Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Contoh Desain Brief dan Kesalahan Umum saat Pembuatannya

Contoh Desain Brief dan Kesalahan Umum saat Pembuatannya
Contoh Desain Brief (Dok. Ist)


SwaraWarta.co.id - Desain brief adalah sebuah dokumen risalah desain yang berisi ruang lingkup proyek, jangka waktu pengerjaan, tujuan pembuatan, dan rincian biaya. 

Dokumen ini penting dan wajib dibuat oleh desainer bersama klien pada awal pertemuan konsultasi desain sebelum proyek desain dapat dimulai. 

Tujuan pembuatan desain brief adalah untuk membantu desainer mendapatkan informasi dan data yang lengkap dan menyeluruh tentang maksud serta latar belakang pembuatan desain. 

Baca Juga:

Interior Ruang Tamu Area Outdoor

Informasi yang harus diketahui meliputi visi dan misi, sejarah, dan bisnis perusahaan hingga target market serta sifat produk yang akan dipasarkan.

Bagi seorang desainer, desain brief sangat penting untuk memahami kebutuhan klien agar desain final yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan dan harapan serta memberikan hasil yang nyata bagi bisnis klien tersebut. 

Dengan membuat desain brief yang baik, desainer dapat memulai proyek dengan rancangan yang tepat.

Contoh Desain Brief

Informasi penting yang wajib diisi dalam desain brief antara lain adalah nama perusahaan, produk, jasa, layanan atau service, tagline atau slogan yang berada di bawah logo.

Selain itu desahan harus berisi penjelasan singkat dan jelas tentang apa yang perusahaan lakukan dan tawarkan yang membuat perusahaan berbeda dengan kompetitor lain (unique value proposition).

Baca Juga:

Jelaskan Tentang Teknik Potong? Mari Disimak Pembahasannya!

Bahkan Desian harus berisi bisnis industri perusahaan bergerak, dan tiga hal utama yang ingin disampaikan dan dikomunikasikan kepada pelanggan melalui desain.

Selain itu, penjelasan mengenai target market dan pelanggan juga sangat membantu dalam mendesain logo atau desain grafis yang baik. 

Target market tersebut dapat berupa demografi, yaitu umur, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan dan pendidikan atau psikografi yang mencakup hobby, minat, gaya hidup, tingkah laku, pendapat, nilai, dan sebagainya.

Saran Pembuatan Desain Brife 

Desain brief juga harus memuat tips dan saran tambahan tentang apa yang harus dihindari dalam mendesain logo, poster, brosur, website atau item yang ingin dimasukkan dalam design. 

Selain itu, dijelaskan warna atau kombinasi warna yang diinginkan untuk dipakai dalam design karena warna memiliki arti dan makna yang unik.

Pentingnya Kreatif Brief

Contoh Desain Brief dan Kesalahan Umum saat Pembuatannya
Hasil desain (Dok. Ist)

Kreatif brief atau desain brief adalah hal yang sangat penting untuk mendapatkan hasil desain yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan dan target market. 

Pengertian desain brief adalah memberikan penjelasan dan informasi tentang ide, inovasi visi, misi, dan masa depan perusahaan menjadi sebuah tulisan deskripsi ringkas, padat serta jelas agar dapat dipakai oleh art direktor atau designer.

Baca Juga:

Interior Ruang Tamu Minimalis Modern Gaya Elegan: Tips dan Trik untuk Tampil Mewah dan Berkelas

Maka ketika logo telah selesai dibuat, logo bagaikan kertas putih seperti anak yang baru lahir. 

Logo adalah permulaan yang baik dan akan tumbuh menjadi sebuah brand sesuai dengan cita-cita pemiliknya. 

Pertumbuhan logo menjadi brand ini hanya akan terjadi bila logo dikelola dengan konsep branding yang jelas. 

Kesan yang didapat tentang logo ini juga hanya dapat dibentuk melalui program branding yang konsisten. 

Yaitu dengan secara terus menerus memenuhi janji-janji brand (brand promise) dari waktu ke waktu.

Kesalahan Umum saat Membuat Desain Brife

Kesalahan umum yang perlu dihindari dalam membuat desain brief adalah meniru logo terkenal. 

Sebuah logo memiliki kesan tertentu karena pemilik logo tersebut telah berhasil membangun merek mereka dan memenangkan hati konsumen dengan program branding yang konsisten. 

Seorang desainer harus membangun merek yang baru dan berbeda untuk klien mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan memahami tujuan dan spesifikasi proyek dan membangun brand image yang sesuai.

Desain brief harus mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam proyek desain. Dengan membuat desain brief yang jelas dan ringkas.

Desainer dapat membantu klien untuk mencapai tujuan bisnis mereka melalui desain yang tepat dan mewakili merek mereka dengan baik. 

Baca Juga:

Membuat Interior Ruang Tamu Minimalis Terlihat Lebih Luas dengan Nuansa Biru Pastel yang Menenangkan

Dalam keseluruhan proses pembuatan desain, desain brief bisa menjadi panduan yang sangat berharga bagi desainer dan klien untuk mencapai hasil desain yang optimal.

Advertisement
Advertisement


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.