Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami
Cara menghilangkan flek hitam (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Kesehatan kulit sangatlah penting untuk menunjang penampilan. Flek hitam atau hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit terlalu banyak memproduksi zat melanin, sehingga menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata.

Baca Juga:

Kandungan dan Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun ada banyak obat-obatan dan perawatan dokter yang bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai alternatif perawatan kulit mereka, karena lebih aman. 

Rekomendasi Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

Meskipun saat ini banyak obat kecantikan yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam, Kamu dapat menggunakan bahan alami seperti:

1. Lidah Buaya 

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam adalah lidah buaya. 

Gel lidah buaya memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit, serta membantu meratakan warna kulit. 

Lidah buaya juga mengandung aloin yang mampu mencerahkan kulit akibat hiperpigmentasi sehingga dapat memudarkan flek hitam pada wajah.

2. Teh Hijau

Selain lidah buaya, teh hijau juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah. 

Baca Juga:

Minyak Zaitun dalam Budaya dan Mitologi: Simbol Keberkahan dan Kekuatan Mistis

Menurut studi di Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, penggunaan ekstrak teh hijau secara rutin mampu mencerahkan flek hitam karena kandungan dalam teh hijau memiliki sifat depigmentasi sehingga membuat kulit menjadi lebih cerah.

3. Tomat

Tomat juga bisa dijadikan sebagai toner alami untuk membantu mengurangi flek hitam di wajah. 

Baca Juga:

6 Manfaat Air Kelapa Hijau: Ternyata Salah Satunya dapat Menurunkan Tekanan Darah

Tomat mengandung likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencerahkan kulit.

4. Bahan Alami Lainnya

Selain itu, beberapa bahan alami lainnya seperti yoghurt dan lemon, madu, pepaya, minyak kelapa, susu, pisang, dan kunyit juga bisa digunakan sebagai cara alami untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Penyebab Flek Hitam pada Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami
Cara menghilangkan flek hitam (Dok. Ist)

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan bahan-bahan alami ini. 

Pertama, tanyakanlah pada dokter sebelum menggunakan bahan alami di atas, terlebih lagi, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. 

Kedua, hasil yang didapatkan dari bahan-bahan alami ini mungkin berbeda-beda pada setiap orang, jadi pastikan untuk melakukan uji tempel pada kulit sebelum menggunakan secara rutin.

Selain menggunakan bahan-bahan alami, ada beberapa faktor penyebab flek hitam yang perlu dihindari atau diperhatikan. 

Baca Juga:

Manfaat Buah Bidara Sunda untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Misalnya paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan dapat merangsang produksi melanin dalam kulit, sehingga timbul flek hitam. 

Stres kronis dan penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia agresif atau tidak aman juga dapat meningkatkan risiko flek hitam.

Jika flek hitam di wajahmu tidak kunjung hilang atau semakin parah, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan saran terbaik dalam perawatan kulitmu.

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.