Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Membanggakan! Banyuwangi Kembali Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Paralayang Internasional

Membanggakan! Banyuwangi Kembali Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Paralayang Internasional
Bupati Banyuwangi saat mencoba paralayang (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Banyuwangi menjadi tuan rumah ajang sport tourism bertaraf internasional, yaitu International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 2024 Category 2 (Cat 2). 

Kejuaraan ini akan berlangsung di puncak Gunung Menyan, Kecamatan Kalibaru pada tanggal 25-28 Mei 2024. 

Pemkab Banyuwangi dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Banyuwangi bekerja sama dalam menggelar kejuaraan ini.

"Kami bersyukur Banyuwangi dipilih jadi tuan rumah rangkaian series IPAC. Dengan event ini, tentunya membuktikan Gunung Menyan layak terus dikembangkan potensinya sebagai spot paralayang di Indonesia," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (23/5). 

Baca Juga:

Balon Udara Siap Hiasi Langit Pekalongan pada Puncak Syawal

Gunung Menyan memiliki ketinggian 730 meter di atas permukaan laut, sehingga terbang dengan paralayang dari sana menyuguhkan pemandangan indah dari atas. 

"Sport tourism seperti paralayang ini merupakan salah satu cara kami untuk memperkenalkan potensi destinasi Gunung Menyan yang menyuguhkan keindahan lansekap gunung purba dari ketinggian," kata Ipuk yang pernah menjajal paralayang di Gunung Menyan.

Kejuaraan ini akan diikuti oleh 87 peserta, dengan 83 atlet berasal dari dalam negeri dan 4 atlet dari luar negeri.

Kejuaraan Paralayang International Cat 2 ini akan memperlombakan 4 nomor, yakni umum, putri, beregu, dan junior under 26 (U-26). 

Selain itu, kejuaraan ini akan mendukung pengembangan destinasi wisata dirgantara di Banyuwangi dan memperkenalkan para atlet baru di bidang paralayang.

"Diikuti atlet dari berbagai negara. Dengan kejuaraan ini akan mendukung pengembangan destinasi baru wisata dirgantara. Dan yang lebih penting, mengenalkan dan mencetak atlet-atlet baru paralayang," kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Alfin Kurniawan. 

Pemkab Banyuwangi berharap kejuaraan ini dapat memberikan kesan positif bagi para atlet dan mempromosikan potensi destinasi Gunung Menyan yang menakjubkan. 

Baca Juga:

Catat Sekarang! Ini Dia Syarat Daftar Duta Lingkungan Provinsi Jawa Barat 2024

Menariknya, kejuaraan IPAC tahun ini merupakan kali ketiga Banyuwangi menggelar kejuaraan paralayang dan semakin banyak atlet yang bermunculan dari sana.

"Diikuti atlet dari berbagai negara. Dengan kejuaraan ini akan mendukung pengembangan destinasi baru wisata dirgantara. Dan yang lebih penting, mengenalkan dan mencetak atlet-atlet baru paralayang," kata Alfin



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter