Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

10 Tempat Wisata di Sukabumi Populer Bertemakan Alam yang Patut Anda Kunjungi

Tempat Wisata di Sukabumi
Curug Cikaso - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)


SwaraWarta.co.id - Bicara soal Sukabumi, bicara soal Tempat Wisata di Sukabumi yang didominasi oleh objek wisata yang berupa keindahan bentang alamnya, dari mulai pantai, gunung, dan dataran tingginya.

Tempat Wisata di Sukabumi menyajikan keindahan alamnya yang tidak terbantahkan dengan segala panoramanya yang menakjubkan.

Keindahan Sukabumi memang sudah sangat termasyhur sejak dari jaman dahulu yang tentunya menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung.

Tempat Wisata di Sukabumi memang kental dengan unsur alaminya dari mulai pesisir pantainya yang tersohor, hingga bukit-bukit hijauanya yang juga sama terkenalnya.

Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta alam atau para traveler yang suka tantangan dan mencari lokasi-lokasi wisata baru yang belum sempat mereka kunjungi.

Tempat Wisata di Sukabumi yang Populer dengan Keindahan Alamnya


Tempat Wisata di Sukabumi
Jembatan Situ Gunung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Dari banyaknya wisata alam yang terdapat di Sukabumi, para pengunjung tentunya sangat leluasa untuk menentukan destinasi mana yang akan dikunjungi atau destinasi mana yang menjadi tujuan utama kunjungan.

Tempat Wisata di Sukabumi sangat cocok didatangi oleh para penyuka petualangan atau para pecinta alam, meskipun tidak menutup kemungkinan juga berasal dari para traveler biasa atau bahkan dari orang-orang yang hanya sekadar mencari tempat menenangkan diri.

Tentunya tempat wisata di Sukabumi akan memberikan sensasi berbeda bagi siapa pun yang akan menjamahnya.

Alam Sukabumi terkenal karena kehijauan dan serta kesegarannya, jadi tidaklah salah kalau banyak tempat di Sukabumi yang menjadi destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Para wisatawan, di Sukabumi ini bisa memilih untuk berwisata ke area mana. Yang menyukai deburan ombak dan deru angin dan laut biru, pantai tentunya yang jadi tujuan.

Atau yang suka kemping dan menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, tentunya destinasi yang bakal dipilih adalah puncak gunung atau bukit.

Lantas, Tempat Wisata di Sukabumi apa saja yang bisa jadi akan menjadi referensi para traveler untuk mengunjunginya. Mari kita cek satu per satu.

1. Pantai Pelabuhan Ratu


Tempat Wisata di Sukabumi
Pantai Pelabuhan Ratu - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Tempat Wisata di Sukabumi yang pertama adalah wisata pantai yang merupakan destinasi primadona di Sukabumi, yakni Pantai Pelabuhan Ratu.

Pesona keindahan pantai ini bahkan sudah terkenal sejak jaman dahulu sebelum menjadi pantai yang seindah seperti saat ini.

Pantai Pelabuhan Ratu sangat identik dengan keberadaan Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul, bahkan di salah satu hotel di kawasan ini terdapat kamar khusus bernomor 308 yang dipercaya kerap didatangi oleh Sang Ratu.

2. Curug Cikaso


Tempat Wisata di Sukabumi
Curug Cikaso - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Merupakan destinasi wisata yang berupa air terjun dengan air yang sangat jernih dengan keberadaanya yang terletak di kawasan rimbun pepohonan hingga suasana yang dihadirkan begitu segar.

Memiliki 3 aliran utama, Curug Cikaso ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter dengan lebar tebing tempat ketiga air terjun ini jatuh kurang lebih 100-an meter.

Curugnya sendiri jatuh ke bawah ke kolam tampung yang berupa sungai berair jernih.

3. Pantai Ujung Genteng


Tempat Wisata di Sukabumi
Pantai Ujung Genteng - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Merupakan pantai dengan panorama masih asri karena belum banyak dikunjungi orang, sehingga panorama alamnya masih terlihat alamiah.

Pantai Ujung Genteng ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa cantiknya ditambah lagi dengan keberadaan hamparan pasir pantainya yang berwarna putih bersih dengan ombaknya yang juga tak kalah menakjubkan.

4. Situ Gunung


Tempat Wisata di Sukabumi
Situ Gunung - SwaraWarta.co.id (Sumber: Pinterest)



Destinasi wisata di Sukabumi yang satu ini merupakan danau alami yang berada di areal ketinggian yakni di lereng Gunung Pangrango yang terkenal itu.

Berada di ketinggian 1.017 meter di atas ketinggian, Situ Gunung menyajikan keindahan alamnya yang tiada tara. Para pengunjung tentunya akan berdecak kagum dibuatnya.

Selain kerap dijadikan lokasi untuk berkemah, kawasan Situ Gunung ini juga menyajikan keunikan lainnya yakni terdapat jembatan gantung yang sangat panjang.

Jembatan ini menghubungkan Situ Gunung dengan Curug Sawer.

5. Geopark Ciletuh


Di lokasi ini terdapat geyser Cisolok yang unik di mana semburan air panasnya tidak pernah berhenti, intens dan terus menerus.

Geopark Ciletuh memiliki luas area hingga mencapai hampir 128 ribu hektar yang membentang dari arah timur hingga ke barat.

Selain Geyser Cisolok, di area Geopark Ciletuh terdalat pula destinasi wisata lain yakni ada Bukit Teletubies hingga Pantai Cibuaya, dan juga Curug Puncak Manik yang indah memanjakan mata.

6. Curug Sawer

Lokasinya berdekatan dengan Situ Gunung, di mana untuk sampai ke kedua lokasi alamiah ini para pengunjung bisa melewati jembatan gantung yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Bukan hanya curugnya saja yang menjadi daya tarik para pengunjung, lebih dari itu, panorama di sekitarnya yang rimbun, hijau, dan asri mampu menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung untuk datang dan datag ke lokasi curug ini.

7. Curug Cibeureum


Masik bertemakan wisata air terjun, Curug Cibeureum memiliki daya tarik tersendiri yang tidak kalah dari curug-curug lainnya di Sukabumi.

Memiliki hutan yang masih rimbun dan asri, Curug Cibeureum juga terkenal dengan sebutan Curug Sentral.

Di kawasan hutan sekitar Curug Cibeureum terdapat habitat sekumpulan monyet yang kadang suka menampakkan diri kepada pengunjung, namun tidak usah khawatir, monyet-monyet ini tidak mengganggu.

8. Pondok Halimun


Merupakan tempat wisata alam yang menyediakan wahana outbond, sehingga para pengunjung bisa leluasa bermain-main sekaligus menikmati keindahan alam di kawasan Pondok Halimun ini.

Ada banyak pilihan wahana yang bisa digunakan, dari mulai river tubing, sky bike, dan wahana-wahana menantang lainnya.

Para pengunjung akan sangat dimanjakan, bukan hanya karena pemandangan alamnya yang sangat mempesona saja, tetapi juga kesegaran udaranya yang bebas dari polusi.

9. Pantai Karang Hawu


Kembali bergeser ke destinasi wisata kawasan pesisir, kali ini ada Pantai Karang Hawu, di mana di pantai ini para pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan alam pantai dengan batu karangnya yang berdiri di bibir pantai.

Namun, pantai yang satu ini bisa dikatakan sangat dikeramatkan karena masih dianggap bersinggungan dengan sang Ratu penguasa pantai Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Bukan hanya itu, pantai ini juga memiliki keterhubungan dengan salah satu tokoh terkenal pada masa lalu, Syekh Hasan Ali yang makamnya terdapat di area lokasi ini.

10. Taman Nasional Gunung Halimun-Salak


Merupakan sebuah tempat wisata yang sangat populer terutama untuk kalangan para pecinta pendakian gunung.

Di lokasi ini juga terdapat salah satu destinasi yang juga sangat terkenal yakni Kawah Ratu.

Pemandangan alam di lokasi wisata ini tidak harus diragukan lagi, sepanjang mata memandang, hamparan dan kerindangan pohon-pohon yang menghijau mampu memberikan aura kesegaran tidak tertandingi.


Tempat Wisata di Sukabumi memang didominasi oleh objek wisata alam, jadi hampir ke semua objek wisata yang ada tidak jauh-jauh dari panorama alam.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.