Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

BPBD Kota Batu Evakuasi Empat Pendaki Hipotermia di Gunung Buthak

Hipotermia
Evakuasi Korban Hipotermia Gunung Buthak - SwaraWarta.co.id (Sumber: ceritarelawan.id)


SwaraWarta.co.id - Sejumlah empat orang pendaki dikabarkan harus di-Evakuasi turun dari puncak gunung pasca diberitakan mengalami hipotermia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu langsung mengevakuasi empat pendaki yang mengalami hipotermia tersebut dari Gunung Buthak, wilayah Kota Batu, Jawa Timur.

Dalam prosesi evakuasi tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu, Agung Sedayu, menyampaikan pada Kamis bahwa para pendaki tersebut berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan sekitar pukul 09.00 WIB.

"Tim melakukan evakuasi terhadap empat orang pendaki yang mengalami hipotermia di Gunung Buthak," ujar Agung.

Para pendaki yang dievakuasi adalah Agus Firdaus (17), Fattah Mahendra (17), Farel Bagus Firmansyah (16), dan Gabriel Yustinus A Paulo (16). Keempat pendaki tersebut merupakan warga Kabupaten Sidoarjo.

BACA JUGA: Polisi Pandeglang Amankan Pelaku Pengedar Narkoba, Pihaknya Minta Masyarakat Waspada


Menurut Agung, proses evakuasi dilakukan oleh BPBD Kota Batu bersama-bersama dengan para Petugas Pos Pendakian Gunung Panderman, Perhutani RPH Oro-Oro Ombo.

Tak ketinggalan dibantu juga oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Tani Desa Pesanggrahan, PSC Kota Batu, dengan tidak ketinggalan dibantu pula oleh masyarakat setempat.

"Survivor berhasil dievakuasi di Petak 87 dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan oleh PSC Kota Batu di Pos Loket Pendakian Gunung Panderman Buthak," jelasnya.

Para pendaki tersebut mulai mendaki dari Pos Pendakian Gunung Panderman menuju Gunung Buthak pada Kamis (23/5) sekitar pukul 01.30 WIB.

Dalam pendakian tersebut, mereka tersesat. Pada pukul 05.30 WIB, para pendaki menghubungi pos pendakian dan informasi tersebut diteruskan ke Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kota Batu.

"Keempat pendaki tersebut berhasil dievakuasi tim gabungan dalam kondisi selamat," tambah Agung.

BACA JUGA: Terungkap Rumah Pegi Dalang Pembunuhan Vina Tak Jauh dari TKP


BPBD Kota Batu mengimbau para pendaki untuk mencegah hipotermia dengan mengenakan pakaian hangat seperti jaket tahan angin dan tahan air.

Selain itu, BPBD juga mengingatkan para pendaki untuk membawa pakaian ganti agar bisa mengganti baju jika basah, menyediakan minuman dan makanan hangat, serta menghindari kafein dan alkohol.

Pendaki juga disarankan untuk mengonsumsi banyak makanan ringan guna mengganti energi yang hilang.

Agung juga menekankan pentingnya mempersiapkan kondisi fisik sebelum melakukan pendakian, tidak mendaki secara mandiri, dan disarankan untuk berkelompok.

"Memahami peta jalur pendakian dan menyimpan nomor petugas pos pendakian atau tim SAR juga sangat penting," kata Agung.

Evakuasi ini menunjukkan koordinasi yang baik antara BPBD Kota Batu dan berbagai pihak terkait dalam menangani situasi darurat di wilayah pendakian.

Dengan adanya kesiapan dan respons cepat dari petugas, keselamatan para pendaki dapat terjamin meski dalam kondisi darurat seperti ini.

BPBD Kota Batu juga berharap agar insiden ini menjadi pelajaran bagi para pendaki lain untuk lebih berhati-hati dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan pendakian, terutama di gunung-gunung dengan kondisi cuaca yang ekstrem.

Masyarakat diimbau untuk selalu mengikuti panduan keselamatan yang diberikan oleh petugas guna mengurangi risiko kecelakaan dan kondisi darurat selama pendakian.

Dengan penanganan yang tepat dan koordinasi yang efektif, diharapkan kejadian seperti ini dapat diminimalisir di masa depan, sehingga pendakian di wilayah Gunung Buthak dan sekitarnya dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi semua pendaki.***
Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.