Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Mengatasi Anak yang Bandel Tanpa Kekerasan, Bunda Wajib Mengerti!

 

Anak bandel
Anak bandel
( Dok. Ist)

Swarawarta.co.id - Cara mengatasi anak yang bandel memang tergolong menjadi tantangan tersendiri. 

Pasalnya bunda sering kewalahan dalam menerapkan cara mengatasi anak yang bandel. 

Ragam Cara Mengatasi Anak yang Bandel

Berikut ini sejumlah cara mengatasi anak yang bandel menurut sejumlah pendapat:

1. Bersikap Baik dan Sabar

Anak seringkali meniru tingkah laku orang tua. Jika Anda bersikap marah dan kasar terhadap anak, maka anak akan merasa takut atau lebih menyukai hal yang baru-baru saja dilarang. 

Baca Juga: Posisi Menyusui Sambil Tidur dan Keuntungannya

Oleh karena itu, selalu jaga sikap dan bersabarlah saat menghadapi anak yang bandel. Ingatlah bahwa anak merespons dengan baik saat Anda bersikap baik.

2. Saling Komunikasi

Saling komunikasi adalah kunci dalam menghadapi anak yang bandel. Ajaklah anak berbicara dengan baik dan mudah dimengerti. 

Baca Juga: Cara Terapi Anak Autis di Rumah, Terapkan Mulai Sekarang!

Berikan alasan mengapa hal itu harus dilakukan atau jangan dilakukan. Mintalah pendapat dari anak dan berikan solusi terbaik yang bisa diterapkan bagi keduanya. 

3. Memiliki Aturan dan Konsekuensi yang Jelas

Anak yang bandel perlu mengerti bahwa ada aturan yang harus diikuti di rumah. Aturan ini perlu disepakati bersama antara orang tua dan anak. 

Baca Juga: Bagaimana Sikap Ibu/bapak Jika Menemukan Murid yang Memiliki Masalah Pribadi dan Akademik?

Contohnya jam tidur, batas menonton TV, makan makanan sehat dll. Berikan konsekuensi yang jelas dan adil jika anak melanggar aturan tersebut. 

4. Lakukan Aktivitas Positif dengan Anak

Aktivitas yang positif akan membantu anak untuk memperbaiki tingkah laku. Hal ini bisa dibuktikan dengan mengajak anak mengikuti kegiatan yang mengasah keterampilan sosial, termasuk kegiatan sosial dengan orang seumuran atau terlibat dalam aktivitas seperti senam, basket, bulu tangkis atau makan di luar dengan keluarga besar. 

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Membaca Tanpa Mengeja, Terapkan Mulai Sekarang

Bersamaan dengan siswa lain, anak-anak akan lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam mematuhi aturan. Selain itu, melakukan aktivitas positif bersama anak juga dapat mempererat ikatan emosional antara orang tua dan anak.

5. Beri Hadiah atau Pujian

Beri pujian atau hadiah pada anak setiap kali mereka mengikuti aturan atau melakukan kegiatan positif. Hal ini akan membantu meningkatkan minat anak dalam mengikuti aturan dan memberikan efek yang positif pada tingkah laku anak.

 Ingatlah untuk tidak memberikan hadiah atau pujian yang berlebihan. Hadiah atau pujian ini hanyalah sebagai bentuk apresiasi atas perbuatan positif yang telah dilakukan.

Dengan cara tersebut anak yang bandel mudah mendapatkan penanganan. Hindari memukul anak lantaran bisa berefek buruk pada mental



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter