Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Cara Menghilangkan Rambut Ketiak, Dijamin Ampuh dan Berhasil!

 

Mencukur rambut ketiak
Mencukur rambut ketiak
( Dok. Ist)

swarawarta.co.id - Cara menghilangkan rambut ketiak banyak dipertanyakan oleh sejumlah kalangan masyarakat Indonesia

Pasalnya cara menghilangkan rambut ketiak bisa dilakukan di ruang aja dengan memanfaatkan peralatan tertentu. 

Ragam Cara Menghilangkan Rambut Ketiak

Berikut ini sejumlah cara menghilangkan rambut ketiak yang bisa Kamu coba:

1. Mencukur Bulu Ketiak 

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencukurnya. Selain bisa dilakukan dengan mudah di rumah, cara ini juga tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, biasanya hasilnya hanya dapat bertahan selama 1-3 hari sebelum bulu ketiak mulai tumbuh kembali.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-pori Bekas Jerawat Paling Efektif dan Terbukti Berhasi

Untuk melakukannya, basahi kulit ketiak dan oleskan krim cukur terlebih dahulu. Kemudian cukurlah bulu ketiak sesuai dengan arah pertumbuhan rambut.

Meskipun mudah dilakukan, mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan iritasi atau luka pada kulit ketiak. Selain itu, dengan cara ini juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut ke arah dalam.

2. Menggunakan Krim Penghilang Bulu Ketiak

Krim penghilang bulu ketiak kini semakin mudah ditemukan di pasaran. Krim ini bekerja dengan cara memecah keratin rambut, sehingga bulu ketiak akan rontok atau lepas dengan mudah. Menghilangkan bulu ketiak dengan cara ini tidak menyebabkan rasa sakit.

Baca Juga: Kulit Ketiak Menghitam? Ini Dia Cara Mengatasinya dengan Waktu 1 Jam!

Cara ini juga bisa dilakukan di rumah. Tetapi, tidak disarankan untuk menjaga krim ini terlalu lama di kulit ketiak karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit ketiak.

Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping, disarankan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit krim penghilang bulu ketiak pada sebagian kecil area kulit. Jika ada gejala alergi, segera bersihkan krim dan hentikan pemakaiannya.

3. Mencabut Bulu Ketiak 

Cara menghilangkan bulu ketiak selanjutnya adalah dengan mencabutnya menggunakan alat pencabut bulu ketiak atau pinset. Cara ini dapat bertahan selama 3-8 minggu sebelum bulu ketiak tumbuh kembali.

Meskipun mudah dilakukan dan bisa dilakukan di rumah, cara ini dapat menimbulkan rasa sakit dan efek samping seperti iritasi dan pertumbuhan rambut ke dalam.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Wajah Belang, Perempuan Wajib Paham

Untuk mengurangi risiko terjadinya efek samping dan infeksi pada kulit ketiak, disarankan untuk membersihkan pinset dengan alkohol sebelum dan sesudah mencabut bulu ketiak.

4. Melakukan waxing 

Waxing dilakukan dengan cara mengoleskan cairan lilin pada kulit ketiak dan menempelkan kain di atas lilin tersebut. Setelah itu, kain akan ditarik dengan cepat hingga bulu ketiak tercabut sampai ke akarnya. Cara ini bisa dilakukan di rumah atau di salon kecantikan.

Metode ini dapat dilakukan setiap 3-6 minggu atau saat panjang bulu ketiak mencapai sekitar 0,5 cm. Jika terlalu pendek, cairan lilin yang digunakan tidak dapat menempel pada bulu ketiak, sedangkan bulu ketiak yang terlalu panjang juga akan sulit ditarik.

Waxing dapat menyebabkan kulit ketiak menjadi kemerahan, iritasi, dan peradangan pada akar rambut. Jadi, perlu diperhatikan cara melakukan waxing yang benar, seperti tidak menggunakan krim retinoid sebelumnya atau menarik kain ke arah yang berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut.

5. Menggunakan Metode Laser atau IPL (intense pulsed light) 

Metode laser atau IPL merupakan cara menghilangkan bulu ketiak yang dinilai lebih efektif karena hasilnya jauh lebih tahan lama daripada cara lainnya. Selain itu, metode ini juga tidak menyebabkan rasa sakit. Tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dilakukan setidaknya 6 kali dengan jarak beberapa bulan.

Baca Juga: Cara Memutihkan Leher Bagian Belakang Alami tanpa Efek Samping

Prosedur menghilangkan bulu ketiak dengan laser atau IPL berisiko menimbulkan efek samping, seperti kulit kemerahan, iritasi, perubahan warna kulit, dan munculnya jaringan parut. Oleh karena itu, prosedur ini dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Selain dengan cara di atas, pada kasus tertentu seperti orang yang mengalami pertumbuhan rambut berlebih karena sindrom ovarium polikistik atau hirsutisme, bulu ketiak dapat diatasi dengan obat penurun hormon. Namun, hal ini hanya boleh dilakukan sesuai saran dan petunjuk dokter.

Kamu bisa memanfaatkan salah satu alternatif tersebut untuk menghilangkan rambut ketiak paling ampuh dan berhasil.

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.