Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Tiger 2000, Motor Favorit Anak Muda yang Miliki Sejumlah Kelebihan

Tiger 2000, Motor Favorit Anak Muda yang Miliki Sejumlah Kelebihan
Tiger 2000 (Dok. Ist)


 SwaraWarta.co.id - Honda Tiger 2000 dikenal sebagai motor paling terkenal pada era 90-an di Indonesia. 

Motor ini sangat digemari pecinta otomotif Tanah Air dan telah berhasil mencapai popularitas yang cukup tinggi. 

Selain itu, motor ini menjadi kasta tertinggi di lini motor Honda dan termasuk motor termahal saat itu. 

Motor ini memiliki mesin yang bertenaga dan memiliki kapasitas mesin yang besar yaitu sebesar 196,9 cc.

Honda Tiger 2000 terdiri dari dua varian, yaitu Tiger 2000 Super Cruiser dan New Super Cruiser. Kedua varian tersebut tidak memiliki perbedaan pada mesin

Mesin motor keluaran Honda ini memiliki karakter yang sama dengan mesin pendahulunya, Overbore; Bore x Stroke 63,5 x 62,2 mm. 

Motor ini juga dilengkapi dengan transmisi manual 6 percepatan, sehingga memudahkan pengguna dalam bermanuver dengan lebih lancar. 

Selain itu, motor ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal hingga 17 Ps pada 8.500 Rpm dan torsi maksimal sebesar 1,6 kgf.m pada 7.000 Rpm.

Desain Tiger 2000

Tiger 2000, Motor Favorit Anak Muda yang Miliki Sejumlah Kelebihan
Tiger 2000 (Dok.Ist)


Honda Tiger 2000 memiliki desain yang aerodinamis serta elegan. Desain bodinya sudah dirancang dengan konsep desain yang cukup sporty sehingga tampilannya semakin terlihat modern. 

Motor ini dibekali dengan reflektor headlamp yang diganti dengan diamond cut, menggunakan handle bar yang kini dibuat menyatu dan menggunakan dua bohlam yang dipasang secara horizontal pada lampu utama dan belakangnya. 

Desain bodi motor ini konsisten dengan lekukan neo-klasiknya, dan bodi belakangnya dibuat sedikit menukik ke atas sehingga tampilan Honda Tiger 2000 semakin sporty.

Honda Tiger 2000 juga menggunakan rangka pola berlian pada bagian kaki-kakinya yang memiliki kacamata 18 inci. 

Di bagian pengeremannya, motor ini menggunakan cakram pada roda depan dan tromol pada rem bagian belakang. 

Meskipun rangka besi ini cukup berat, namun hal ini masih dapat diatasi berkat penempatan kursi yang relatif bisa diangkat.

Kekurangan Tiger 2000

Sistem bahan bakar pada motor tersebut masih menggunakan jenis karburator yang mengakibatkan konsumsi bahan bakarnya lebih boros.

Motor ini lebih boros dibandingkan dengan motor-motor keluaran terbaru lainnya yang sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi. 

Kekurangan lainnya pada Tiger 2000 adalah bagian tangki bahan bakarnya yang tipis dan rentan bocor. 

Selain itu, rantai motor ini dinilai sangat berisik, sehingga suara yang dihasilkan dapat mengganggu para pengguna motor.

Kelebihan Tiger 2000

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, Honda Tiger 2000 tetap menjadi favorit di kalangan para penggemar otomotif di Indonesia. 

Motor yang memiliki mesin besar, desain sporty and modern, dan kinerja luar biasa ini merupakan impian bagi sebagian orang di Indonesia. 

Meski produksi motor ini telah dihentikan, tetapi penggemar otomotif masih terus menggemari motor Honda Tiger 2000.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter