Lifestyle

Katup pada Motor Empat Langkah Terpasang pada Bagian Mana? Ini Jawabannya!

SwaraWarta.co.id Mekanisme katup pada mesin kendaraan roda dua sering kali membingungkan, terutama jika kita tidak tahu cara kerjanya.

Baca Juga: Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal, Bagaimana Tips Mengetahuinya?

Secara sederhana, mekanisme katup adalah sistem yang mengatur bagaimana saluran udara dan gas pada mesin terbuka dan tertutup. Ini sangat penting untuk mesin 4 Tak, tetapi berbeda untuk mesin 2 Tak.

ADVERTISEMENT

.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mesin 4 Tak vs Mesin 2 Tak

Mesin 4 Tak:

Pada mesin ini, saluran intake (untuk udara masuk) dan exhaust (untuk gas buang) diatur oleh katup yang terletak di kepala silinder.

Katup-katup ini digerakkan oleh camshaft (noken as) melalui sistem yang melibatkan beberapa komponen seperti valve lifter, push rod, dan rocker arm. Camshaft mengatur kapan katup harus terbuka dan tertutup selama siklus mesin.

Baca Juga: Cocok untuk Anak Muda, Honda Vario 125 Terbaru Hadir Lebih Fresh

Mesin 2 Tak:

Mesin ini berbeda karena saluran udara dan gas dikendalikan langsung oleh piston. Piston yang bergerak ke atas dan ke bawah membuka dan menutup saluran intake dan exhaust tanpa memerlukan mekanisme katup seperti pada mesin 4 Tak.

Jenis-jenis Sistem Katup

1. Over Head Valve (OHV):

  • Letak Katup: Katup berada di kepala silinder, sedangkan camshaft terletak di bawah blok silinder.
  • Cara Kerja: Camshaft menggerakkan katup melalui komponen tambahan seperti valve lifter, push rod, dan rocker arm.
  • Mekanisme ini memiliki banyak komponen, sehingga pada putaran tinggi, kinerja katup bisa kurang optimal.

2. Single Over Head Camshaft (SOHC):

  • Letak Camshaft: Camshaft berada di atas kepala silinder.
  • Cara Kerja: Satu camshaft mengatur dua katup per silinder; satu untuk intake dan satu untuk exhaust. Katup intake mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar, sementara katup exhaust mengatur keluarnya gas buang.

3. Double Over Head Camshaft (DOHC):

  • Letak Camshaft: Mesin ini memiliki dua camshaft di atas kepala silinder.
  • Cara Kerja: Satu camshaft mengatur katup intake untuk masuknya bahan bakar, sedangkan camshaft lainnya mengatur katup exhaust untuk keluarnya gas buang. Ini memungkinkan kontrol yang lebih baik dan efisiensi yang lebih tinggi.

Baca Juga: Ini Dia Cara Kerja Mesin Bensin 2 Tak

Secara keseluruhan, mekanisme katup sangat penting dalam mengatur aliran udara dan gas pada mesin, dan jenis sistem katup mempengaruhi performa serta efisiensi mesin kendaraan.

Redaksi SwaraWarta.co.id

Berita Indonesia Terkini 2024 Viral Terbaru Hari Ini

Recent Posts

Bagaimana Sistem Kepercayaan pada Masa Perundagian? Berikut ini Penjelasannya!

SwaraWarta.co.id – Bagaimana sistem kepercayaan pada masa perundagian? Masa Perundagian, yang dikenal juga sebagai Zaman…

13 hours ago

Pabrik Sepatu Nike PHK 3.000 Karyawan, Ini Kronologi dan Penyebab di Baliknya

SwaraWarta.co.id - Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) kembali menerpa industri manufaktur Indonesia. PT Victory Chingluh…

13 hours ago

TNI AL dan PT PAL Berhasil Uji Penembakan dari Kapal Selam Tanpa Awak

SwaraWarta.co.id - Kapal Selam Otonom (KSOT) ini merupakan inovasi strategis yang 100 persen didesain dan diproduksi…

13 hours ago

Panduan Lengkap Cara Aktivasi Coretax untuk Akses Layanan Pajak Digital

SwaraWarta.co.id – Bagaimana cara aktivasi Coretax yang benar? Coretax merupakan sistem administrasi layanan terbaru dari Direktorat…

14 hours ago

Mitos atau Fakta: Apakah Petir Bisa Menyambar Hp Anda?

SwaraWarta.co.id - Apakah Anda pernah khawatir menggunakan HP saat hujan deras disertai petir? Kekhawatiran ini…

2 days ago

Sebutkan 5 Contoh Kewajiban yang Harus Dilakukan Anak Setelah Memasuki Usia Baligh?

SwaraWarta.co.id – Kali ini kita akan membahas soal sebutkan 5 contoh kewajiban yang harus dilakukan…

2 days ago