Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Calvin Verdonk Siap Perkuat Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026

Calvin Verdonk
Calvin Verdonk Siap Bela Timnas pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 - SwaraWarta.co.id (Bola.net)


SwaraWarta.co.id - Dari persiapan laga menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir telah mengonfirmasi bahwa salah satu pemain diaspora, Calvin Verdonk siap untuk bergabung dengan Timnas Indonesia.

Calvin akan ikut dipersiapkan dalam pertandingan melawan Filipina pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meskipun begitu, keputusan akhir mengenai pemain yang akan bermain tetap sepenuhnya berada di tangan pelatih, Erick memastikan bahwa Calvin Verdonk siap bertanding.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Erick di Jakarta pada hari ini, Rabu, menyusul persetujuan dari Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengenai proses peralihan asosiasi Calvin Verdonk dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI.

BACA JUGA: Penjelasan Kementerian Keuangan tentang Penggunaan Dana Publik untuk Tapera dan FLPP


Setelah menerima persetujuan dari FIFA, PSSI segera mengirimkan surat konfirmasi tersebut kepada Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada hari yang sama.

Namun, Erick Thohir juga menjelaskan bahwa jika proses administrasi yang sedang berjalan di AFC belum selesai hingga Kamis tanggal 5 Juni besok, Calvin tidak akan bisa dimainkan saat timnas Indonesia berhadapan dengan timnas Irak di GBK, Jakarta.

Bek berusia 26 tahun yang saat ini merumput bersama NEC Nijmegen di liga Belanda tersebut baru bisa diturunkan saat Indonesia menjamu Filipina pada 11 Juni mendatang.

Erick Thohir menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI Puan Maharani, serta pimpinan dan anggota Komisi X dan Komisi III yang telah berperan besar dalam mempercepat proses naturalisasi Calvin Verdonk.

Dia mengakui bahwa banyak pihak di dalam negeri yang telah membantu memperlancar prosedur untuk menjadikan Calvin sebagai warga negara Indonesia agar segera bisa memperkuat timnas dalam pertandingan-pertandingan penting.

Proses peralihan asosiasi ini adalah langkah penting bagi PSSI dalam mempersiapkan timnas untuk menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026.

Calvin Verdonk diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi skuad Garuda.

BACA JUGA: Cara Cek Tenaga Honorer yang Terdata di Database BKN, Hanya 3 Langkah Saja


Kehadirannya di timnas menambah kekuatan di lini pertahanan dan memberikan opsi tambahan bagi pelatih dalam merancang strategi menghadapi lawan-lawan di kualifikasi.

Calvin Verdonk, dengan pengalaman bermain di liga Eropa, diharapkan mampu membawa kualitas dan pengalamannya ke dalam timnas Indonesia.

Ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang PSSI untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia dengan memasukkan pemain-pemain berbakat dari diaspora yang memiliki kualifikasi untuk memperkuat tim nasional.

Dengan semakin mendekatnya pertandingan melawan Filipina, harapan besar ditempatkan pada kemampuan dan kontribusi Calvin Verdonk di lapangan.

PSSI dan seluruh pendukung sepak bola Indonesia berharap bahwa proses administrasi di AFC dapat segera diselesaikan sehingga Calvin bisa segera bergabung dan bermain bersama timnas.

Secara keseluruhan, usaha yang dilakukan oleh PSSI dan dukungan berbagai pihak di pemerintahan menunjukkan komitmen yang kuat untuk memajukan sepak bola Indonesia.

Langkah-langkah strategis seperti naturalisasi pemain berbakat dari luar negeri adalah bagian dari upaya untuk mencapai hasil yang lebih baik di kancah internasional, termasuk di ajang Piala Dunia 2026.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan penuh dari berbagai pihak, PSSI optimis bahwa timnas Indonesia dapat tampil lebih kompetitif dan meraih hasil positif dalam kualifikasi yang akan datang.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter