Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Microsoft Perkenalkan Copilot+ PC dengan Fitur AI Eksklusif: Snapdragon Jadi Andalan, Intel dan AMD Tertinggal

Microsoft Copilot
Copilot+ PC - SwaraWarta.co.id (Sumber: Microsoft)


SwaraWarta.co.id - Pada bulan Oktober 2023, Intel mengumumkan tentang "AI PCs" untuk windows, yang membuat banyak orang berspekulasi tentang apa yang terlibat dalam menghadirkan kekuatan AI lokal pada laptop atau desktop PC yang memadai.

Pada bulan Desember, Intel mulai mengirimkan "AI PCs" pertama mereka, serangkaian laptop dengan CPU Core Ultra "Meteor Lake" yang dilengkapi dengan Neural Processing Units (NPUs).

Banyak konsumen membeli laptop ini dengan harapan bahwa Microsoft akan menambahkan fitur AI lokal baru yang memanfaatkan kekuatan pemrosesan tambahan ini.

Namun, pada acara Microsoft yang diadakan pada 20 Mei, penantian dan spekulasi ini sebagian besar terjawab.

Raksasa perangkat lunak tersebut memperkenalkan kelas komputer baru, Copilot+ PC, yang akan mendapatkan serangkaian fitur AI eksklusif untuk Windows.

Sayangnya, laptop dengan Intel Meteor Lake atau AMD Ryzen 7000 CPU tidak cukup kuat untuk memenuhi standar ini, jadi jika Anda membeli salah satunya dengan harapan akan mendapat manfaat dari pembaruan Windows di masa depan, Anda membuang-buang uang.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Pembersih Sampah Terbaik untuk Desktop Maupun Laptop Anda


Copilot+ PC pertama hanya akan hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon seri X.

Ketika CEO Microsoft Satya Nadella berbicara tentang inisiatif Copilot yang baru, ia menekankan pentingnya bergerak melampaui cloud dan fokus pada perangkat untuk urusan AI.

Katanya: kita perlu belajar "bagaimana membangun komputer yang memahami kita, bukan kita yang harus memahami komputer."

Orang-orang sangat mendukung ide bahwa komputer harus membantu meringankan beban untuk membuat diri mereka lebih berguna, ramah, dan meningkatkan produktivitas.

Menariknya, ini tampaknya sebagai strategi untuk mendorong pengguna dari semua kalangan, mulai dari hobiis hingga profesional TI, ilmuwan data, dan pengembang perangkat lunak untuk membeli PC baru yang lebih mahal demi mencapai 'nerdvana' baru yang berani.

Sayangnya, mereka yang membeli "AI PC" bertenaga Intel hari ini tidak termasuk dalam pesta ini.

Selama acara tersebut, model Surface Laptop dan Pro PC baru membantu mendemonstrasikan manfaat yang dapat diberikan oleh Copilot+ PC. EVP dan Chief Marketing Officer Konsumen Microsoft, Yusuf Mehdi, menggambarkan mereka sebagai "PC Windows tercepat" yang pernah dibuat, berkat sistem operasi Windows 11 yang didesain ulang.

Fitur baru Windows 11 yang disebut Recall dapat membantu pengguna "menemukan apa pun yang pernah mereka lihat atau lakukan di komputer mereka."

Recall juga bekerja dengan perintah suara.
Copilot+ PC yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon seri X sedang dalam perjalanan dari semua OEM biasa, termasuk Acer, Asus, Dell, HP, dan Lenovo.

BACA JUGA: Menjelajahi Steam Controller, Mengubah Paradigma dunia Gaming PC


Dan saat ini, hanya prosesor Snapdragon yang memenuhi syarat untuk branding Copilot+ PC dan fitur tambahan yang menyertainya.

Satu masalah besar dengan menggunakan PC yang memiliki prosesor Snapdragon adalah bahwa ini memerlukan Windows on Arm dan mungkin ada masalah kompatibilitas.

Namun, serangkaian peningkatan untuk Windows on Arm akan mendukung Copilot+ PC, termasuk aplikasi asli Microsoft dan pihak ketiga untuk platform Arm dan emulator Prism baru yang menjanjikan kompatibilitas solid dengan aplikasi x86.

Adobe juga membawa Creative Suite-nya ke Windows on Arm.

Model Surface baru ini jauh lebih cepat daripada pendahulunya: Surface Laptop Copilot+ Pro dikatakan 80% lebih cepat daripada Surface Laptop 5.

Selain itu, model ini dapat menjalankan tiga monitor 4K bersamaan dengan layar bawaannya (yang tidak memiliki notch) dan menjanjikan masa pakai baterai terpanjang untuk model Surface mana pun. Statistik serupa juga berlaku untuk model Surface Pro Copilot+ PC.

Dengan semua kemajuan ini, Microsoft tampaknya siap untuk mendorong batasan bagaimana kita berinteraksi dengan teknologi, dengan Copilot+ PC di garis depan transformasi ini.

Bagi mereka yang tertarik untuk berada di garis depan inovasi AI lokal, PC dengan prosesor Qualcomm Snapdragon seri X tampaknya menjadi pilihan yang harus dipertimbangkan.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter