Perilaku yang Perlu CGP Terus Lakukan Meliputi

- Redaksi

Friday, 19 July 2024 - 10:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Perilaku yang perlu CGP terus lakukan meliputi berbagai hal
(Dok. Ist)

Perilaku yang perlu CGP terus lakukan meliputi berbagai hal (Dok. Ist)

Swarawarta.co.id – Perilaku yang perlu CGP terus lakukan meliputi hal-hal berkaitan dengan pengembangan karakter siswa selama proses pembelajaran.

Dalam upaya memajukan pendidikan Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah mengembangkan program Guru Penggerak.

Program ini melibatkan pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon guru penggerak (CGP).

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Pendidikan Pesantren Modern

Selama menjalani program ini, terdapat beberapa perilaku yang diharapkan dapat terus diteruskan oleh CGP hingga resmi menjadi Guru Penggerak.

Perilaku-perilaku ini diharapkan dapat mendukung kemajuan proses pembelajaran di sekolah, sejalan dengan visi program Guru Penggerak, yaitu menciptakan pembelajaran berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik melalui guru.

Baca Juga :  JAWABAN! Jelaskan Secara Lengkap tentang Konsep-konsep Dasar Ilmu Ekonomi!

Baca Juga: Mengapa Coaching Diperlukan dalam Dunia Pendidikan?

Guru Penggerak yang lulus nantinya akan berperan aktif dalam menghidupkan komunitas belajar guru di sekolah dan wilayahnya, serta menjadi pengajar bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

5 Perilaku yang Perlu CGP Terus Lakukan

Setidaknya ada 5 perilaku yang perlu diteruskan oleh CGP agar menjadi Guru Penggerak yang memajukan ekosistem pendidikan Indonesia, yaitu:

1. Mandiri

Mampu mendorong diri untuk melakukan aksi dan bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada diri sendiri, tanpa harus menunggu pelatihan atau tugas dari sekolah.

2. Reflektif

Mampu memaknai pengalaman di sekitar, khususnya di lingkungan sekolah, serta terbuka untuk terlibat dalam pengalaman baru yang bermanfaat. Selanjutnya, melakukan evaluasi dan lanjut ke tahap perbaikan.

Baca Juga :  JELASKAN Bentuk-Bentuk Pidana Tambahan Menurut KUHP Dan Berikan Pendapat Anda Mengenai Penegakannya Di Indonesia?

Baca Juga: Bagaimana Kontribusi Satuan Pendidikan Anda Selama Ini untuk Mencapai Tujuan Pendidikan

3. Kolaboratif

Mampu membangun hubungan positif dengan seluruh pemangku kepentingan di sekolah maupun luar sekolah, seperti orang tua murid dan komunitas, untuk mencapai kepentingan bersama dalam pendidikan.

4. Inovatif

Mampu memunculkan gagasan-gagasan baru dan tepat guna untuk menangani situasi atau permasalahan tertentu, dengan bantuan diskusi bersama rekan sejawat atau pihak-pihak di luar sekolah.

5. Berpihak pada Murid

Selalu bergerak dengan mengutamakan kepentingan perkembangan murid, dengan selalu mempertanyakan “apa yang murid butuhkan?” dan “apa yang bisa saya lakukan untuk membuat proses belajar lebih baik?”

Baca Juga: Mengapa Pendidikan Indonesia Perlu Mempertimbangkan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman?

Baca Juga :  BAGAIMANA Cara Menyesuaikan Pesan Persuasif Agar Lebih Relevan Dengan Kebutuhan Konsumen Yang Sering

Nah itulah sejumlah perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan dalam mengupayakan kegiatan belajar mengajar menyenangkan.

Berita Terkait

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan
40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025
40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201
40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335
40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213
40 SOAL UAS PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKN SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Materi dan Pembelajaran PKN SD
35 SOAL UAS UT Materi dan Pembelajaran PKN SD PDGK4401 PGSD Tahun 2025 Lengkap Kunci Jawabannya
35 SOAL UAS Pembelajaran Terpadu di SD UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT PGSD PDGK4205 Pembelajaran Terpadu di SD

Berita Terkait

Saturday, 14 June 2025 - 20:22 WIB

DISKUSIKAN Kondisi Di Mana Pasar Monopoli Memperoleh Keuntungan Maksimal Dan Pasar Bagaimana Perbedaan Dengan Keuntungan Maksimal Dari Persaingan

Saturday, 14 June 2025 - 20:12 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Operasi UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen EKMA4369 Tahun 2025

Saturday, 14 June 2025 - 20:02 WIB

40 SOAL Ujian UT Bahasa Inggris Niaga 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal UAS Bahasa Inggris Niaga UT ADBI4201

Saturday, 14 June 2025 - 19:52 WIB

40 SOAL UAS Administrasi Pertanahan UT Semester 1 Tahun 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Administrasi Pertanahan ADPU4335

Saturday, 14 June 2025 - 19:42 WIB

40 SOAL UAS Manajemen Keuangan UT 2025 dan Kunci Jawaban, Contoh Soal Ujian UT Manajemen Keuangan EKMA4213

Berita Terbaru

Anggun dan Agnez Mo (Dok. Ist)

Entertainment

Anggun dan Agnez Mo Main di Serial “Reacher” Musim ke-4

Sunday, 15 Jun 2025 - 09:45 WIB