Lifestyle

Katup pada Motor Empat Langkah Terpasang pada Bagian Mana? Ini Jawabannya!

SwaraWarta.co.id Mekanisme katup pada mesin kendaraan roda dua sering kali membingungkan, terutama jika kita tidak tahu cara kerjanya.

Baca Juga: Ukuran Angin Ban Mobil yang Ideal, Bagaimana Tips Mengetahuinya?

Secara sederhana, mekanisme katup adalah sistem yang mengatur bagaimana saluran udara dan gas pada mesin terbuka dan tertutup. Ini sangat penting untuk mesin 4 Tak, tetapi berbeda untuk mesin 2 Tak.

ADVERTISEMENT

.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Mesin 4 Tak vs Mesin 2 Tak

Mesin 4 Tak:

Pada mesin ini, saluran intake (untuk udara masuk) dan exhaust (untuk gas buang) diatur oleh katup yang terletak di kepala silinder.

Katup-katup ini digerakkan oleh camshaft (noken as) melalui sistem yang melibatkan beberapa komponen seperti valve lifter, push rod, dan rocker arm. Camshaft mengatur kapan katup harus terbuka dan tertutup selama siklus mesin.

Baca Juga: Cocok untuk Anak Muda, Honda Vario 125 Terbaru Hadir Lebih Fresh

Mesin 2 Tak:

Mesin ini berbeda karena saluran udara dan gas dikendalikan langsung oleh piston. Piston yang bergerak ke atas dan ke bawah membuka dan menutup saluran intake dan exhaust tanpa memerlukan mekanisme katup seperti pada mesin 4 Tak.

Jenis-jenis Sistem Katup

1. Over Head Valve (OHV):

  • Letak Katup: Katup berada di kepala silinder, sedangkan camshaft terletak di bawah blok silinder.
  • Cara Kerja: Camshaft menggerakkan katup melalui komponen tambahan seperti valve lifter, push rod, dan rocker arm.
  • Mekanisme ini memiliki banyak komponen, sehingga pada putaran tinggi, kinerja katup bisa kurang optimal.

2. Single Over Head Camshaft (SOHC):

  • Letak Camshaft: Camshaft berada di atas kepala silinder.
  • Cara Kerja: Satu camshaft mengatur dua katup per silinder; satu untuk intake dan satu untuk exhaust. Katup intake mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar, sementara katup exhaust mengatur keluarnya gas buang.

3. Double Over Head Camshaft (DOHC):

  • Letak Camshaft: Mesin ini memiliki dua camshaft di atas kepala silinder.
  • Cara Kerja: Satu camshaft mengatur katup intake untuk masuknya bahan bakar, sedangkan camshaft lainnya mengatur katup exhaust untuk keluarnya gas buang. Ini memungkinkan kontrol yang lebih baik dan efisiensi yang lebih tinggi.

Baca Juga: Ini Dia Cara Kerja Mesin Bensin 2 Tak

Secara keseluruhan, mekanisme katup sangat penting dalam mengatur aliran udara dan gas pada mesin, dan jenis sistem katup mempengaruhi performa serta efisiensi mesin kendaraan.

Redaksi SwaraWarta.co.id

Berita Indonesia Terkini 2024 Viral Terbaru Hari Ini

Recent Posts

Apa Itu Abolisi dan Bagaimana Kekuasaan Presiden Ini Bisa Menghentikan Proses Hukum?

SwaraWarta.co.id – Apa itu Abolisi? Pernah dengar kasus seseorang yang sedang diadili tiba-tiba proses hukumnya…

5 hours ago

Cara Mengidentifikasi Emosi Diri dan Menjaga Relasi dengan Orang Lain

SwaraWarta.co.id – Cara mengidentifikasi emosi diri dan menjaga relasi dengan orang lain. Pernahkah kamu merasa…

6 hours ago

Pengertian Seni Rupa yang Lebih dari Sekadar Gambar

SwaraWarta.co.id - Pernahkah kamu berhenti sejenak di depan sebuah lukisan, patung, atau bahkan instalasi modern…

12 hours ago

Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan Cepat dan Mudah yang Wajib Kamu Ketahui

SwaraWarta.co.id - Apakah kamu salah satu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sedang kebingungan tentang cara klaim…

12 hours ago

Cara Agar Rambut Cepat Panjang dalam 1 Minggu: Tips Alami dan Efektif yang Bisa Dicoba di Rumah

SwaraWarta.co.id –  Punya rambut panjang, sehat, dan berkilau adalah impian banyak orang. Tapi, buat sebagian besar dari…

1 day ago

1 Ton Berapa Kilo? Panduan Lengkap Konversi Berat yang Wajib Anda Tahu!

SwaraWarta.co.id – 1 ton berapa kilo? Seringkali kita mendengar satuan berat "ton" dan "kilogram" dalam…

1 day ago