Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pengumuman Kuota CPNS dan PPPK 2024: Kementerian Agama Memimpin dengan Kebutuhan Terbanyak

CPNS
Kuota CPNS 2024 - SwaraWarta.co.id (Metro Jambi)


SwaraWarta.co.id - Pada tahun 2024, sejumlah instansi pemerintah pusat telah mengumumkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Berdasarkan informasi pada Selasa (4/6/2024), terdapat setidaknya 12 instansi yang telah mengumumkan kuota tersebut.

Kementerian Agama menjadi instansi dengan kuota CPNS dan PPPK terbesar, dengan total kebutuhan mencapai 110.553 formasi.

Dari jumlah tersebut, 20.772 formasi dialokasikan untuk CPNS, sementara 89.781 formasi lainnya untuk PPPK.

Kementerian Sosial juga mengumumkan kuota yang cukup besar dengan 266 formasi CPNS dan 40.573 formasi PPPK.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan menyusul dengan 8.607 formasi CPNS dan 14.593 formasi PPPK.

BACA JUGA: Pengumuman Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024: Pemerintah Siapkan 1.289.824 Formasi


Di sektor pembangunan dan perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan 6.385 formasi untuk CPNS dan 19.931 formasi untuk PPPK.

Sedangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyediakan 15.462 formasi CPNS dan 25.079 formasi PPPK.

Lembaga peradilan seperti Mahkamah Agung juga turut serta dengan mengumumkan 4.949 formasi CPNS dan 9.726 formasi PPPK.

Kejaksaan Agung, sebagai lembaga penegak hukum, membuka 9.694 formasi untuk CPNS dan 1.609 formasi untuk PPPK.

Dalam konteks pengawasan dan penanggulangan bencana, Badan Pengawas Pemilu menyediakan 1.984 formasi CPNS dan 16.573 formasi PPPK, sedangkan Basarnas mengalokasikan 1.389 formasi CPNS dan 367 formasi PPPK.

Instansi yang berfokus pada kesehatan dan keamanan produk, yaitu Badan Pengawas Obat dan Makanan, mengumumkan 781 formasi CPNS tanpa alokasi untuk PPPK.

Lembaga Administrasi Negara yang berperan dalam pelatihan dan pengembangan aparatur sipil negara menyediakan 144 formasi untuk CPNS dan 43 formasi untuk PPPK.

BACA JUGA: Mahfud MD Tanggapi Putusan MA terkait Batas Usia Minimal Pencalonan Kepala Daerah


Terakhir, Kementerian Perhubungan membuka 1.391 formasi CPNS dan 16.626 formasi PPPK.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran CPNS 2024 dapat diakses melalui akun resmi media sosial Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Dengan alokasi kuota yang telah diumumkan ini, diharapkan berbagai instansi pemerintah dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Formasi CPNS dan PPPK yang tersedia mencakup berbagai sektor dan fungsi yang krusial dalam pemerintahan, dari pelayanan kesehatan hingga penegakan hukum dan pengawasan pemilu, sehingga setiap warga negara yang memenuhi syarat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk berpartisipasi dalam pengabdian kepada negara.

Dalam konteks ini, Kementerian Agama menonjol dengan jumlah formasi terbesar, yang mencerminkan kebutuhan besar akan tenaga kerja di bidang ini.

Ini juga menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan agama di Indonesia.

Di sisi lain, kementerian lain seperti Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan menunjukkan perhatian yang signifikan terhadap kesejahteraan sosial dan kesehatan masyarakat.

Selain itu, alokasi formasi di Mahkamah Agung dan Kejaksaan Agung menegaskan pentingnya memperkuat sektor hukum dan keadilan di Indonesia.

Sementara itu, kuota yang diberikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menunjukkan fokus pemerintah dalam pengembangan infrastruktur dan pendidikan.

Secara keseluruhan, pengumuman kuota CPNS dan PPPK 2024 ini memberikan gambaran tentang prioritas dan strategi pemerintah dalam membangun tenaga kerja yang kompeten dan berkomitmen untuk mendukung berbagai sektor vital di Indonesia.***


Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter