelas, bar, serta klub malam yang tentunya menyajikan musik live serta pertunjukan menghibur lainnya.

Wisatawan dilokasi ini dapat menikmati suasana malam yang meriah seraya menyantap hidangan beserta minuman lokalnya.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Binjai yang Banyak Dikunjungi

Tempat Wisata di Palembang yang Unik dan Berneda dari Destinasi lain

Selain beberapa destinasi di atas, Tempat Wisata di Palembang yang masuk kategori menarik dan unik adalah seperti yang akaj dijelaskan di bawah ini.

Dengan beragam pengalaman wisata yang ditawarkan, Palembang bisa menjadi destinasi yang sempurna untuk liburan yang tidak terlupakan.

Dari keindahan bentang alam yang dihadirkan oleh Sungai Musi hingga kekayaan sejarah dan budaya yang tidak kalah menariknya.

1. Objek Wisata Jakabaring Sport City

Tempat Wisata di Palembang
Jakabaring Sport City - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



JSC atau yang dijelaskan secara panjang sebagaisi Jakabaring Sport City, merupakan sebuah kompleks olahraga internasional yang terletak di Palembang.

Di Tempat Wisata di Palembang yang satu ini, para pengunjung bisa menemukan berbagai fasilitas olahraga yang terbilang lengkap termasuk di dalamnya bangunan stadion, velodrome, serta fasilias olahraga air aquatic center.

Di masa lalu JSC pernah digunankan untuk venue pertandingan, yang kala itu sebagai tuan rumah SEA Games 2011 dan juga Asian Games 2018.

JSC tentunya telah berhasil menunjukkan kapasitas standarnya sebagai tempat olahraga internasional yang cukup bergengsi.

Dalam komlpeks olahraga ini, salah satu daya tarik utamanya adalah keberadaan lokasi danau yang sangat indah yang terletak berada di dalam bangunan kompleks.

Danau ini menawarkan pemandangan yang asri serta sangat menenangkan.

Para pengunjung bisa mengisi waktunya dengan bersantai di tepi danau atau bisa pula naik perahu untuk meyusuri permukaan danau sekaligus menikmati suasana kawawasan yang tenang dan keindahan alam sekitarnya.

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata di Palembang yang Hits dan juga Populer

2. Objek Wisata Taman Kambang Iwak

Tempat Wisata di Palembang
Taman Kambang Iwak - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Palembang yang satu ini merupakan sebuah taman kota yang menawarkan area rekreasi serta hiburan bagi seluruh anggota keluarga, yang memiliki beragam fasilitas bermain untuk anak-anak seperti perosotan, ayunan, serta jungkat-jungkit.

Para pengunjung bisa dengan tenang bersantai di taman yang memiliki suasana sangat asri ini.

Bukan hanta itu, di Kambang Iwak, para pengunjung juga bisa menikmati area taman air, serta bisa melihat berbagai jenis ikan hias yang ada di kolam taman.

Sebagai tanbahan, destinasi wisata Ini tentunya merupakan tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu luang bersama dengan keluarga, khususnya pada akhir pekan.

3. Objek Wisata Kampung Kawitan

Berdasarkan catatan sejarah, Kampung Kapitan, didirikan oleh Kapitan Tan Tek Soon, yang merupakan salah seorang tokoh pemuka masyarakat Tionghoa yang ada di Palembang.

Kampung Kawitan menjadi salah satu kawasan yang merupakan kampung bersejarah, di mana di dalam terdapat jejak rekam sejarah di masa lalu.

Kampung Kawitan terkenal dengan seni arsitektur Tionghoa yang sangat unik, hal ini bisa dilihat pada ornamen-ornamen bangunan bersejarah semacam bangunan rumah tradisional, bangunan peribadatan klenteng, dan juga toko-toko yang menjual aneka benda khas masyarakat Tionghoa.

Tidak sekadar menikmati suasan budayanya semata, di Kampung Kawitan ini juga para penginjung bisa dimanjakan dengan sajian kuliner khas Tionghoa seperti mie celor, pempek, atau laksa.

4. Bangunan Masjid Cheng Ho Palembang

Tempat Wisata di Palembang
Masjid Cheng Ho Palembang - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Keberadaan Masjid Cheng Ho memang melingkupi banyak daerah semisal di Jawa Timur, tetapi di Palembang pun Masjid Cheng Ho ini pun ada dan berdiri megah.

Masjid Cheng Ho sendiri merupakan sebuah bangunan masjid yang dibangun dengan mengadopsi konsep dan gaya arsitektur Tiongkok yang tentunya unik dan menarik perhatian.

Majid Cheng Ho menjadi Tempat Wisata di Palembang yang menjadi salah satu destinasi wisata religius.

Karena keunikan masjid ini yang didominasi warna merah, tentunya mengundang para pengunjung untuk datang sekadar mengagumi keindahan arsitekturnya.

Sekaligus ikut beribadah di dalamnya dan tentunya termasuk mempelajari sejarah hubungan yang harmonis antara Palembang dengan Tiongkok.

BACA JUGA: 11 Wisata Bengkulu Paling Banyak Dikunjungi oleh Para Wisatawan

5. Objek Wisata Monpera

Bagi yang belum paham dengan Tempat Wisata di Palembang yang satu ini, yakni Monpera, merupakan kepanjangan dari Monumen Perjuangan Rakyat.

Yakni landmark ikonik yang ada di Palembang yang memiliki rekam jejak sejarah yang panjang di masa lalu, yang kemudian menjadi destinasi wisata menawan bagi para pengunjung.

Hal paling menakjubkan yang bisa disaksikan oleh para pengunjung di Monpera ini adalah pada malam hari, gedung ini terlihat memukau dengan atraksi lampu-lampu yang menerangi monumen beserta air mancurnya yang juga menambah semarak tempat ini.

Jika berkenan naik ke atas, dari puncak Monpera para pengunjung bisa merasakan sensasi menikmati pemandangan indah kota Palembang dari atas ketinggian.

6. Objek Wisata Sekanak Sidewalk

Tempat Wisata di Palembang berikutnya adalah Sekanak Sidewalk yang merupqkan destinasi wisata era kekinian di Palembang yang menawarkan suasana ceria dengan spot-spot yang sangat instagramable.

Sekanak Sidewalk berada di tepian Sungai Sekanak, yang adalah anak Sungai Musi.

Sekanak Sidewalk menyulap jalur pejalan kaki menjadi indah dipandang mata dengan dihiasi dengan cat warna-warni yang mencolok plus penambahan banyak mural yang dibuat oleh para seniman kreatif Kota Palembang di sepanjang dinding area ini.

7. Transmart Palembang

Merupakan pusat perbelanjaan yang menawarkan beragam aneka kebutuhan rumah tangga, pakaian, serta dunia kuliner dalam suasana yang nyaman.

Dengan suasana yang ramah keluarga, TransMart Palembang menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin berbelanja dan bersantap bersama keluarga.

8. Wisata Pasar Tradisional Pasar 16 Ilir

Pasar Ilir 16 Palembang bisa dikatakan sebagai salah satu pasar tradisional paling legendaris karena sudah lama ada semenjak jaman dahulu.

Pasar ini tentunya menyediakan semua bahan kebutuhan sehari-hari temasuk kuliner khasnya, pempek.

BACA JUGA: 4 Tempat Wisata di Siantar Tema Keluarga yang Pastinya Akan Membuat Betah Berlama-lama

9. Pasar Tradisional Pasar Sekanak

Di Pasar Sekanak ini, para pengunjung juga bisa mencari dan membeli aneka kebutuhan pokok sehari-hari dengan harga-harga barangnya yang sangat terjangkau.

10. Wisata Kuliner Sentra Kampung Pempek 26 Ilir

Bagi para wisatawan yang hendak mencari oleh-oleh khas Palembang paling otentik yakni pempek dengan banyak variannya, sepertinya sentra ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. 

Itulah 10 Tempat Wisata di Palembang yang unik dan menarik untuk dikunjungi untuk saat ini.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.