Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

12 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer dan Direkomendasikan untuk Destinasi Liburan

Tempat Wisata di Purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Apakah Anda pernah mengunjungi salah satu Tempat Wisata di Purwakarta? Kalau belum, beberapa destanisi berikut bisa jadi merupakan rekomendasi yang bisa Anda ambil saat mencari tempat wisata alternatif di kota ini.

Tempat Wisata di Purwakarta meliputi banyak keanekaragaman bentang alamnya yang tentunya memiliki keindahannya tersendiri.

Tercatat ada banyak sekali Tempat Wisata di Purwakarta yang Anda kunjungi menjelang liburan panjang Lebaran yang tentunya menampilkan beragam tema destinasi yang bisa diambil.

Tema alam yang meliputi puncak gunung, pantai dan laut, atau danau alam maupun buatan, kesemuanya tentunya memiliki daya tarik masing-masing.

Tempat Wisata di Purwakarta Paling Populer dan Diminati Para Pengunjung


Selain karena keindahan panorama alamnya, Tempat Wisata di Purwakarta sangat layak untuk dikunjungi para wisatawan terlebih yang memiliki anggaran terbatas.

Destinasi wisata di Purwakarta bisa dikatakan masih bisa terjangkau baik dari segi bea masuk maupun harga-harga kuliner dan cenderamata yang disediakan destinasi ini.

Lantas, ada destinasi apa saja di Purwakarta ini yang rekomendasi untuk dikunjungi? Mari kita bahas satu demi satu.

1. Gunung Lembu


Tempat Wisata di Purwakarta
Gunung Lembu - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Purwakarta yang pertama adalah Gunung Lembu, yang merupakan objek wisata alam pegunungan yang mulai digandrungi oleh para pengunjung, terutama para pecinta alam dan pendaki gunung.

Dari puncak gunung ini, para pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Purwakarta dari atas ketinggian, sekaligus menyaksikan panorama destinasi populer Purwakarta lainnya, yakni Waduk Jatiluhur.

2. Taman Air Mancur Sri Baduga


Tempat Wisata di Purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga- SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat wisata berikutnya adalah objek wisata malam yang terkenal akan atraksi warna-warni air mancurnya, yakni Taman Air Mancur Sri Baduga.

Bukan hanya atraksi air mancur yang menyajikan kerlap warna-warni pada malam hari, di taman ini juga tersaji atraksi permainan laser yang tak kalah cantiknya dengan atraksi air mancur.

Taman ini buka tiap hari dan untuk masuk ke dalamnya tidak dipungut biaya sepeser pun.

3. Cikao Park


Tempat Wisata di Purwakarta
Cikao Park - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Merupakan objek wisata yang memiliki konsep kearifan lokal di mana di taman ini terdapat banyak wahana yang bisa dicoba, dan salah satunya adalah Taman Ilusi.

Bukan hanya itu di Cikao Park juga terdapat waterpark yang bisa dikunjungi oleh Anda bersama keluarga, dan ada pula yang tak kalah menariknya adalah kebun binatang mini yang di dalamnya terdapat beberapa koleksi hewan.

Di sekitar taman, juga tersedia fasilitas ATV yang disewakan yang tentunya bisa digunakan oleh pengunjung untuk menjelajah taman.

4. Situ Buleud


Masih berada satu komplek dengan Taman Air Mancur Sri Baduga, Situ Buleud menyajikan keindahan tersendiri.

Situ Buleud memiliki panorama alam yang cantik dengan berbagai wahana yang ada di dalamnya, luas danau ini sendiri mencapai hingga 4 hektar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk rileksasi sekaligus bersantai.

Jika Taman Air Mancur indah di malam hari, maka Situ Buleud tampak indah pada siang harinya.

5. Situ Wanayasa


Tempat Wisata di Purwakarta yang bertema danau atau situ selain Situ Buleud adalah Situ Wanayasa.

Tidak kalah cantiknya dengan Situ Buleud, Situ Wanayasa menghadirkan keindahan lain yang bisa menjadi daya tarik parang pengunjung untuk singgah.
.
Situ Wanayasa lokasinya berada di atas ketinggian dataran tinggi hingga selain panorama alamnya yang indah, juga aliran udaranya yang sangat segar.

Ada hal menarik dari Situ Wanayasa yang membuatnya jadi terlihat unik yakni keberadaan pulau yang ada di tengah situ yang semakin mempercantik situ ini.

6. Curug Cipurut


Bergeser ke objek wisata air terjun, terdapat destinasi yang menawan di tengah kerimbunan pohon-pohon yakni Curug Cipurut.

Terletak di Desa Babakan, Curug Cipurut hanya berjarak 30 kilomerer dari pusat Kota Purwakarta.

Curug Cipurut memiliki keunikan tersendiri karena memiliki curug berundak yang terbagi menjadi tiga bagian dengan yang paling atas memiliki ketinggian 25 meter, sementara dua sisanya hanya di bawah ketinggian air terjun utama.

7. Gunung Bongkok


Berdekatan dengan lokasi Gunung Lembu, tersapat gunung lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi oleh para pengunjung yakni Gunung Bongkok.

Meski ketinggiannya kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut, destinasi ini tetap disebut gunung meskipun secara tampilan fisik lebih cocok bila disebut bukit.

Pemandangan di atas puncak Gunung Bobgkok sangat memukau hingga tak heran banyak pengunjung yang rela mendaki tempat ini untuk sampai puncak.

8. Taman Wisata Batu Apung Alam Hijau


Merupakan taman wisata keluarga yang sudah ada semenjak tahun 2018 yang memiliki luas areal yang mencapai 3 hektar.

Lokasinya berdekatan dengan Situ Wanayasa, terdapat banyak spot foto cantik yang bisa diabadikan dalam jepretan kamera juga memiliki beberapa wahana yang bisa dimasuki.

9. Waduk Jatiluhur


Merupakan destinasi wisata di PurwaKarta paling populer yang lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Merupakan waduk yang ada sudah sejak tahun 1957.

Waduk ini memiliki fungsi sebagai penampungan air untuk banyak keperluan yang juga biasa digunakan untuk event olahraga multinasional.

Di lokasi ini juga para pengunjung bisa bermain ski air maupun kapal atau perahu kano.

10. Kolam Renang KTW


Merupakan destinasi wisata taman air yang di dalamnya terdapat tidak hanya kolam renang saja tetapi ada wahana-wahana lainnya yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Mulai dari wahana terapi ikan, hingga wahana yang memicu adrenalin yakni Flying Fox.

Untuk wahana-wahana yang ada bisa dinikmati dengan cara gratis karena sudah termasuk ke dalam tiket masuk kolam renang.

KTW sendiri merupakan kepanjangan dari Kahuripan Tirta Wanayasa yang selalu ramai dikunjungi terutama pada saat libur maupun akhir pekan.

11. Curug Tilu


Untuk bisa sampai di lokasi wisata ini, para pengunjung harus berusaha keras karena harus melewati medan yang tidak mudah, akan tetapi segala kelelahan ini akan terbayar karena keindahan panorama Curug Tilu sangat memukau.

Terletak di tempat yang cukup tersembunyi, Curug Tilu menyajikan keindahan yang alami.

Para pengunjung bisa merasakan kesegaran airnya yang sangat sejuk di kolam tampung curug ini.

12. Urban Farming Center


Merupakan wisata edukasi alam terbuka dengan konsep urban yang unik. Selain bisa belajar beternak dan berkebun, para pengunjung juga bisa mendapatkan spot-spot cantik untuk mendapatkan foto yang instagramable.

Urban Farming merupakan destinasi wisata alternatif yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau bersama-sama dengan si kecil untuk menambah wawasan pengetahuannya.


Tempat Wisata di Purwakarta sangat menarik untuk dikunjungi, jadi tidak salahnya untuk masuk agenda daftar destinasi kunjungan pada liburan Lebaran nanti.

Jadi untuk yang sudah memiliki rencana liburan Lebaran ke wilayah Kabupaten Purwakarta, alangkah baiknya mulai dari sekarang merancang rute paling menghemat waktu agar bisa mengunjungi beberapa destinasi dalam satu waktu.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.