Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Jamaah Haji Kloter Pertama Asal Indonesia Tiba di Tanah Suci Kemarin

 

Jemaah haji
Jemaah haji
( Dok. Ist)

SwaraWarta.co.id - Sebuah kloter jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah, Arab Saudi pada pukul 07.55 waktu setempat. 

Kloter pertama ini berasal dari Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG) dan merupakan kedatangan pertama jemaah haji Indonesia. 

Para jemaah yang tiba pada Minggu (12/5/2024) pagi ini langsung diarahkan melalui pintu kedatangan fast track sehingga mereka bisa membawa koper kabin langsung ke dalam bus tanpa harus melalui pemeriksaan dokumen visa dan paspor di bandara Madinah. 

Ada beberapa pejabat yang menyambut kedatangan para jemaah, di antaranya Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Azis Ahmad, Konjen RI di Jeddah Yusron, dan Kepala Daker Madinah Ali Machzumi.

Baca Juga:

Inspiratif! Pemulung Asal Ponorogo Akan Naik Haji Usai Menabung Selama 26 Tahun

Dalam pernyataannya, Dubes RI di Arab Saudi, Abdul Azis mengatakan bahwa pelayanan yang disediakan oleh petugas PPIH untuk menyambut jemaah Indonesia sudah sangat baik. 

"Alhamdulillah, pelayanan kali ini sangat bagus. Karena ini datang melalui jalur fast track jadi gak perlu lama-lama mengantri di airport," ucap Azis.

Azis pun memberikan pesan kepada para jemaah untuk tidak terlalu memaksa diri dalam menjalankan ibadah setelah tiba di Madinah. Terlebih lagi, puncak haji pada saat Armuzna masih jauh.

"Ibadah itu bagus, tapi jangan terlalu memforsir fisik yang justru bisa mengurangi tenaga. Jangan nanti karena melakukan Arbain terus kita saat puncak haji kehilangan tenaga," katanya.

Baca Juga:

Mengapa Ibadah Haji Diwajibkan Hanya untuk Orang yang Sudah Mampu?

Ada 393 orang dalam manifest kloter tersebut, di mana 388 di antaranya merupakan calon jemaah haji dan 5 lainnya adalah petugas yang terdiri dari ketua kloter, tenaga kesehatan, dan pelatih ibadah. 

Terdapat 224 jemaah wanita dan 169 jemaah pria, dengan 79 jemaah berusia lanjut dan 13 orang menggunakan kursi roda. 

Semua jemaah diangkut dengan menggunakan 9 bus menuju Hotel Abraj Tabah yang terletak di utara Masjid Nabawi Madinah.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter