Tfd6BUC8TSd7TSMoTpW9GUr0BA==

Pola Tidur Bayi 4 Bulan, Terapkan Ini Agar Si Kecil Sehat!

 

Menidurkan bayi umur 4 bulan
Menidurkan bayi umur 4 bulan
( Dok. Ist)

Swarawarta.co.id - Pola tidur bayi 4 bulan harus diterpakan dengan seksama agar si kecil kedepannya bisa lebih nyenyak. 

Penerapan pola tidur bayi 4 bulan yang tepat membuat si kecil bisa lebih aktif. 

Berapa idealnya pola tidur bayi 4 bulan? Bayi (Infant) usia 4-11 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 12-15 jam per hari.

Dampak Bagi Kurang Tidur 

Jika bayi atau anak kurang tidur, dampaknya tidak hanya menangis. Bayi yang berusia 1 tahun yang kurang tidur dapat memiliki rentang konsentrasi yang lebih pendek, mudah lupa, dan mungkin memiliki masalah perilaku ketika mereka mencapai usia 3-4 tahun. 

Baca Juga: Bolehkah Bayi Tidur Tengkurap? Ini Menurut Pandangan Medis

Tidur dengan waktu yang sedikit juga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Si Kecil rentan sakit.

Dalam hasil penelitian di bidang psikiatri anak di Amerika terhadap 9000 anak usia pra-sekolah, ditemukan bahwa kurang tidur dari 9 jam per malam membuat anak-anak lebih mungkin menunjukkan sikap impulsif, marah-marah, dan tantrum daripada mereka yang mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Waktu tidur yang cukup juga penting untuk perkembangan kognitif bayi, yaitu kemampuan untuk berpikir dan memahami, mengolah informasi, belajar bahasa, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Bayi, Bunda Jangan Sampai Salah ya!

Pada anak usia sekolah, kurang tidur dapat membuat mereka kurang konsentrasi dalam belajar, bersikap nakal, mendapatkan nilai yang jelek, depresi, hiperaktif, dan lain sebagainya.

Tidur yang Berkualitas dan Berkuantitas 

Agar Si Kecil dapat tidur nyenyak dan sesuai dengan waktu yang dianjurkan, Bunda dapat melakukan beberapa cara seperti berikut ini:

  • Tentukan waktu tidur bayi di antara pukul 18:30-19:00 untuk bayi di bawah usia 1 tahun.
  • Mandikan bayi dengan air hangat dan lakukan pijatan lembut agar bayi menjadi tenang, santai, dan relaks.
  • Pilih pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun, untuk menghindari iritasi dan membuat bayi terbangun.
  • Tidurkan bayi dalam ruangan yang redup.
  • Pijat Si Kecil selama 15 menit agar ia tertidur lebih cepat.
  • Bedong Si Kecil untuk memberikan sensasi yang sama seperti dalam kandungan, sehingga ia dapat tidur lebih baik.
  • Berikan ASI sebelum Si Kecil terbangun dari tidurnya. Jika bayi tidur lebih dulu dari orang tuanya, pastikan untuk memberikan ASI ketika orang tua hendak tidur, sehingga bayi dapat tidur lebih lama.
  • Gunakan minyak esensial lavender untuk membuat bayi lebih santai dan relaks. Namun, perlu diperhatikan jika bayi berusia di bawah 6 bulan atau memiliki kulit dan hidung sensitif, sebaiknya hindari penggunaan wewangian ini.
  • Taruh tangan orang tua di perut, lengan, dan kepala bayi untuk membuatnya merasa nyaman ketika hendak diletakkan di tempat tidur.

Nah itulah trik agar si kecil tidur berkualitas dan berkuntitas.



Dapatkan update berita Indonesia terkini 2024 serta info viral terbaru hari ini dari situs SwaraWarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter