Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Zulhas Soroti Harga Daging Ayam

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan
 (Dok. Ist)


 SwaraWarta.co.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) telah mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) Rawa Kepiting di Jakarta Timur. 

Zulhas mengamati biaya pemotongan ayam yang di sana terlampau murah.

Dilansir dari detikcom menjumpai Zulhas di RPH Rawa Kepiting pada Sabtu (4/5/2024), dia telah berada di lokasi tersebut sejak pukul 06.53 WIB. 

BACA JUGA: Harga Cabai Perlahan Menurun, Zulhas Buka Suara

Zulhas segera memeriksa bagaimana pemotongan unggas dilakukan di tempat itu.Zulhas terkejut ketika mengetahui harga pemotongan ayam yang terlalu murah. 

Ia menyarankan untuk menaikkan harga potong ayam dari Rp 200 menjadi Rp 500.

"Rp 200 perak murah amat. Kalau Rp 200 rugi, kalau Rp 500 nggak. Rp 200 terlalu murah kalau nggak disubsidi tekor," ucapnya pada saat melihat-lihat pemotongan unggas yang ada di RPH Rawa Kepiting, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Cuaca Ekstrem, Zulhas Sebut Wacana Impor Beras

Zulhas menekankan bahwa pemotongan ayam disertifikasi halal harus ditetapkan, dan karena itu, ia memeriksa proses pemotongan ayam di tempat asalnya juga.

Ia meminta seluruh pelaku industri di bidang ini untuk melakukan pemotongan hewan ayam yang benar, sehat, dan bersih. 

"Ayam atau ayam potong itu harus ada sertifikat halal, Oktober sih udah nggak tawar-tawa lagi untuk besok harus ada sertifikasi halal. Nah Oleh karena itu proses pemotongan tadi kita lihat cara motongnya kebersihannya kesehatan hewannya ada dokter ya," jelas dia.

"Kalau dulu kan di kampung saya kalau ayam kelindes mobil langsung dipotong untuk apa ayam potong itu memenuhi standar agar tidak merugikan konsumen kita yang kita konsumsi itu sehat halal ya, Bu. Ya seperti makanya saya ajak teman-teman melihat rumah potong yang punya pemda DKI," imbuhnya.

Zulhas akan terus memeriksa semua unsur yang ada sehingga konsumen puas.

"Inikan kita perlahan semua harus memenuhi standar kesehatan, begitu juga kemarin saya baru melaksanakan hari konsumen mulai dari pom bensin, timbangan nanti saya cek juga gas 3 kg. Nanti kita cek bener nggak gas ijo beratnya 3 kg," tutupnya.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter